Article

Homepage Article Desain Fesyen Kenali Ciri Khas Baju Safari…

Kenali Ciri Khas Baju Safari Pria Lengkap Dengan Tips Memilih dan Merawatnya

Mencari model pakaian pria yang bagus untuk dikenakan pada kesempatan formal?. Barangkali anda bisa menjadikan baju safari sebagai outfit andalan anda. Selain memberikan kesan lebih profesional, baju safari ini juga bisa membuat tampilan anda jadi keren lho asal pemilihannya juga sudah tepat.

Definisi Baju Safari

Baju safari dapat didefinisikan sebagai pakaian pria bermodel jas yang dilengkapi dengan saku dibagian depan. Sekalipun diklasifikasikan ke dalam jenis jas, namun baju safari ini kebanyakan menggunakan model kerah yang berbeda dengan jas lho. Sebab pada bagian kerahnya ada juga yang dilengkapi dengan permainan garis.

Baju Safari

Sumber : https://hangrr.com/

Sejak abad ke-19 baju safari sebenarnya sudah dipakai sebagai pakaian dinas oleh para prajurit Eropa di daerah yang beriklim panas. Selain itu baju safari ini juga digunakan oleh orang-orang yang hobi bersafari ke Afrika karena dianggap ringan dan nyaman namun kemudian mengalami perubahan desain saat Perang Dunia II. 

Baju Safari

Sumber : https://www.jerusalemhouseministries.net/

Meski kombinasi yang digunakan terkesan monoton dan cenderung sederhana karena baju ini sengaja mengedepankan desain minimalis dan high tailoring tanpa tambahan aksentuasi yang berkesan glamor tetapi desain baju safari yang berkembang saat ini umumnya tidak kalah menarik dengan model pakaian pria yang lainnya.

Baju Safari

Sumber : https://www.stokyab.com/

Teknik Pembuatan Baju Safari

Ditinjau dari cara pembuatannya, baju safari sebenarnya termasuk kedalam jenis busana semi tailoring. Sebab teknik yang diterapkan untuk menjahit model pakaian pria yang satu ini kurang lebih sama dengan cara menjahit busana tailoring, hanya saja penggunaan pelapis antara terutama pada kelepak dan kerah bawah berbeda.

Baju Safari

Sumber : https://www.alibaba.com/

Kalau busana tailoring itu pada bagian tengah muka, tengah belakang dan lengan kebanyakan menggunakan furing penuh, maka untuk busana semi tailoring hanya bagian tengah mukanya saja yang menggunakan lining penuh, sementara pada bagian tengah belakang menggunakan lining setengah. 

Baju Safari

Sumber : https://picclick.com.au/

Karakteristik paling khas yang membedakan busana busana semi tailoring dengan busana tailoring diantaranya:

  1. Teknik menjahit busana semi tailoring cenderung sederhana, tidak banyak menggunakan tangan.
  2. Busana semi tailoring biasa diselesaikan dengan kampuh terbuka dan diselesaikan dengan obras sama halnya dengan busana tailoring.
  3. Penggunaan bahan pelapis pada busana semi tailoring tidak penuh atau hanya sebagian saja yang dilapis.
  4. Pelapis yang digunakan pada busana semi tailoring yaitu dari kain blacu yang direndam terlebih dahulu.
  5. Pelapis kain gula hanya digunakan untuk melapis bahan dasar busana semi tailoring.
  6. Karena penggunaan bahan pelapisnya tidak penuh maka gaya atau desain busana semi tailoring sebagian besar lebih luwes atau feminin.

Ciri Khas Baju Safari

Sebagai salah satu jenis pakaian pria yang biasa digunakan untuk keperluan resmi atau pakaian kerja para eksekutif, baju safari jelas berbeda dengan pakaian pria lainnya. Tidak hanya teknik pembuatannya yang berbeda namun detail yang diaplikasikan pada baju safari tentu memiliki ciri khas tersendiri.

