Article

Homepage Article Fashion Design Busana Dengan Shoulder Pads,…

Busana Dengan Shoulder Pads, Trend Outfit 80-an Yang Kembali Hits di Tahun 2020

Berbicara mengenai trend fashion, mungkin banyak di antara anda yang tidak menyangka bahwa  bantalan bahu atau shoulder pads yang dipakai pada busana 80-an kini justru kembali menjadi primadona yang dicari banyak wanita. Selain memberi bentuk pada busana, shoulder pads juga bisa membuat bahu lebih lebar dan tegap lho.

Pengertian Shoulder Pads

Shoulder pads atau bantalan bahu merupakan salah satu detail pelengkap busana berbahan busa, kapas atau bahan lain yang biasa dipasangkan pada bahu sebuah pakaian. Meski tampak kuno, hingga saat ini shoulder pads justru masih menjadi statement yang diperhatikan oleh sejumlah brand ternama dalam koleksi fashion mereka.

Shoulder Pads

Sumber : https://beautynesia.id/

Bantalan bahu ini biasanya bisa dengan mudah dijumpai di toko perlengkapan menjahit, ada yang sudah dalam bentuk siap pakai (terbungkus kain) tapi ada juga yang dijual dalam bentuk busanya saja. Kalau anda membeli yang masih dalam bentuk busa maka anda harus membungkusnya dengan kain sebelum menjahitnya ke pakaian.

Shoulder Pads

Sumber : http://blog.saintfashion.com/

Asal Mula Shoulder Pads

Dilihat dari sejarahnya, pemanfaatan shoulder pads atau bantalan bahu sebagai pelengkap busana sendiri konon awalnya pertama kali dipopulerkan oleh para designer pada tahun 80-an. Karena pada masa tersebut siluet bahu yang tegap dan lebar menjadi salah satu bentuk power dressing yang menunjukkan kekuatan seseorang.

Shoulder Pads

Sumber : https://www.jd.id/

Dari yang awalnya lebih sering digunakan sebagai simbol yang menggambarkan kekuatan dan kepemimpinan wanita, seiring berjalannya waktu bantalan bahu mulai diberikan pada pakaian yang lebih glamor dengan tujuan untuk menutupi bentuk bahu yang kurang menarik supaya terlihat lebih sempurna dan proporsional.

Shoulder Pads

Sumber : https://shopee.vn/

Shoulder pads yang diolah dengan cutting modern kini juga dapat dijumpai pada banyak model busana wanita yang memiliki desain cukup unik dan kekinian. Desainer yang menjadi saksi kembalinya trend bantalan bahu tersebut adalah Demna Gvasalia, perancang busana Georgia yang juga menjadi direktur kreatif Balenciaga.

Fungsi Shoulder Pads

Berlanjut ke pembahasan berikutnya yakni tentang fungsi bantalan bahu atau shoulder pads. Jadi selain digunakan sebagai pelindung bahu, shoulder pads yang dipasangkan pada sebuah pakaian juga berfungsi untuk memberikan kesan sedikit lebih tinggi pada bagian bahu pemakainya sehingga terkesan jauh lebih sempurna dan menarik.

Berdasarkan desain dan tujuan pemakaiannya bantalan bahu sendiri pada prinsipnya dapat dijumpai dalam berbagai macam varian lho, beberapa diantaranya:

  1. Bantalan bahu yang khusus dipasangkan pada pembuatan blazer umumnya terbuat dari campuran serabut wol dan beberapa lapis serabut kapas.
  2. Sedangkan bantalan bahu yang dipasangkan pada blus maupun model busana wanita berlengan, biasa dibuat dari busa dengan berbagai macam ukuran ketebalan, mulai dari 1 cm, 2 cm, 3 cm atau 5 cm.
  3. Sementara bantalan bahu yang biasa diaplikasikan untuk busana berlengan setali atau lengan raglan lebih sering disebut sebagai padding mangkok.

Pemanfaatan Shoulder Pads

Terkait dengn pemanfaatannya dalam dunia fashion, bantalan bahu yang lebih dikenal dengan nama shoulder pads ini awalnya memang lebih banyak digunakan pada blazer wanita. Namun sekarang penggunaan shoulder pads tidak melulu dipakai untuk blazer saja, tetapi bisa juga ditemui pada gamis, blus maupun pakaian lain.

