Article

Homepage Article Kain Kenali Ciri Khas, Kelebihan…

Kenali Ciri Khas, Kelebihan dan Kekurangan Kain Oxford Serta Pemanfaatannya Pada Produk Sandang

Mencari bahan kain yang bagus untuk membuat kemeja, seragam kerja, seragam sekolah maupun model pakaian lainnya tapi belum menemukan bahan yang tepat. Sebagai referensi mungkin anda bisa memilih bahan kain oxford yang terkenal lembut, halus dan nyaman saat dipakai serta sangat mudah untuk disetrika.

Pengertian Kain Oxford

Kain oxford secara umum dapat dikategorikan kedalam jenis kain tekstil bertekstur rata yang permukaannya terlihat sangat rapi karena dibuat dari penyilangan dua benang hingga membentuk semacam jalinan titik-titik menyerupai pixel dalam resolusi gambar. Selain tampk rapi kain ini apabila diraba juga terasa halus.

Kain Oxford

Sumber : https://www.amazon.com/

Kain oxford yang biasa digunakan untuk membuat pakaian, merupakan jenis kain rajutan yang dibuat dengan cara dianyam sehingga teksturnya terbilang jauh lebih tipis jika dibandingkan dengan kain drill. Semakin banyak komposisi cotton yang ditambahkan semakin tinggi pula tingkat kenyamanan kain yang dihasilkan.

Kain Oxford

Sumber : https://www.ebay.com/

Merek Kain Oxford

Tidak jauh berbeda dengan kain katun atau bahan kain lainnya, kain oxford sendiri pada prinsipnya juga dapat dijumpai dalam berbagai macam merek. Salah satu merek kain oxford yang banyak digunakan untuk membuat produk sandang yaitu berupa kain taipan tropical yang diperoleh dari campuran cotton dan polyester.

Dengan kandungan cotton yang lebih besar sehingga bila dipakai tetap terasa dingin, kain taipan tropical juga disebut-sebut memiliki kualitas tingkat atas sekelas japan drill (merek OBOR). Hanya saja tekstur kain taipan tropical tidak bergaris-garis miring seperti jenis bahan drill dan tekstur kainnya pun juga cenderung lembut.

Selain merek Taipan Tropical, saat ini tersedia berbagai merek kain jenis tropical dengan variasi harga dan kualitas di pasaran. Semakin banyak komposisi bahan cotton yang digunakan maka semakin tinggi pula tingkat kenyamanan kain tekstil tersebut. Beberapa merek kain oxford yang banyak dijual dipasaran diantaranya:

1. Oxford Sari Warna

Oxford sari warna memiliki dua ukuran, yaitu ukuran yang lebar 115 cm dan 150 cm. Jika ukuran 115 cm lebih banyak variasi warna yang disuguhkan. Untuk yang berukuran 150 cm hanya tersedia beberapa jenis warna saja, misal warna coklat dan putih.

2. Oxford Spesial Putih

Oxford Spesial putih memiliki kain atau bahan yang berkualitas super namun hanya tersedia dalam warna putih saja. Sama halnya dengan oxford sri warna, oxford spesial putih ini juga memiliki dua ukuran lebar yaitu 115cm dan 150cm namun bahannya tidak terlalu halus.

3. Kain Oxford Duyung

Kain oxford duyung memiliki tingkat kehalusan diatas oxford sari warna, tetapi warna yang dimiliki oxford jenis ini sangat sedikit atau terbatas dan hanya dibuat dalam satu ukuran saja yaitu 115cm. Harga oxford duyung biasanya lebih mahal dari oxford jenis lainnya.

4. Kain Oxford Jm

Kain oxford Jm masih terbilang jenis baru. Bahan yang digunakan untuk membuatnya pun berbeda dengan ketiga bahan sebelumnya jadi dari segi harga juga lebih ekonomis. Kain ini biasanya diproduksi dalam banyak variasi warna namun ukuran yang ada hanya 150 cm saja.

