Article

Homepage Article Kain Tekstil 7 Rahasia Memilih Sofa Berkualitas…

7 Rahasia Memilih Sofa Berkualitas Lengkap Dengan Rekomendasi Bahan Untuk Pelapisnya

Berencana membeli sofa dalam waktu dekat untuk mengisi ruang tamu ataupun ruang keluarga tapi masih bingung harus memilih sofa yang seperti apa?. Dalam memilih sofa tentunya terdapat banyak sekali hal harus dipertimbangkan mulai dari ruang penempatan, ukuran sofa, jenis kerangka, kain pelapis hingga warna sofa.

Pengertian Sofa

Ditinjau dari asal bahasanya istilah sofa konon diambil dari kata sopha yang memiliki arti tempat duduk seperti dipan (tempat tidur). Kalau dalam bahasa Inggris kursi panjang yang memiliki lengan dan sandaran berlapis busa serta upholstery ini biasa disebut sebagai couch maka dalam bahasa Perancis biasa disebut coucher.

Memilih Sofa

Sumber : https://www.ikea.com/

Jika kembali melihat catatan sejarahnya sofa sebenarnya sudah dikenal sejak lama tepatnya sejak zaman Romawi, dimana fungsinya pun hingga kini tidak jauh bergeser yakni sebagai tempat duduk. Bedanya jika dulu sofa banyak dimonopoli oleh kaum bangsawan, namun kini hampir semua masyarakat bisa memiliki sofa.

Memilih Sofa

Sumber : https://www.urbanoutfitters.com/

Kegunaan Sofa

Terkait dengan pemanfaatannya dalam kehidupan manusia lantas untuk apa saja ya kegunaan dan manfaat dari sofa pada interior ruangan?. Untuk mengobati rasa penasaran anda berikut kami bagikan penjelasan singkat mengenai kegunaan serta manfaat sofa agar anda bisa memaksimalkan fungsi sofa yang ada di rumah anda.

Memilih Sofa

Sumber : https://www.ikea.com/

  1. Sebagai perabotan yang umum digunakan untuk mengisi ruang keluarga ataupun ruang tamu sofa sangat cocok jika dimanfaatkan untuk beristirahat dan menunjang berbagai aktivitas.
    • Sofa yang diletakkan di ruang tamu berfungsi untuk menyambut serta menjamu tamu yang tengah datang ke rumah.
    • Sedangkan pada ruang keluarga, sofa biasa digunakan untuk sekedar duduk santai sembari menonton TV ataupun untuk bercengkrama dengan keluarga.
  2. Selain dimanfaatkan untuk menunjang aktivitas, kehadiran perabot sofa kerap digunakan juga untuk menambah nilai estetika sekaligus mempermanis ruangan.
  3. Meskipun umumnya sofa digunakan untuk duduk beberapa desain sofa modern kini memungkinkan anda untuk memiliki fungsi tambahan sebagai tempat tidur.  
  4. Khusus untuk anda yang lebih menyukai denah rumah dengan konsep terbuka sofa bisa juga dimanfaatkan menjadi pembatas antar ruang yang menggantikan kehadiran dinding.
    • Sofa yang berukuran besar bisa menjadi pembatas yang menarik untuk memberikan identitas ruang yang berbeda meski tidak adanya dinding pemisah.
    • Dengan adanya sofa sebagai pembatas ruangan, maka akan didapatkan batasan fungsi yang jelas antar kedua ruang.
  5. Sofa bisa menjadi pengganti berbagai fungsi kursi lainnya yang ada di rumah asal desain, ukuran dan juga material sofa sudah disesuaikan dengan kebutuhan.

Tips Memilih Sofa

Berkeinginan untuk membeli sofa dalam waktu dekat tapi masih bingung harus memilih sofa yang seperti apa?. Sebaiknya hindari pemikiran untuk memilih sofa berdasarkan corak atau trend yang sedang naik daun karena bukan hanya sehari dua hari saja anda akan melihat sofa tersebut tapi selama bertahun-tahun ke depan.