1. Blazer

Blazer merupakan salah satu item fashion yang memiliki bentuk sangat mirip seperti jas tetapi potongannya tampak jauh lebih santai. Sebagai pelengkap gaya casual blazer ini tidak harus selalu dipadukan dengan blus, rok atau celana bahan tapi bisa juga dikenakan dengan jeans hingga celana pendek.

Shoulder Pads

Sumber : https://shopee.sg/

Bahan blazer umumnya hadir dalam berbagai pilihan dan variasi bahan, beberapa ada yang kaku dan kuat namun ada juga yang berkesan lebih fleksible jadi bisa dipilih sesuai kebutuhan pemakainya.

  • Bahan blazer yang lebih kaku bisa anda pilih jika ingin mendapatkan blazer untuk tampilan kantor yang profesional.
  • Blazer dengan bahan fleksibel bisa anda pilih untuk gaya yang lebih kasual.
  • Untuk mendapatkan blazer yang tepat periksa seberapa banyak jumlah kancing yang disertakan pada blazer tersebut. Jumlah kancing yang dihadirkan pada beragam blazer pria dan blazer wanita biasanya akan memengaruhi kenyamanan blazer saat dikenakan.
  • Bagi anda pemilik bentuk tubuh yang cenderung berisi anda bisa memakai blazer yang berkancing tiga untuk memberikan ilusi lebih langsing di bagian perut.
  • Untuk anda yang bertubuh kecil sebaiknya gunakan blazer yang memiliki kancing penuh agar tubuh anda tampak lebih berisi.

2. Gamis

Sebagai salah satu pakaian muslim yang kian mendunia, secara umum gamis banyak diciptakan dalam bentuk terusan yang lurus, panjang dan longgar untuk menutupi seluruh badan mulai dari leher sampai ke mata kaki. Beberapa ada yang diberi tambahan shoulder pads namun ada juga yang tidak.

Shoulder Pads

Sumber : https://www.zalora.co.id/

Untuk pelengkap gaya penampilan wanita model gamisnya pun juga bermacam-macam mulai dari gamis ruffle, gamis lengan lonceng, gamis busui, gamis full kancing, serta gamis peplum.

  • Gamis ruffle merupakan gamis yang dihias dengan aksen ruffle di beberapa bagian misal lengan, ujung bawah gamis, bagian leher, maupun bagian depannya.
  • Gamis lengan lonceng merupakan salah satu model gamis wanita yang memiliki lengan berbentuk mengembang seperti layaknya sebuah lonceng.
  • Gamis busui merupakan gamis yang dilengkapi dengan fitur kancing atau resleting pada bukaan depannya untuk memudahkan pemakainya ketika menyusui buah hati.
  • Gamis full kancing merupakan jenis gamis yang dilengkapi dengan banyak kancing di bagian depannya.
  • Gamis peplum termasuk ke dalam model gamis wanita yang sangat sesuai jika digunakan untuk memberikan ilusi lebih ramping pada tubuh.

Tertarik untuk membuat gamis sendiri tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Kalau mau pakai cara yang praktis download saja pola baju gamis wanita dari kami.

Pola baju gamis wanita model lurus merupakan pola gamis yang bagian badannya berpotongan lurus tanpa lekukan pinggang.

Pola baju gamis wanita model berpinggang merupakan pola gamis yang bagian badannya  memiliki lekukan pinggang.

3. Blus Wanita

Blus merupakan salah satu model busana penutup tubuh bagian atas yang dibuat khusus untuk wanita. Dengan tampilannya yang simple namun tetap terkesan berkelas blus ini sangat cocok dipakai pada kesempatan formal, semi formal maupun casual.

