Article

Homepage Article Cara Menjahit 10 Ide Bisnis Jahit Menjahit…

10 Ide Bisnis Jahit Menjahit Rumahan Selain Pakaian

Punya keahlian menjahit dan ingin punya tambahan penghasilan dari keterampilan yang kamu miliki?. Untuk kamu yang ingin memulai bisnis menjahit, berikut beberapa rekomendasi ide bisnis rumahan selain pakaian yang mungkin bisa menjadi inspirasi.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Jahit Menjahit

Jahit menjahit merupakan pekerjaan menyambung kain dan bahan-bahan lain yang bisa dilewati jarum jahit dan benang. Tidak hanya cocok diaplikasikan dalam pembuatan pakaian, keterampilan jahit menjahit juga bisa menjadi fondasi untuk mengembangkan berbagai bisnis kreatif lainnya lho.

Ide Bisnis di Bidang Menjahit

Mau tahu apa saja ide bisnis di bidang menjahit selain pakaian yang memiliki peluang cukup menjanjikan?. Untuk kamu yang ingin mencoba peruntungan bisnis di bidang jahit menjahit berikut beberapa ide usaha yang bisa kamu coba.

1. Tas Kain

Pertama ada bisnis tas belanja dari bahan kain yang dapat digunakan berulang kali untuk mengurangi penggunaan kantong plastik.

  • Untuk menarik perhatian konsumen yang peduli terhadap lingkungan kamu bisa fokus pada pembuatan tas dari bahan organik atau daur ulang.
  • Tawarkan layanan desain kustom di mana konsumen dapat memilih motif, warna dan ukuran tas sesuai keinginan mereka.
  • Tambahkan sentuhan artistik atau aksen handmade yang unik untuk memberi sentuhan eksklusif pada produk yang kamu jual.

Ide Bisnis Menjahit

Sumber : https://id.aliexpress.com/

2. Sajadah dan Mukena

Untuk pelengkap keperluan ibadah bagi kaum muslim dan muslimah kamu bisa mengembangkan bisnis sajadah travel dan juga mukena travel. Selain praktis, kedua produk tersebut biasanya lebih disukai banyak orang karena mudah dilipat dan dibawa ke mana-mana.

Ide Bisnis Menjahit

Sumber : https://karyaperempuan.id/

3. Hijab

Tak kalah menarik dari ide bisnis sebelumnya, kamu juga bisa mencoba untuk membuat hijab dan menjualnya secara online. Beberapa contoh model hijab yang sampai sekarang masih disukai banyak orang diantaranya:

  • Hijab segi empat yang memiliki ukuran sama di keempat sisinya.
  • Hijab pashmina yang dibuat dalam bentuk persegi panjang, seperti layaknya selendang.
  • Hijab bergo yang biasa dilengkapi dengan pet pada bagian dahi.
  • Pashmina intan dan hijab instan bertali yang dapat dikenakan tanpa tambahan peniti.

Ide Bisnis Menjahit

Sumber : https://www.ebay.co.uk/

4. Sprei dan Bedcover

Berikutnya kamu bisa mencoba untuk memproduksi sprei dan bedcover yang cara pembuatannya tidaklah terlalu sulit. Kalau kamu ingin mendapatkan bahan sprei dan bedcover dengan kualitas terbaik kamu bisa memesan Bahan Sprei di Fitinline lho.

Ide Bisnis Menjahit

Sumber : https://www.zalora.co.id/

5. Aksesoris Rumah Tangga

Selain sprei dan bedcover kamu juga bisa menawarkan jasa pembuatan aksesoris rumah tangga seperti halnya gorden, sarung bantal sofa, tutup kulkas dan juga taplak meja.

Ide Bisnis Menjahit

Sumber : https://id.pinterest.com/

6. Pouch dan Dompet Kain

Produksi pouch kain dan dompet kain bisa menjadi alternatif ide bisnis yang menguntungkan. Untuk membuat pouch kain dan dompet kain sendiri beberapa contoh bahan kain yang bisa kamu pakai yaitu berupa kain kanvas, kain blacu, kain denim, kain drill, kain yang berbulu dan kain dinir.

Ide Bisnis Menjahit

Sumber : https://m.bukalapak.com/

7. Perlengkapan Bayi

Membuat perlengkapan bayi yang unik seperti halnya selimut dan aksesoris rambut untuk bayi (bandana atau ikat rambut yang lembut dan aman) juga menjadi salah satu ide bisnis yang bisa kamu mulai dari rumah.

Ide Bisnis Menjahit

Sumber : https://www.blibli.com/

8. Usaha Obras dan Wolsum

Kalau kamu tinggal di daerah yang cukup ramai kamu bisa menawarkan jasa obras dan wolsum untuk merapikan pinggiran kain agar tidak berserabut dan serat benangnya tidak terurai.

Ide Bisnis Menjahit

Sumber : https://shopee.co.id/

Simak juga pembahasan mengenai Benang Yang Sesuai Untuk Obras dan Wolsum kalau kamu mau tahu jenis-jenis benang yang sesuai untui obras dan wolsum.

9. Membuat Topi Kain

Ide bisnis lainnya terkait dengan kegiatan jahit menjahit yang bisa kamu coba yaitu membuat topi kain. Hal terpenting yang perlu kamu perhatikan jika ingin memulai usaha topi kain yaitu:

  • Kenali pasar target, apakah topi kain yang kamu buat akan ditujukan untuk anak muda, penggemar olahraga, atau segmen lainnya.
  • Ciptakan desain topi yang unik dan menarik perhatian  
  • Tawarkan layanan personalisasi, seperti bordir nama atau logo kustom.
  • Gunakan bahan kain yang berkualitas tinggi karena hal ini akan memengaruhi daya tahan, kenyamanan dan penampilan produk.
  • Tetap up-to-date dengan tren terkini untuk membantu agar produkmu tetap relevan di pasaran.

Ide Bisnis Menjahit

Sumber : https://bebeli.bekasikab.go.id/

10. Produk Daur Ulang Kain

Memanfaatkan kain bekas untuk membuat produk baru seperti tas, pouch dan keset juga menjadi ide bisnis yang menarik. Untuk menggaet lebih banyak konsumen pastikan produk yang kamu buat memiliki ciri khas tersendiri baik dari segi desain maupun kualitas.

Ide Bisnis Menjahit

Sumber : https://partojambe.com/

Kesimpulan

Itu dia beberapa contoh ide usaha di bidang jahit menjahit yang bisa kamu coba. Sebelum memulai usaha coba tentukan terlebih dahulu target market dan selera yang mereka suka agar bisnis yang kamu jalankan dapat berjalan dengan baik dan berkembang makin pesat.

Butuh bahan kain berkulalitas dengan harga murah untuk membuat topi, tas, masker, sprei dan berbagai produk jahit lainnya?. Sebagai bahan pertimbangan yuk intip koleksi Bahan Kain terbaik yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.