Memilih Sofa

Sumber : https://www.westelm.com/

Selain itu jika anda tidak ingin merugi karena harus mengganti kain pembungkus sofa sebelum waktunya, akan lebih baik jika anda mempertimbangkan sisi estetis, harga dan ketahanan material sofa yang anda pilih. Dengan begitu sofa yang anda miliki akan berumur lebih lama dan dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Memilih Sofa

Sumber : https://www.cielo.co.za/

1. Ruang Penempatan

Sebelum memutuskan untuk membeli sofa sebaiknya tentukan terlebih dahulu di mana sofa tersebut akan ditempatkan, apakah untuk ruang tamu, ruang keluarga atau ruang kerja. Karena beda tempat tentu beda pula bentuk dan ukuran sofa yang dapat anda pilih.

  • Untuk ruang tamu misalnya memilih sofa yang bisa menampung cukup banyak orang dan memiliki tampilan elegan tentu menjadi prioritas utama yang harus anda perhatikan.
  • Untuk ruang keluarga tentunya anda harus memilihkan sofa yang kokoh dan nyaman karena sebagian besar aktivitas keluarga dilakukan disini.
  • Sedangkan untuk ruang kerja yang harus berbagi dengan meja kerja, pilihlah sofa yang lebih kecil untuk dua orang saja.

2. Tentukan Ukuran Sofa

Lakukan pengukuran ruangan dengan teliti agar anda bisa lebih mudah menentukan panjang dan lebar sofa sekaligus memperkirakan besaran sofa yang tepat ditempatkan di rumah anda. Dengan cara ini anda juga bisa mendapatkan gambaran mengenai apa saja perabotan yang dapat ditambahkan di sekitar ruangan lho.

3. Pilih Model Yang Tepat

Selain mempertimbangkan ukuran sofa penting bagi anda untuk memilih model sofa yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Untuk menghias ruang tamu misalnya anda bisa memilih sofa set minimalis, sectional sofa maupun sofa khusus ruang tamu.

  • Sofa set minimalis merupakan sofa yang umumnya lebih mengutamakan fungsi dibandingkan bentuk. Sofa jenis ini umumnya memiliki garis-garis lurus yang tegas, jelas dan tidak banyak lekukan pada bodinya.
  • Sectional sofa didapat dari penggabungan dua gaya sofa menjadi satu yakni sofa biasa dan sofa loveseat (sofa yang berkapasitas dua orang) sehingga dapat diatur sedemikian rupa hingga membentuk sudut menyiku seperti L-shape atau U-shape.
  • Sofa ruang tamu biasanya dijual dalam satu set dan dibuat khusus untuk ditempatkan di ruang tamu, jadi tidak disarankan untuk meletakkannya di ruang keluarga.

Memilih Sofa

Sumber : https://www.flipkart.com/

Kalau anda ingin mendapatkan sofa yang bisa dijadikan tempat duduk dan tempat tidur anda bisa memilih yang namanya sleeper sofa. Sofa ini pada prinsipnya termasuk ke dalam jenis sofa multifungsi karena dapat digunakan sebagai tempat duduk maupun tempat tidur ketika dibentangkan.

Memilih Sofa

Sumber : https://www.westelm.com/

Selain itu terdapat pula jenis sofa yang dikenal dengan nama reclainer sofa. Sofa jenis ini biasa dapat digunakan pada ruangan khusus seperti home theatre karena didesain dengan sandaran dan kaki sofa yang fleksibel sehingga dapat disesuaikan dengan mudah sesuai kebutuhan pemakainya. 

Memilih Sofa

Sumber : https://www.blibli.com/

4. Pilih Rangka Yang Kuat

Jangan berinvestasi pada sofa yang murah kalau tidak tahan lama. Maka dari itu sebelum membayar jangan lupa untuk menecek rangka, busa dan pegas pada sofa. Untuk memastikan bahwa sofa tersebut akan bertahan lama dan dapat digunakan selama bertahun-tahun sebaiknya pilih rangka sofa yang kuat dan berkualitas.

  • Rangka sofa yang terbuat dari kayu solid merupakan pilihan yang cukup baik karena material ini dikenal kokoh dan tahan lama.
  • Penggunaan kayu oven akan memperpanjang umur furnitur tidak terkecuali sofa, karena bahan ini dikenal lebih tahan dengan raya.
  • Hindari material seperti plywood standar, papan kayu partikel dan medium density fiberboard.
  • Penggunaan rangka besi atau baja sangat cocok digunakan untuk memperoleh kekuatan serta daya mekanik suatu sofa.