Ciri Khas Kain Oxford

Berencana untuk membeli kain oxford tapi takut salah karena anda merasa kurang begitu familiar dengan jenis-jenis kain yang ada dipasaran?. Supaya anda tidak kesulitan untuk menemukan kain oxford yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan, ada baiknya bila anda mengenal lebih dulu ciri-ciri kain oxford itu sendiri.

  1. Kain oxford bila diraba terasa halus.
  2. Kain oxford memiliki tekstur yang rata sehingga lebih terlihat rapi dan sangat lembut ketika diraba dengan permukaan tangan.
  3. Kain oxford memiliki bobot yang ringan dan cenderung tipis sehingga membuat pori kulit dapat bernafas lebih baik.
  4. Untuk kekuatannya bahan oxford bisa dikategorikan sebagai bahan yang sangat kuat karena dibuat dengan teknik khusus.
  5. Benang-benang yang terjalin dalam pintalan kain berjenis oxford tampak seperti pixel dalam resolusi gambar atau foto jika diperbesar.

Kelebihan Kain Oxford

Dari beberapa ciri khas kain oxford yang telah disebutkan di atas terdapat beberapa poin juga men-jadi kelebihan tersendiri dari kain oxford. Untuk mengetahui lebih lengkap lagi tentang kelebihan dari bahan kain oxford anda bisa menyimak pembahasan berikut.

  1. Ciri khas pertama yang juga menjadi kelebihan kain oxford yaitu tekstur bahannya cukup halus dan juga lembut.
  2. Kain oxford sangat cocok digunakan di negara atau wilayah yang bermusim tropis, seperti halnya Indonesia.
  3. Kelebihan kain oxford selanjutnya yaitu tidak transparan dan tidak menerawang, jadi sangatcocok untuk digunakan sebagai bahan pakaian pria maupun pakaian wnita.
  4. Kain oxford hadir dalam beraneka ragam jenis warna yang berbeda, sehingga dapat dipilih secara bebas sesuai kebutuhan pemakainya.
  5. Harga kain oxford bisa dibilang cukup terjangkau, jadi anda bisa tetap membelinya tanpa perlu khawatir uang tabungan anda akan terkuras habis.
  6. Selain murah kain oxford juga bisa dengan mudah ditemukan dan didapatkan di toko kain. Tapi kalau anda ingin mendapatkan kain oxford yang berkualitas pastikan untuk memilih toko kain yang benar-benar sudah terpercaya. 

Kekurangan Kain Oxford

Dibalik sejumlah kelebihan dari kain oxford yang sudah disebutkan di atas terdapat pula beberapa ciri khas dari kain oxford yang juga menjadi kekurangannya. Untuk mengetahui kekurangan dari kain oxford anda bisa menyimak pembahasan berikut.

  1. Kain oxford cenderung mudah kusut. Meski demikian hal ini masih bisa diatasi dengan cara sederhana yakni dengan menyetrika pakaian berbahan kain oxford setiap kali habis mencuci dan mengeringkannya.
  2. Kain oxford ini juga memiliki kelemahan lain yakni seratnya bisa menjadi kaku dan rentan robek bila terkena detergen yang berlebihan.
  3. Dari segi kualitas ada produsen yang memproduksi bahan oxford dengan kualitas bagus namun ada juga yang kualitasnya kurang bagus. Untuk menyikapi hal tersebut sebaiknya selalu periksa bahan oxford dengan seksama sebelum membelinya.

Pemanfaatan Kain Oxford

Terkait dengan pemanfaatannya dalam dunia fashion, kain oxford sebenarnya dapat digunakan untuk membuat model pakaian apa saja baik itu pakaian formal maupun casual. Tidak hanya terbatas pada seragam kerja atau seragam sekolah saja namun kain oxford ini juga bisa dipakai untuk bahan kemeja pria casual, baju koko, blus wanita hingga gamis.

