Article

Homepage Article Jahit Menjahit Kenali 5 Tipe Jarum Jahit…

Kenali 5 Tipe Jarum Jahit Merk Organ Berikut Supaya Anda Tidak Salah Beli

Dalam proses pembuatan pakaian maupun proyek jahit lainnya, tentu anda tidak bisa terlepas dari yang namanya jarum jahit bukan?. Kalau sahabat Fitinline mencari jarum jahit yang bagus dan kuat untuk membantu menyelesaikan proyek jahit anda, coba gunakan jarum mesin jahit yang terkenal dengan merk organ. 

Jarum Organ

Sumber : https://www.thesprucecrafts.com/

Dari segi harga, jarum jahit organ ini memang cenderung lebih mahal jika dibandingkan dengan jarum mesin jahit singer atau brother yang biasa di jual di pasaran karena memang kualitasnya terbukti tangguh dan awet. Materialnya pun jelas lebih bagus dan jika dipakai di mesin tidak gampang patah.

Jarum Organ

Sumber : https://www.aliexpress.com/

Berdasarkan desain dan kegunaannya jarum jahit organ sendiri ternyata memiliki banyak tipe dan variasi lho, beberapa diantaranya:

Jarum jahit HA khusus digunakan untuk mesin jahit rumahan, mesin jahit portable atau mesin jahit kepala hitam yang bermodel kuno.

Jarum Organ

Sumber : https://www.aliexpress.com/

Jarum jahit DB khusus digunakan untuk mesin jahit high speed. 

Jarum Organ

Sumber : http://www.atlaslevy.com/

Jarum jahit DP khusus digunakan untuk mesin jahit embroidery atau bordir.

Jarum Organ

Sumber : http://www.atlaslevy.com/

Jarum jahit DC khusus digunakan untuk mesin obras.

Jarum Organ

Sumber : http://www.atlaslevy.com/

Jarum jahit DV khusus digunakan pada mesin jahit overdeck, yaitu mesin jahit untuk menjahit lipatan pada bagian ujung lengan atau bagian bawah kaos. Tidak cocok untuk mesin jahit rumah tangga.

Jarum Organ

Sumber : https://www.bukalapak.com/

Selain memiliki beberapa tipe, jarum jahit ini sebenarnya juga memiliki ukuran yang beragam (biasa dinyatakan dengan “kode nomor”). Nomor pada jarum bisa dilihat pada kemasan dan juga pada pangkal jarum. Semakin tinggi tingkat ketebalan kain yang akan dijahit maka semakin besar pula ukuran jarum jahit yang dibutuhkan.

Khusus untuk ukuran jarum pada kemasan biasanya simbol yang digunakan yaitu berupa kode angka, misal ORGAN 90/14. “ORGAN” menyatakan bahwa jarum tersebut ber-merek Organ, sementara “90/14” menyatakan ukuran jarum (pada merek lain ada juga yang ditulis “14/90”). 

Jarum Organ

Sumber : https://www.krafezee.com/

Kode nomor pada contoh diatas mendefinisikan ukuran jarum mesin jahit. Sebenarnya angka “90” dan “14” ini merupakan satu ukuran yang sama.

  • Angka “90” merupakan European size, ditetapkan sesuai standar satuan ukuran yang berlaku di daerah Eropa.
  • Angka “14” merupakan American size, ditetapkan sesuai standar satuan ukuran yang berlaku di daerah Amerika.

Semakin kecil nomor jarumnya maka semakin kecil pula ukuran jarum jahitnya, semakin besar nomor jarumnya maka semakin kecil pula ukuran jarum jahitnya.

Jarum Organ

Sumber : https://www.ebay.com/

Dengan mengetahui arti dibalik kode-kode yang tertera pada kemasan jarum, sekarang anda jadi makin tahukan tipe jarum seperti apa yang harus digunakan pada mesin jahit anda. Butuh Jarum Jahit DV berkualitas dengan harga murah?. Sahabat Fitinline bisa mendapatkannya Di Sini

Jarum Organ DV

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.