Bila dibandingkan dengan jenis pakaian wanita yang lainnya blus ini sebenarnya punya ciri khas tersendiri lho. Beberapa ciri-ciri khusus dari blus wanita yang penting untuk anda ketahui di antaranya:

  • Blus wanita selalu dibuat dengan model menggantung.
  • Blus wanita tidak selalu menggunakan manset dan kancing penuh di bagian depannya.
  • Beberapa blus wanita ada yang dilengkapi dengan kerah namun ada juga yang tidak.
  • Lengan yang diaplikasikan pada blus wanita bisa berupa lengan pendek, lengan panjang, bahkan ada juga yang tidak berlengan.
  • Model lengan blus wanita juga dapat dibuat dalam berbagai variasi model dan ukuran.

Shoulder Pads

Sumber : https://www.depop.com/

Ingin mencoba membuat blus wanita sendiri tapi masih bingung bagaimana cara mengukur badan dan menggambar polanya?. Kalau mau cara yang lebih mudah dan praktis anda bisa mendownload pola blus wanita siap pakai dari kami.

Memilih Shoulder Pads

Sekalipun penggunaan shoulder pads atau bantalan bahu yang dipasangkan di balik pakaian bisa menyempurnakan bentuk bahu yang kurang menarik namun anda juga harus berhati-hati dalam memilihnya. Jangan sampai bantalan bahu yang anda pakai isinya terlalu berlebih dan merusak tampilan anda secara keseluruhan.

Tertarik untuk mengenakan blazer, gamis, blus atau busana penutup tubuh bagian atas wanita lainnya yang dilengkapi dengan shoulder pads atau bantalan bahu tapi masih bingung harus memilih yang seperti apa?. Untuk mendapatkan bantalan bahu yang tepat barangkali anda bisa mencoba beberapa tips berikut ini.

Untuk mendapatkan tampilan yang sempurna aplikasikan bantalan bahu pada bahan yang cenderung tidak stretch atau tidak menempel terlalu kuat pada tubuh.

  1. Jangan menggunakan bantalan bahu yang terlalu besar sehingga anda bisa memakainya sebagai bantal.
  2. Hindari memilih bantalan bahu dengan bentuk yang aneh misal bantalan bahu yang bentuknya terlalu runcing, sebagai gantinya gunakan bantalan bahu dengan bentuk yang natural.
  3. Pasang bantalan bahu pada busana penutup tubuh bagian atas yang berpotongan pas di badan, bukan yang berukuran longgar agar tubuh anda tidak semakin tenggelam di balik pakaian tersebut.
  4. Bagi anda yang memiliki bentuk bahu turun (curam) sebaiknya pilih bantalan bahan bahu yang tebal agar bahu terlihat lebih landai (bidang).
  5. Sebaliknya bila anda memiliki bentuk bahu yang landai anda dapat memilih bantalan bahu yang tipis.

Membuat Bantalan Bahu

Khusus untuk anda yang mau membuat blazer, blus atau gamis tapi tidak menemukan bantalan bahu siap pakai yang sesuai dengan kebutuhan, maka dalam keadaan yang sangat mendesak anda bisa mencoba membuat bantalan bahu sendiri dengan cara yang cukup sederhana dan mudah dipraktekkan di rumah.

Untuk membuat shoulder pads atau bantalan bahu mula-mula siapkan busa lembaran yang bisa anda beli di toko alat jahit. Buat pola bantalan bahu pada busa (sesuaikan besarnya dengan kebutuhan) kemudian potong busa dengan menggunakan gunting yang tajam secara melengkung mengikuti lengkung lingkar bahu pada baju.

Sampai di sini shoulder pads atau bantalan bahu sebenarnya sudah siap dipakai. Namun karena masih polosan akan lebih baik jika bantalan bahu yang terbuat dari busa dibungkus terlebih dahulu dangan menggunakan bahan kain tipis yang berwarna sama dengan bahan pakaian sebelum dipasangkan pada sebuah busana.

Untuk membungkus busa bantalan bahu, siapkan bahan kain yang berwarna sama dengan warna utama baju kemudian gunakan bahan kain tersebut untuk membungkus busa. Jahit sepanjang tepi kain dengan menggunakan mesin jahit setelah itu rapikan bagian tepi cover bantalan bahu dengan mesin obras.

Butuh mesin jahit dan mesin obras berkualitas dengan harga murah untuk menjahit pakaian ataupun kreasi produk jahit lainnya?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi mesin jahit dan mesin obras dari kami.