Memilih Sofa

Sumber : https://www.walmart.com/

5. Cek Busa Dudukan Sofa

Hindari memilih sofa dengan busa yang terlalu empuk ataupun terlalu keras karena akan cepat berubah bentuk dan pastinya tidak akan terasa nyaman. Untuk alasan kenyamanan sebaiknya pilih sofa yang dilengkapu dengan busa dudukan yang berkualitas.

  • Dudukan sofa merupakan bagian sofa yang memiliki pengaruh paling penting dalam menentukan tingkat kenyaman sofa.
  • Penggunaan busa yang berkualitas akan menjamin kenyamanan sofa ruang tamu dalam jangka waktu lama.
  • Dudukan sofa kebanyakan dibuat dari busa, namun terkadang ada juga yang dibuat menggunakan per sebagai bahan penopang untuk menghemat penggunaan busa.
  • Tingkat kelembutan dari dudukan sofa ini bisa dipilih sesuai selera penggunanya.

Memilih Sofa

Sumber : https://informa.co.id/

Selain kualitas dudukan sofa, sandaran juga menentukan tingkat kenyamanan pada sebuah sofa. Sandaran yang terdapat pada sebuah sofa pada prinsipnya dapat dibuat dari berbagai variasi bahan, baik itu berupa busa, dakron, maupun bulu angsa. 

6. Pilih Bahan Pelapis Sofa Terbaik

Khusus untuk upholstery pada sofa paling tidak anda harus memilih yang bahannya kuat menahan beban dan bentuk jahitannya juga rapat. Pemilihan upholstery semestinya juga disesuaikan dengan tema ruangan dan juga selera pengguna sofa karena beda material beda pula nuansa dan gaya yang akan tercipta.

  • Pastikan bahan pelapis sofa yang anda pilih tidak terasa panas atau gatal ketika digunakan untuk duduk.  
  • Kain pelapis sofa yang dipilih juga mesti kuat dan memiliki tenunan rapat supaya lebih awet dan tidak mudah sobek.
  • Memilih bahan sofa yang mudah dibersihkan menjadi satu nilai lebih tersendiri.
  • Sesuaikan warna dan motif bahan pelapis sofa dengan tema interior anda.
  • Kain pelapis sofa yang bagus saat diusap tidak ada serabut yang tertinggal di telapak tangan.

7. Warna dan Motif Sofa

Untuk memudahkan anda dalam memilih warna dan motif sofa yang sesuai, perhatikan warna lantai serta warna furnitur lain yang ada di ruangan rumah anda.

  • Misalnya saja untuk ruangan yang sudah memiliki gorden dan karpet bermotif, sebaiknya pilih sofa yang polos dengan permainan warna lembut.
  • Bila anda ingin sentuhan motif unik pada sofa, anda bisa meletakkan motif tersebut pada bantalan sofa agar suasana yang tercipta tidak terkesan penuh.
  • Pada ruangan yang bercat putih polos anda bisa memilih sofa berwarna terang, bermotif atau kalau mau amannya bisa menggunakan sofa yang berwarna netral.

Memilih Sofa

Sumber : https://www.homeshabby.com/

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membungkus sofa. Sebagai bahan pertimbangan mungkin anda bisa memilih satu diantara beberapa bahan kain yang kami rekomendasikan berikut ini.

1. Bahan Sofa Brentwood

Kain sofa brentwood merupakan sejenis kain berbahan 100% polyester yang teksturnya menyerupai jalinan linen, tidak mudah terbakar dengan puntung rokok dan tersedia dalam banyak pilihan warna. Kain ini sangat cocok diaplikasikan pada interior indoor seperti sofa.

2. Bahan Sofa Hennessy

Kain sofa hennessy merupakan bahan kain yang terbuat dari 100% polyester. Kain ini secara umum memiliki tekstur yang hampir sama dengan kain karpet yakni tingkat ketebalan kainnya cukup sedang. Sayangnya untuk membersihkan kain sofa hennessy sedikit lebih sulit.

3. Bahan Sofa Pandora

Bahan sofa pandora memiliki tekstur serat-serat pada permukaannya sehingga mempercantik tampilan interior, selain itu kelebihan dari bahan ini halus dan lembut. Bahannya yang sangat lembut membuat kain ini lebih mudah kotor dibandingkan dengan bahan yang lain.