1. Kerah Baju

Baju safari dengan model apapun umumnya selalu menggunakan kerah yang unik. Salah satu contohnya yaitu berupa kerah sport yang didapat dari pengembangan kerah rebah yang berdiri tanpa penegak. Tidak jarang pula kerah pada baju safari juga dilengkapi dengan garis hias pada bagian muka kerah.

2. Bahan Kain

Bahan yang digunakan untuk membuat baju safari sebagian besar memiliki tekstur yang agak tebal, tenunannya padat dan tidak mudah kusut. Bahan kain yang memenuhi syarat tersebut diantaranya ada kain kain drill dan berbagai jenis bahan kain lain yang sejenis.

a. Nagata Drill

Nagata drill merupakan salah satu merek ternama dari kain jenis Japan drill yang berserat besar. Kain ini secara umum terusun oleh komposisi katun yang lebih dominan sehingga permukaannya lembut, tebal, serta kuat.

b. Super Jet Black

Super jet black merupakan kain dari Textile One yang berkualitas tinggi dan dihasilkan melalui bertahun-tahun proses riset untuk menghasilkan kualitas terbaik yang memiliki warna hitam pekat yang elegan.

c. St. Regis Jet Black

Tidak jauh berbeda super jet black, St. Regis Jet black juga termasuk ke dalam jenis kain berkualitas tinggi dari jajaran brand St. Regis yang dihasilkan melalui bertahun-tahun proses riset untuk menghasilkan kain yang memiliki warna hitam pekat.

d. Imego

Kain imego merupakan kain yang memiliki proteksi sangat bagus karena dapat menangkal kotoran, minyak serta air dan menjaga warna agar tidak mudah pudar. Hal ini akan membuat baju safari akan selalu cerah walau sering dicuci.

e. Element

Kokoh namun lembut adalah ciri utama element. Kain ini dirancang khusus sebagai pakaian kerja sehari-hari yang nyaman, berwarna solid dan cermelang serta mempunyai ketahanan terhadap pencucian, panas matahari dan penyetrikaan.

f. Rassio

Rassio dari TextileOne dihadirkan khusus untuk pakaian kerja sehari-hari yang nyaman dan berwarna solid. Konstruksi Rassio yang terbuat dari "Low Twist" micro fibre yarn, menghasilkan kain dengan permukaan halus dan memberikan tingkat ketahanan yang tinggi.

g. New Chinos

New Chinos dari TextileOne merupakan tekstil terbaik dengan harga paling terjangkau untuk pakaian seragam. Warna cenderung tahan lama, nyaman dan stylish. Kain ini telah diekspor ke Jepang untuk seragam internasional, seragam rumah sakit dan seragam kantor lainnya.

h. St. Regis Homme

ST. Regis Homme dari TextileOne. Terbuat dari serat benang berkualitas terbaik dan benang berteknologi tinggi seperti Advanced Wool Tech Yarn. Textileone PREMIER COLLECTION merupakan simbol " the best of the best" dalam hal design kualitas dan sentuhan akhir.

3. Warna Baju Safari

Berbicara mengenai warna kain sebenarnya ada banyak sekali jenis warna kain yang dapat diaplikasikan pada pakaian. Walaupun memang untuk baju safari selama ini warnanya lebih banyak didominasi oleh warna-warna netral seperti hitam, putih, krem, coklat, abu-abu dan warna lain yang senada.

4. Garis Hias Busana

Baju safari identik sebagai baju yang selalu memiliki garis hias. Garis hias yang diaplikasikan pada baju safari sendiri terdiri dari garis hias bentuk vertikal, garis bentuk horisontal, garis lipit hias dan garis-garis saku.

5. Saku Baju Safari

Baju safari biasanya memiliki empat buah saku dengan warna yang senada di bagian badan depan. Kesan eksklusif yang dimiliki oleh baju safari tergambar pada penggunaan saku dalam dan lapisan bahan satin diseluruh badan.

