Article

Homepage Article Kain Kenali Karakteristik Kain…

Kenali Karakteristik Kain Katun Kotak-Kotak Yang Bikin Tampilan Lebih Stylish!

Mencari alternatif bahan kain yang bagus untuk membuat seragam sekolah, kemeja, celana, dress dan rok wanita?. Kalau anda ingin mendapatkan bahan kain yang memiliki tampilan cukup khas dan berbeda dari bahan pada umumnya, mungkin ada bisa memanfaatkkan kain katun motif kotak-kotak sebagai material utamanya.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Pengertian Kain Katun Kotak-Kotak

Kain katun motif kotak-kotak yang dijual di Fitinline merupakan termasuk ke dalam jenis kain polikatun. Sesuai dengan namanya kain ini secara umum dibuat dari campuran katun dan material polyester sehingga memiliki kualitas tinggi dan memberikan kenyamanan untuk pemakainya.

  • Polyester membantu mempertahankan bentuk dari kain supaya tidak mudah kusut dan tahan terhadap noda.
  • Sedangkan katun menyumbang daya serap dan kenyamanannya terhadap kain tersebut.

Ketika bahan polyester dan kapas digabungkan, hasilnya akan diperoleh sebuah bahan kain yang lebih kuat, lebih tahan lama dan lebih terjangkau dari segi harga. Dengan begitu maka pemakainya bisa merasakan manfaat dari kedua campuran serat tersebut dalam satu kain.

Kain Katun Kotak

Sumber : https://fitinline.com/

Karakteristik Kain Katun Kotak-Kotak

Tidak jauh berbeda dengan bahan pakaian yang lainnya, kain katun kotak-kotak jenis polikatun secara umum memiliki karakteristik khusus yang mungkin tidak dapat dijumpai pada bahan lain. Beberapa karakteristik paling khas yang menjadikan kain kotak-kotak sangat cocok digunakan untuk berbagai macam produk pakaian diantaranya:

1. Bahannya Lebih Jatuh

Kain katun dengan motif kotak-kotak yang dimiliki Fitinline termasuk ke dalam jenis kain polikatun yang bahannya bersifat jatuh dan tekstur kainnya mudah dibentuk.

2. Tidak Panas Saat Dipakai

Kain katun kotak-kotak jenis polikatun sangat cocok digunakan untuk orang-orang yang memiliki intensitas gerak lebih banyak dan sering beraktifitas di luar ruangan karena bahanya tidak panas.

3. Tahan Ketika Direndam

Katun kotak-kotak jenis polikatun cukup bersahabat dengan air, jadi ketika di rendam dalam air pun serat bahannya tidak akan rusak karena ada campuran bahan polyester di dalamnya.

4. Tahan Terhadap Jamur

Tidak seperti kain katun pada umumnya yang sangat rentan terkena jamur, kain katun kotak-kotak justru dikenal tahan terhadap jamur karena memiliki kandungan polyester yang tahan terhadap jamur.

5. Tidak Mudah Berbulu

Kain katun yang dikombinasikan dengan polyester juga tidak mudah berbulu, tidak mudah menyusut, dan warnanya lebih tahan lama meski sudah dicuci berulang kali.

6. Tidak Mudah Kusut

Kain katun kotak-kotak yang ada di Fitinline merupakan salah satu jenis kain yang tidak mudah kusut. Meskipun kusut tampilan kain ini akan tetap terlihat rapi tidak seperti bahan lainnya.

7. Cocok Untuk Segala Cuaca

Kain katun kotak-kotak cukup nyaman di pakai untuk semua jenis cuaca, baik itu cuaca panas maupun cuaca dingin.

  • Campuran bahan cotton yang ada pada kain kotak-kotak jenis polikatun membatnya jadi tidak panas dan cocok untuk semua jenis cuaca.
  • Entah itu dipakai untuk daerah yang suhu udaranya panas ataupun daerah dingin kain katun kotak-kotak akan tetap memberi rasa nyaman.

Pemanfaatan Kain Katun Kotak-Kotak

Terkait dengan pemanfaatannya dalam industri fashion modern, kain katun kotak-kotak akan sangat cocok jika digunakan untuk membuat berbagai macam produk pakaian seperti seragam sekolah, kemeja anak, kemeja pria, celana kotak-kotak, dress wanita, rok wanita.

1. Seragam Sekolah

Seragam sekolah dikenal sebagai salah satu jenis pakaian wajib yang harus dikenakan oleh para pelajar ketika berada di lingkungan sekolah. Selain dikenakan sebagai busana penutup tubuh, seragam sekolah ini sebenarnya juga memiliki sejumlah fungsi yang sangat penting.