4. Kain Real Suede

Kain real suede merupakan sejenis material kain yang memiliki tampilan seperti bahan suede (kulit bagian dalam) dengan permukaan berbulu halus. Jenis material ini biasanya dipakai untuk keperluan upholstery maupun untuk produk pelengkap sandang seperti tas dan sepatu.

  • Bahan suede umumnya memiliki sifat yang sangat khas yakni tidak mudah panas sekalipun terkena sinar matahari secara langsung.
  • Permukaan bahan suede terkesan halus dan lembut karena sebagian besar dibuat dari kulit dalam dekat daging.
  • Bahan suede ini juga memiliki keistimewaan lain yakni lebih tahan lama bahkan hingga lima tahun apabila dirawat dengan cara yang tepat.
  • Harganya yang tergolong murah dan relatif terjangkau juga menjadi salah satu kelebihan yang dimiliki oleh bahan suede.

5. Bahan Cardillac

Bahan cardillac merupakan bahan kain yang serupa dengan vinyl premium dan dapat dipakai untuk kebutuhan sofa maupun jok. Kain ini umumnya memiliki karakteristik yang sangat khas yakni mudah dibersihkan dan anti gores.

6. Kain Kulit Sintetis Esperanza

Kain kulit sintetis esperanza termasuk ke dalam jenis bahan kain kulit sintetis yang mempunyai warna doff, bertekstur sangat mirip dengan kulit asli dan sangat nyaman jika dipakai untuk sofa.

7. Kain Kulit Sintestis Bottega

Kain kulis sintestis bottega merupakan sejenis kain sintetis yang menyerupai kulit asli dengan permukaan mengkilap yang elegan. Kain kulit sintetis ini sangat cocok dipakai untuk pembungkus sofa yang nyaman dan berkelas.

8. Kain Sofa Legacy

Kain sofa legacy termasuk ke dalam jenis kain yang sangat lembut, nyaman dan berbulu menyerupai suede. Kain ini sangat cocok bila digunakan sebagai pembungkus sofa di dalam ruangan karena memiliki sejumlah keunggulan, diantaranya:

  • Tekstur kainnya sangat lembut dan halus jadi tahan lama.
  • Bila permukaan kainnya diusap bisa jadi gelap dan terang.
  • Kain sofa legacy memiliki karakteristik sangat lentur dan nyaman dipakai untuk duduk.
  • Memiliki warna yang bagus dan menarik.
  • Terkesan mewah dan estetik.

9. Kain Sofa Daphnie

Kain sofa daphnie merupakan bahan kain untuk keperluan sofa yang mempunyai jalinan serupa linen sehingga menimbulkan efek klasik dan berkelas. Jenis kain ini cukup kuat dan tidak mudah sobek, sehingga sangat cocok untuk penggunaan outdoor.

10. Kain Oscar Safira

Bahan sofa oscar safira termasuk ke dalam jenis performance fabric yang dapat digunakan untuk membuat serta melapisi peralatan non sandang, seperti sofa, jok mobil karena sifat kainnya yang kuat, lentur dan tahan lama.

  • Secara fisik tampilan bahan sofa oscar sangat mirip dengan kulit namun kualitasnya berbeda.
  • Sofa yang dilapisi dengan bahan sofa oscar umumnya dijual dengan harga yang relatif terjangkau.
  • Bahan sofa oscar memiliki pilihan warna yang sangat beragam sehingga dapat dibuat menjadi sofa dengan berbagai macam desain yang menarik.
  • Selain digunakan sebagai bahan pelapis sofa, bahan oscar juga dapat digunakan sebagai pelapis kursi makan atau kursi kantor.
  • Bahan sofa oscar termasuk ke dalam jenis bahan yang tidak begitu rentan dengan air layaknya sofa kulit asli, jadi lebih mudah dibersihkan.

Demikian pembahasan singkat mengenai pengertian, kegunaan serta tips memilih sofa yang dapat kami bagikan untuk anda lengkap dengan rekomendasi bahan kain yang dipakai sebagai bahan pelapisnya Semoga informasi yang kami bagikan bisa membantu anda untuk lebih mudah menemukan sofa yang tepat sahabat Fitinline.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.