6. Lengan Baju

Lengan baju safari bisa dibuat panjang ataupun pendek. Khusus untuk lengan panjang modelnya bisa dibuat seperti lengan jas, yakni lengan dengan model dua bagian memakai kancing satu sampai tiga baris yang diletakkan di ujung lengan bawah persis pada jahitan sambungan lengan.

7. Siluet Baju Safari

Siluet baju safari cenderung berbentuk H-line atau S-line dengan potongan bergaya sporty. Terdapat benang merah sebagai aksen buckle di bagian bahu dan kerahnya. Sebagai eksplorasi gaya, anda dapat mengombinasikan animal print, seperti leopard, zebra dan camouflage.

8. Padupadan Baju Safari

Sebagai pelengkap gaya busana formal, baju safari biasa dipakai dengan celana bahan atau pantalon mengingat tujuan utama dibuatnya baju safari memang digunakan saat acara formal. Karena alasan itulah baju safari akan terlihat kurang cocok bila dipadukan dengan celana jeans.

Tips Memilih Baju Safari

Mencari model seragam safari yang tepat untuk keperluan kantor atau keperluan lainnya?. Untuk mendapatkan baju yang berkualitas dan tampilan yang juga keren anda  dapat menyimak beberapa tips berikut ini.

  1. Rumus utama yang dapat anda jadikan sebagai acuan dalam memilih baju safari yaitu pilih desain dan potongan baju safari yang cocok dengan tubuh dan penampilan anda.
    • Pertimbangkan konstruksi baju safari.
    • Bayangkan seperti apa penampilan yang hendak anda hadirkan dengan pakaian pria tersebut.
  2. Pilih baju safari yang ukurannya pas dengan badan anda dalam artian tidak kebesaran ataupun kekecilan.
    • Baju safari yang ukurannya terlalu pas dengan tubuh akan menimbulkan rasa gerah dan membuat anda tidak nyaman saat mengenakannya.
    • Baju safari yang ukurannya terlalu besar akan membuat tubuh anda tenggelam dalam baju yang anda kenakan.
  3. Perhatikan kualitas jahitan yang terdapat pada baju safari. Jahitan baju safari yang rapi sampai ke detailnya akan sangat mempengaruhi penampilan baju safari secara keseluruhan.
    • Baju safari  yang berkualitas baik umumnya dijahit menggunakan stik kecil. Semakin kecil stik yang digunakan maka jahitan semakin rapat dan halus jahitannya.
    • Obrasan pada tepi baju safari memiliki tampilan dan bentuk yang rapi, tidak mengkerut, warna benang obras sesuai warna bahan kain.
    • Jahitan baju safari tidak loncat, tidak renggang, halus serta sesuai dengan bentuk tubuh, tidak datar.
    • Bagian yang tampak dari luar baju safari seperti kerah dan lubang kancing harus dikerjakan dengan hati-hati sehingga bentuknya terkesan lebih bagus, halus dan benar.
  4. Bila anda memiliki baju safari sebaiknya jangan gunakan baju tersebut untuk santai mengingat kesan formal dan kantoran sangat melekat pada baju tersebut.
  5. Gunakanlah warna yang senada dan netral dengan kontras yang tak terlalu banyak dengan seragam untuk karyawan yang masih muda, supaya warnanya tak bertabrakan.
  6. Bahan yang digunakan juga harus sama atau mirip supaya serasi meskipun dibuat dalam model yang berbeda.
  7. Saat mengenakan baju safari sebaiknya pakailah undershirt atau kaos dalam yang sesuai dan satu warna dengan baju safari yang hendak anda kenakan supaya terlihat lebih rapi.
  8. Masukkanlah bagian bawah baju safari dengan rapi di sisi kanan dan kiri secara perlahan.
  9. Untuk memberikan kesan yang berbeda anda bisa bereksperimen sendiri dengan kemeja atau blazer safari untuk keperluan formal.
  10. Untuk menghemat pengeluaran sebaiknya sesuaikan harga baju safari yang hendak anda beli dengan kondisi keuangan anda. Jangan hanya kerena ingin tampil gaya terus anda menguras isi tabungan yang semestinya bisa anda gunakan untuk keperluan lain.

