Article

Homepage Article Fashion Muslim Kelengkapan Busana Muslim…

Kelengkapan Busana Muslim Pria Timur Tengah

Secara umum kelengkapan yang dikenakan oleh umat muslim terdiri dari satu set penutup kepala dan baju panjang sebatas mata kaki yang berfungsi untuk menutup aurat. Penggunaan penutup kepala berupa taqiyah, ghutra, dan iqal sangat populer di negara Timur Tengah dan negara-negara Islam lainnya. Hal inilah yang menjadi ciri khas gaya berpakaian dinegara tersebut dan membedakannya dengan cara berpakaian dinegara lain. Berikut beberapa kelengkapan pakaian muslim yang biasa dikenakan oleh kaum pria di Timur Tengah. 

Ghutra

Ghutra yang memiliki nama lain kofiyah atau shemagh ini merupakan kain penutup kepala berbentuk persegi yang dibuat dari bahan katun dan dikenakan dengan cara dilipat pada bagian tengah menjadi berbentuk segitiga. Hiasan kepala ini biasa dikenakan oleh kaum laki-laki di Arab Saudi dan Qatar dalam kombinasi warna merah dan putih. Sementara di Kuait dan Bahrain ghutra yang dikenakan cenderung didominasi oleh warna putih.  

Ghutra

Sumber : http://abangdani.wordpress.com/

Igal

Igal merupakan sebuah tali panjang berwarna hitam yang dikenakan dengan cara dililitkan sebanyak dua kali untuk menahan ghutra agar tidak terlepas. Penggunaan igal yang memiliki nama lain berupa egal, agal dan aqal ini hanya dipasangkan pada bagian atas kepala dan tidak diikatkan pada bagian dahi. Igal modern umumnya dibuat dari anyaman bulu kambing hitam dan bulu domba. 

Igal

Sumber : http://www.iqrashop.com/

Taqiyah

Taqiyah merupakan topi kecil berwarna putih yang dikenakan sebagai dalaman ghutra untuk menjaganya agar tidak jatuh saat bergesekan dengan rambut yang licin. Dinegara Mesir, Sudan dan Afrika penggunaan taqiyah dalam berbagai variasi warna umumnya dikenakan tanpa penutup kepala lain. 

Taqiyah

Sumber : http://en.wikipedia.org/

Dishdasha atau Thobe

Dishdasha atau thobe merupakan jubah panjang berpotongan longgar dengan panjang sampai sebatas mata kaki yang dikenakan oleh kaum pria Timur Tengah. Pakaian ini biasanya dikombinasikan dengan celana putih longgar yang dikenal dengan nama sarwal. Selama musim panas kaum pria dinegara tersebut umumnya mengenakan thobe berwarna putih, sementara pada saat musim dingin thobe warna gelap dari bahan wol yang tebal menjadi alternatif lain untuk menghangatkan tubuh dari cuaca dingin.

Thobe

Sumber : http://saudi9117-blogger.blogspot.com/

Bisht atau Aba

Bisht atau aba merupakan jubah berukuran panjang yang biasanya dikenakan oleh para pemuka agama dan pejabat pemerintah tingkat tinggi di Timur Tengah untuk menutupi thobe. Bisht yang berkualitas umumnya dibuat dari kain katun atau bulu domba dengan hiasan sulaman benang emas, yang disebut dengan Mogasab dalam bahasa Arab. 

Bisht

Sumber : http://uksura.web.fc2.com/

Semoga bermanfaat.

Tags:baju muslim terbaru, baju gamis terbaru, baju gamis trendy, baju muslim modern

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.