Cara Menjahit Shoulder Pads

Selesai membuat shoulder pads atau bantalan bahu selanjutnya anda bisa langsung memasangkannya pada bagian dalam bahu pakaian atau menjahitnya dengan teknik khusus agar bantalan bahu bisa dilepas pasang dengan mudah yakni dengan cara menambahkan kancing tekan kecil ataupun velcro untuk merekatkannya. 

Untuk memasangkan bantalan bahu secara langsung pada pakaian anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pasangkan bantalan bahu pada bagian buruk pakaian dengan posisi bagian tengah bantalan bahu berada tepat di atas jahitan garis bahu.
  2. Pastikan sebagian besar bantalan bahu berada di bagian badan, sedangkan sisi yang lurus dimajukan kira-kira 1 cm dari jahitan lingkar lengan.
  3. Sematkan jarum pentul pada kedua ujung bantalan bahu. Perhatikan letaknya, apakah sudah benar-benar pas atau belum. Jika belum pas perbaiki kembali letaknya dengan cara menggeser posisi bantalannya.
  4. Jahit bantalan bahu disekitar lingkar lengan dan kampuh bahu dengan tusuk balut atau tusuk tikam jejak menggunakan jarum jahit tangan.

Jika bantalan bahu akan dipasangkan menggunakan kancing tekan kecil maka anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Beri tanda letak kancing pada garis bahu.
  2. Pasangkan kancing tekan kecil yang timbul pada bagian bantalan bahu dan kancing yang pipih pada kampuh bahunya.
  3. Teknik dasar menjahit kancing tekan dapat dimulai dengan membuat tusukan pada tanda letak kancing.
  4. Pasangkan kancing yang timbul dengan tusuk balut atau tusuk feston berkepala, setiap lubang dibuat 3-5 tusukan. Usahakan hasil tusukan tidak tembus ke bagian baik kain.
  5. Tekankan bagian kancing yang timbul pada tempat kancing pipih akan dipasangkan.
  6. Pasangkan kancing pipih seperti pada pemasangan kancing yang timbul.

Tapi jika anda ingin memasang bantalan bahu dengan velcro atau pita perekat maka anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Beri tanda letak velcro atau pita perekat pada garis bahu.
  2. Potong velcro sesuai dengan kebutuhan anda.
  3. Pasangkan bagian velcro yang kasar pada bantalan bahu, sementara bagian yang halusnya dipasangkan pada kampuh bahu lalu jahit velcro di sisi-sisinya saja.

Padupadan Busana Shoulder Pads

Sudah berhasil membuat dan memasangkan shoulder pads pada pakaian anda?. Sekarang anda bisa mulai berkreasi dengan memadupadankan blazer, blus wanita, gamis atau berbagai jenis pakaian lain yang dilengkapi shoulder pads dengan fashion item kesayangan anda.

  1. Untuk tampil casual anda bisa memakai blazer atau blus wanita dengan legging, skinny jeans, juga tie dye jeans.
  2. Untuk tampilan yang boyish anda bisa mengenakan blazer atau blus wanita dengan celana jeans, kemudian tambahkan sneakers sebagai alas kakinya.
  3. Untuk tampil lebih feminim anda bisa mengenakan blazer atau blus wanita yang dipadukan dengan rok, kemudian tambahkan flat shoes atau high heels yang manis.

Selain itu bila anda tertarik untuk mengenakan busana penutup tubuh bagian atas yang dilengkapi dengan bantalan bahu, ada beberapa cara yang dapat anda terapkan.

  1. Masukkan busana penutup tubuh bagian atas yang berpotongan pas badan dengan ukuran pads yang sedang ke dalam rok pensil atau celana panjang anda.
  2. Jangan memadukan busana penutup tubuh bagian atas yang berbantalan bahu dengan item fashion lain yang bertema 80-an lainnya.

Setelah menyimak pembahasan di atas, sekarang sahabat Fitinline jadi makin tahukan seperti apa bantalan bahu yang cocok untuk tubuh anda begitu pula cara menjahitnya pada pakaian. Semoga dengan menggunakan bantalan bahu yang ideal anda bisa mendapatkan tampilan yang lebih tegap dan proporsional.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.