1. Kemeja

Salah satu jenis pakaian pria yang dapat dibuat dari bahan kain oxford yakni berupa kemeja yang biasa dipakai sebagai busana penutup tubuh bagian atas. Untuk modelnya pun bisa bermacam-macam, mulai dari kemeja pria formal, kemeja casual regular hingga kemeja slim fit yang berpotongan pas badan.

Satu hal yang harus diingat, khusus untuk anda yang ingin membeli kemeja pria berbahan oxford anda perlu lebih jeli dan teliti agar bisa menemukan kemeja pria yang berkualitas bagus. Dalam arti bukan hanya dari jenis kainnya saja, tetapi model dan desainnya juga tidak mengecewakan.

Kain Oxford

Sumber : https://id.aliexpress.com/

Lebih tertarik untuk membuat kemeja formal maupun kemeja casual sendiri tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Sebagai bahan referensi mungkin anda bisa mendownload pola kemeja pria siap pakai dari kami.

2. Baju Koko

Kain oxford pada prinsipnya juga bagus digunakan untuk membuat beraneka macam model baju koko pria yang unik dan trendy. Fungsinya pun tidak hanya sebatas untuk beribadah, tetapi baju koko berbahan kain oxford tersebut pada perkembangannya juga bisa dipakai saat bekerja.

Kain Oxford

Sumber : https://shopee.co.id/

Seperti halnya seperti kemeja yang didesain untuk para pria, baju koko ini umumnya juga dapat dijumpai dalam dua macam varian yakni dalam bentuk lengan panjang dan lengan pendek.

  • Baju koko lengan panjang akan membuat lengan pemakainya lebih terlindungi dari debu, panas maupun gigitan serangga.
  • Baju koko lengan pendek akan memberikan kesan lebih rapi, lebih dinamis dan modis pada tampilan pria.

Tertarik untuk membuat baju koko sendiri tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Kalau mau pakai cara yang praktis anda bisa mendownloas Pola Baju Koko Ala Dude Herlino dari kami.

3. Blus Wanita

Blus wanita merupakan salah satu model busana penutup tubuh bagian atas yang dapat dibuat dari bahan kain apapun salah satunya kain oxford. Dengan tampilannya yang simple namun tetap terkesan berkelas blus wanita berbahan oxford sangat cocok dipakai pada kesempatan formal, semi formal maupun casual.

Kain Oxford

Sumber : https://www.lexingtoncompany.com/

4. Gamis

Berikutnya kain oxford belakangan juga mulai banyak dikreasikan menjadi gamis wanita yang memiliki desain panjang dan longgar. Selain terasa nyaman saat dikenakan, gamis berbahan oxford ini juga sangat cocok dipakai sebagi pakaian sehari-hari karena bahannya tidak menerawang.

Kain Oxford

Sumber : https://www.bukalapak.com/

Pilihan model gamis yang dapat dibuat dari bahan kain inipun juga lumayan cukup banyak, beberapa diantaranya :

  • Gamis ruffle yang dihias dengan aksen ruffle di beberapa bagian misal lengan, ujung bawah gamis, bagian leher, maupun bagian depannya.
  • Gamis lengan lonceng yang memiliki lengan berbentuk mengembang seperti layaknya sebuah lonceng.
  • Gamis busui yang dilengkapi dengan fitur kancing atau resleting pada bukaan depannya untuk memudahkan pemakainya ketika menyusui buah hati.
  • Gamis full kancing yang dilengkapi dengan banyak kancing di bagian depannya.
  • Gamis peplum yang memiliki aksen mengembang di bagian pinggang sehingga sangat sesuai jika digunakan untuk memberikan ilusi lebih ramping pada tubuh.

Tertarik untuk membuat gamis sendiri tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Kalau mau pakai cara yang praktis download saja pola baju gamis wanita dari kami.

Pola baju gamis wanita model lurus merupakan pola gamis yang bagian badannya berpotongan lurus tanpa lekukan pinggang.

Pola baju gamis wanita model berpinggang merupakan pola gamis yang bagian badannya  memiliki lekukan pinggang.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat pakaian?. Sahabat Fitinline mungkin bisa melihat-lihat dulu koleksi bahan kain kami Di Sini.