Cara Merawat Baju Safari

Supaya baju safari yang anda miliki tetap awet dan dapat digunakan sebagaimana mestinya usahakan untuk selalu memperlakukan baju tersebut dengan yang baik dan benar ya. Buat anda yang mau tahu bagaimana cara merawatnya langsung simak pembahasan berikut yuk.

  1. Perhatikan simbol atau kode laundry khusus yang biasanya terletak pada bagian label pakaian sebelum melakukan proses pencucian. Pada label tersebut biasanya akan dijelaskan pula bagaimana teknik drying dan ironing yang dianjurkan.
    • Sebisa mungkin perlakukanlah pakaian safari anda sesuai dengan anjuran yang tertera di dalam simbol tersebut.
    • Jika anda tidak menemukan adanya label di sana, maka anda bisa kenali dulu jenis atau bahan kain yang dipakai pakaian atau seragam safari yang anda miliki.
  2. Khusus untuk baju safari yang memiliki tempelan emblem, bros atau pernak-pernik lainnya sebaiknya aksesoris tersebut dilepas dulu sebelum melakukan pencucian.
  3. Pisahkan baju safari yang berwarna putih dengan baju safari yang berwarna lain supaya warna alaminya tetap terjaga dengan baik dan tidak menjadi kusam.
  4. Untuk baju safari atau seragam warna hitam anda bisa mencucinya menggunakan detergen yang berbentuk cair, yang memang bisa memelihara warna hitam agar tidak cepat memudar.
  5. Sebisa mungkin hindari kebiasaan memeras pakaian terlalu kuat agar tekstur kainnya tidak cepat rusak.
  6. Penggunaan mesin pengering yang terlalu sering juga kurang baik, jadi untuk mempertahankan kualitas baju safari agar tetap awet anda bisa mengeringkannya secara alami.
  7. Untuk merapikan bagian baju yang kusut anda bisa menghaluskannya dengan menggunakan setrika. Tapi ingat sesuaikan suhu atau temperaturnya dengan panas yang direkomendasikan untuk bahan kainnya.
  8. Simpan baju safari kesayangan anda di dalam almari pakaian yang bersih, tidak lembab dan memiliki sirkulasi udara yang bagus agar pakaian yang anda miliki tidak mudah berbau alias apek karena dihinggapi jamur serta ngengat.

Untuk mengusir ngengat yang sudah terlanjur bersarang pada pakaian simak kembali pembahasan mengenai  5 Langkah Mudah Mengusir Ngengat Yang Bersarang Pada Pakaian.

Kesimpulan

  1. Baju safari secara umum memiliki desain dan model yang berwibawa sehingga akan terlihat sangat bagus untuk dikenakan pada kesempatan formal.
  2. Desain baju safari yang eksklusif ditambah dengan bagian kerahnya yang sangat tegas mampu memberikan kesan lebih profesional ketika dikenakan.
  3. Bahan yang digunakan untuk membuat baju safari sebagian besar memiliki tekstur yang agak tebal, tenunannya padat dan tidak mudah kusut.
  4. Baju safari tersedia dalam dua macam pilihan yakni dalam bentuk lengan panjang dan pendek. Penggunaannya pun dapat disesuaikan dengan kebutuhan.
  5. Baju safari kurang sesuai bila dipadukan dengan celana jeans namun akan terlihat bagus bila dapat dipadukan dengan celana bahan. Hal ini sesuai dengan tujuan awal dibuatnya baju safari yakni untuk acara resmi.

Setelah menyimak pembahasan di atas sahabat Fitinline jadi makin tahukan seperti apa ciri-ciri dari baju safari yang sebenarnya. Tertarik untuk membuat baju safari sendiri tapi masih bingung harus membeli bahan kainnya dimana?. Kalau mau anda bisa membeli bahan kainnya dari kami Di Sini.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.