  • Seragam sekolah dapat dipakai untuk membedakan tingkat pendidikan para pelajar.
  • Sebagai sarana untuk meningkatkan rasa persatuan bangsa, meskipun berasal dari sekolah yang berbeda.
  • Sebagai identitas yang menunjukkan sekolah asal seorang pelajar.
  • Sebagai simbol kesetaraan sosial di kalangan siswa sehingga idak ada lagi yang namanya kesenjangan sosial antar pelajardi sekolah.
  • Dengan melihat kelengkapan baju seragam yang dikenakannya seorang pelajar bisa terlihat sifat kedisiplinannya.

2. Kemeja Anak

Kain katun kotak-kotak jenis polikatun menjadi salah satu jenis kain yang sangat nyaman dan cocok digunakan untuk membuat kemeja anak. Selain memiliki tampilan yang menarik, kemeja anak yang dibuat dari kain inipun umumnya juga terkenal lebih awet dan nyaman digunakan dalam waktu lama.

Kain Katun Kotak

Sumber : https://fitinline.com/

Tertarik untuk membuat kemeja anak sendiri tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Sebagai referensi anda bisa mendownload Pola Kemeja Pria Anak Ukuran SNI  dari kami.

3. Kemeja Pria

Selain dijadikan sebagai bahan kemeja anak, kain katun motif kotak-kotak jenis polikatun sebenarnya juga bisa dipakai untuk membuat kemeja pria. Untuk masalah modelnya, kemeja pria yang diciptakan dari kain katun kotak-kotak inipun ada banyak, mulai dari kemeja pria formal hingga kemeja pria casual.

Kain Katun Kotak

Sumber : https://fitinline.com/

Tertarik untuk membuat kemeja pria sendiri tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Sebagai referensi anda bisa mendownload pola kemeja pria siap pakai dari kami.

4. Celana

Celana termasuk ke dalam jenis item fashion yang cukup banyak dibuat dari kain katun motif kotak-kotak jenis polikatun. Tidak hanya terbatas pada celana pria atau celana wanita saja tetapi secara umum juga bisa dimanfaatkan untuk membuat berbagai macam model celana yang diperuntukan bagi keduanya.

  • Kain katun kotak-kotak dapat digunakan untuk membuat berbagai macam model celana baik itu celana formal maupun casual.
  • Celana formal untuk wanita biasa disebut dengan slack sedangkan celana formal untuk pria biasa disebut dengan pantalon.

Kain Katun Kotak

Sumber : https://fitinline.com/

5. Dress Wanita

Sebagai pelengkap gaya penampilan wanita belakangan banyak juga dress yang dibuat dari kain katun motif kotak-kotak jenis polikatun. Untuk pilihan modelnya pun bervariasi, beberapa diantaranya:

  • Wrap dress berpotongan klasik yang dilengkapi dengan tali pada bagian pinggang.
  • Dress wanita model apron yang didesain menyerupai celemek.
  • Jumper dress yang didesain tanpa kerah dan lengan.
  • Dress wanita model A-Line yang memiliki potongan sangat khas seperti huruf A.

6. Rok Wanita

Berikutnya ada busana penutup tubuh bagian bawah wanita yang dikenal dengan nama rok. Rok wanita yang dibuat dari kain katun motif kotak tidak hanya bagus digunakan untuk bersantai di rumah, tapi bisa juga dipakai untuk keperluan hangout.

Berkeinginan untuk membuat rok sendiri tapi masih bingung harus mulai dari mana?. Kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih detail lagi tentang prosedur pembuatan rok maka anda bisa mendownload video tutorial menjahit dari kami.

Selain itu anda juga bisa menyimak pembahasan mengenai Cara Praktis Membuat Berbagai Model Rok Untuk Penjahit Pemula pada artikel Fitinline terdahulu.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai karakteristik kain katun motif kotak-kotak jenis polikatun dan pemanfaatannya dalam industri fashion. Dengan mengetahui karakteristik yang dimiliki kain tersebut, semoga kedepannya anda jadi lebih mudah dalam menentukan pilihan saat membeli bahan kain untuk membuat pakaian.

Butuh kain katun bermotif kotak-kotak untuk membuat seragam sekolah, kemeja anak, kemeja pria, celana kotak-kotak, dress wanita, rok wanita dan berbagai model pakaian lainnya?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi kain Kain Katun Kotak (NGR) kami Di Sini.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.