Article

Homepage Article Desain Fesyen 5 Langkah Mudah Mengusir…

5 Langkah Mudah Mengusir Ngengat Yang Bersarang Pada Pakaian

Pakaian kesayangan yang tersimpan lama dalam almari tahu-tahu rusak atau berubah warna?. Bisa jadi kerusakan yang timbul pada pakaian tersebut dipicu karena adanya ngengat, sejenis serangga kecil yang suka memakan kertas, pakaian, dan berbagai jenis barang lainnya. 

Mengusir Ngengat

Sumber : https://thetipsguru.com/

Ngengat sendiri sebenarnya tidak berbahaya bagi kesehatan manusia. Tapi jika dibiarkan bersarang dalam almari pakaian, yang ada hewan berukuran kecil ini bisa menyebabkan munculnya lubang-lubang kecil pada baju dan meninggalkan noda kecoklatan yang merusak keindahan pakaian. 

Mengusir Ngengat

Sumber : https://www.containerstore.com/

Lantas bagaimana cara terbaik yang dapat dilakukan untuk mengatasi ngengat yang sudah terlanjur bersarang dalam almari pakaian dan cara menyimpan pakaian agar awet?.

  1. Bila ngengat sudah telanjur bersarang dalam almari pakaian sebaiknya segera periksa apakah ada pakaian yang rusak atau tidak.
  2. Kalau ada yang rusak, lebih baik cuci ulang pakaian anda dengan air hangat atau cuci sesuai petunjuk perawatan yang disarankan untuk membunuh telur dan larva ngengat.
  3. Proses pendinginan atau pemanasan yang ekstrem juga akan membunuh ngengat. Jadi anda bisa masukkan baju ke freezer sebelum dicuci atau menyetrikanya usai dicuci dengan air hangat.
  4. Untuk menjamin bahwa almari anda bebas dari ngengat, bersihkan bagian dalamnya secara teratur sampai tidak ada debu dan kotoran yang menumpuk.
  5. Simpan pakaian yang terbuat dari bahan serat alam seperti serat hewan, sutra, wol atau bahan kulit, dalam wadah yang kedap udara untuk melindunginya dari serangan ngengat. Pastikan pakaian tersebut sudah benar-benar kering sebelum disimpan. 

Mengusir Ngengat

Sumber : https://www.bukalapak.com/

Untuk mencegah supaya ngengat tidak kembali, masukkan beberapa buah kapur barus ke dalam almari pakaian. Selain kapur barus, anda bisa juga menambahkan berbagai bahan alami yang kurang disukai serangga seperti daun mint, bunga lavender, cengkeh, potongan jeruk lemon, gingseng dan daun kayu putih yang sudah dikeringkan.

Mengusir Ngengat

Sumber : https://www.remodelista.com/

Caranya bungkus bahan alami yang sudah dikeringkan dalam sebuah kantong kain lalu masukkan ke almari pakaian anda. Pastikan anda selalu rutin untuk mengganti bahan pengusir ngengat tersebut ketika aromanya sudah mulai pudar.

Mengusir Ngengat

Sumber : https://id.pinterest.com/

Semoga tips yang kami bagikan bisa membantu anda untuk menjauhkan ngengat dari pakaian kesayangan anda. Kalau anda mencari bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat pakaian, anda bisa mendapatkannya Di Sini.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.