Dengan karakteristik bahannya yang cenderung lembut dan wananya yang menarik kain oxford pada prinsipnya juga sangat cocok dipakai untuk membuat masker penutup wajah yang memiliki manfaat cukup besar untuk kesehatan terutama dalam mencegah penularan penyakit ditengah merebaknya wabah corona.

Kain Oxford

Sumber : https://mustsharenews.com/

Tertarik untuk membuat masker wajah sendiri tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Kalau mau cara yang lebih praktis anda bisa mendownload pola masker free download dari kami.

Merawat Pakaian Berbahan Oxford

Punya sejumlah koleksi pakaian berbahan oxford?. Untuk mengantisipasi terjadinya kerusakan pakaian yang tidak diinginkan pastikan proses mencuci dan menjemurnya juga harus disiasati dengan cara-cara tertentu supaya kualitas pakaian tetap terjaga dengan baik.

  1. Pisahkan pakaian yang dibuat dari bahan kain oxford dengan jenis pakaian lain yang berbahan berat seperti kain denim.
  2. Untuk membersihkan pakaian dari bahan oxford, sahabat Fitinline cukup merendamnya sebentar dalam kemudian menguceknya secara perlahan.
  3. Untuk melunturkan noda pakaian berbahan kain oxford cukup gunakan detergent saat melakukan pencucian.
  4. Bila sekiranya anda perlu merendam kemeja sebaiknya gunakan pewangi pakaian saja.
  5. Rendam pakaian berbahan oxford secukupnya jangan terlalu lama.
  6. Sebisa mungkin cuci pakaian berbahan oxford dengan tangan karena cara ini memang lebih efektif untuk mencuci jenis kain apapun, termasuk kemeja pria, baju koko, blus wanita dan gamis berbahan kain oxford.
  7. Selesai melakukan proses pencucian bilas pakaian oxford dengan air bersih. Bilas pakaian hingga airnya jernih dan tidak ada sisa sabun yang tertinggal kemudian keringkan di tempat yang tidak terpapar panas matahari langsung.
  8. Untuk mengeringkan pakaian berbahan kain oxford sahabat Fitinline bisa menjemurnya dengan cara digantung menggunakan hanger baju.
  9. Setelah kering setrika pakaian berbahan oxford sesuai panas yang direkomendasikan untuk bahan tersebut kemudian simpan di tempat yang bersih dan tidak lembab.
  10. Untuk menyetrika kemeja oxford atur suhunya agar menjadi hangat (mid), bila terlalu panas kemungkinan besar bahan oxford akan makin menipis dan tidak nyaman dipakai.

Selesai disetrika gantung kemeja tersebut dengan menggunakan hanger jangan dilipat karena bahan dasar kain ini mudah kusut.

Supaya baju berbahan kain oxford tetap wangi setelah berhari-hari dicuci pastikan anda menyimpan pakaian tersebut dengan cara yang baik dan benar.

  1. Andalkan potpourri atau bunga-bunga untuk membuat baju tetap wangi.
  2. Semprotkan room spray ke dalam almari pakaian minimal seminggu sekali.
  3. Taruh soda kue di dalam sebuah botol yang dilubangi tutupnya lalu masukkan ke dalam almari pakaian untuk menyerap bau.

Supaya pakaian kesayangan anda yang tersimpan lama dalam almari juga tidak rusak dan terbebas dari ngengat jangan lupa terapkan 5 Langkah Mudah Mengusir Ngengat Yang Bersarang Pada Pakaian pada artikel Fitinline terdahulu ya.

Demikian pembahasan singkat mengenai ciri khas kain oxford, kelebihan dan kekurangan, pemanfaatan serta cara perawatannya yang dapat kami bagikan untuk anda. Kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak lagi informasi penting terkait dengan bahan kain dan tips perawatan yang direkomendasikan untuk bahan lainnya simak terus artikel dari kami ya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.