Article

Homepage Article Kain Kelebihan dan Kekurangan…

Kelebihan dan Kekurangan Bahan Microtex / Kain Microtex Untuk Sprei

Butuh rekomendasi bahan sprei berkualitas yang bagus dipakai untuk melapisi kasur atau tempat tidur?. Sebagai referensi mungkin anda bisa memilih bahan microtex / kain microtex yang belakangan sering digunakan untuk sprei karena karakteristik kainnya terkenal lembut, kuat, tahan lama, serta tidak luntur.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Bahan Microtex

Bahan microtex termasuk ke dalam salah satu bahan sprei berkualitas tinggi yang menawarkan kenyamanan beristirahat karena dibuat dari pengembangan teknologi microfiber terkini dengan memanfaatkan serat polyester jenis baru untuk menghasilkan kain yang super halus, lembut, kuat serta tidak luntur.

Sprei Microtex

Sumber : https://www.jd.id/product/

Kelebihan Bahan Microtex

Sama halnya dengan bahan sprei berkualitas tinggi lainnya, bahan microtex yang terbuat dari benang sintetis ini pada prinsipnya juga menawarkan banyak keistimewaan tersendiri. Beberapa keunggulan yang dimiliki bahan microtex / kain microtex diantaranya:

1. Tekstur Kainnya Lembut

Bahan microtex / kain microtex untuk sprei memiliki tekstur kain yang lembut dan tidak mengandung benang pendek, sehingga akan meningkatkan sirkulasi udara dan menyaring kelembapan udara dengan cepat.

  • Karakteristik kainnya yang lembut ketika dipakai membuatnya sulit tergantikan oleh serat lain.
  • Kainnya yang halus dan lembut juga akan menambah kenyamanan anda saat beristirahat atau tidur.

Sprei Microtex

Sumber : https://www.lazada.co.id/

2. Tidak Berbulu / Berpasir

Bahan microtex umumnya tidak akan berbulu atau berpasir meskipun sering digunakan karena tingkat kerapatan yang dimilikinya sangat tinggi. Atas dasar itulah bahan microtex / kain microtex menjadi salah satu bahan yang paling banyak digunakan untuk membuat sprei.

3. Lebih Tahan Lama

Bahan microtex untuk sprei memiliki jenis serat yang terbilang tahan lama jika dibandingkan dengan jenis bahan lainnya. Jadi selain lembut bahan microtex sebenarnya juga mempunyai daya tahan yang kuat, lebih awet dan bisa digunakan untuk jangka waktu lama.

4. Banyak Pilihan Warnanya

Bahan microtex tersedia dalam berbagai pilihan warna yang sangat bervariasi dan dapat dipilih sesuai kebutuhan pemakainya. Tidak hanya terbatas pada warna-warna netral, bahan microtex ini umumnya juga banyak dibuat dalam warna-warna cerah.

Sprei Microtex

Sumber : https://shopee.co.id/

Untuk proses pewarnannya sendiri bahan microtex ini biasa diwarnai dengan zat warna disperse yang memang dibuat untuk proses printing pewarnaan kain berbahan dasar serat sintetis, termasuk polyester ataupun sejenisnya.

  • Bahan disperse termasuk ke dalam jenis zat warna yang dikembangkan setelah ditemukannya bahan plastis buatan yaitu poliester.
  • Bahan disperse biasa dilakukan untuk untuk mewarnai serat-serat tekstil yang bersifat hidrofobik karena kelarutannya dalam air sangat sedikit.
  • Mekanisme pewarnaan yang digunakan yakni dengan memanfaatkan sifat hidrofobik (sifat tidak suka air) dari keduanya.

5. Bahannya Anti Luntur

Bahan microtex dibuat menggunakan teknologi disperse printing sehingga kain yang dihasilkan terkenal anti luntur dan memiliki kualitas warna yang bagus. Walaupun sudah dicuci berkali-kali warna kainnya pun akan tetap cemerlang.

6. Pilihan Motifnya Bervariasi

Bahan microtex dibuat dalam berbagai pilihan motif yang sangat bervariasi. Untuk membuat kamar tidur jadi lebih modern dan tampak cerah, anda bisa menggunakan sprei dari bahan microtex yang dihias dengan motif geometris, motif floral dan motif menarik lainnya.

Sprei Microtex

Sumber : https://www.tomomi.co.id/

7. Bagus Untuk Kulit

Bahan microtex diklaim baik untuk kesehatan kulit karena memiliki permukaan kain yang dapat meningkatkan sirkulasi udara dan memungkinkannya untuk menyaring kelembaban dengan cepat.

8. Tidak Mudah Kusut

Karakteristik berikutnya yang paling melekat pada bahan microtex yaitu kainnya cenderung tidak mudah kusut atau berkerut. Dengan begitu tampilan kainnya akan senantiasa tetap rapi meski dipakai dalam waktu lama bahkan tanpa perlu disetrika.

Sprei Microtex

Sumber : https://zilingotrade.id/

9. Mudah Dibersihkan

Sprei berbahan microtex juga sangat mudah dibersihkan dan noda apapun yang menempel pada sprei sangat mudah dihilangkan saat proses pencucian. Hal ini tentunya akan lebih mempermudah anda dalam merawat kain sprei.

Beberapa langkah mudah yang bisa anda lakukan untuk merawat sprei berbahan microtex diantaranya:

  • Pertama pisahkan sprei dengan cucian lainnya terutama pakaian.
  • Untuk meringankan proses pencucian rendam sprei dalam campuran air dan detergen selama kurang lebih 30 menit.
  • Dalam memilih detergen hal pertama yang harus anda ingat yaitu pastikan anda tidak menggunakan deterjen yang terlalu keras.
  • Meskipun dapat membersihkan noda dengan cepat, penggunaan deterjen yang terlalu keras ternyata hanya akan memperpendek usia sprei.
  • Cuci sprei sesegera mungkin apabila proses perendaman sudah selesai dilakukan, lalu bilas hingga bersih dan tidak ada sisa busa sabun yang tertinggal.
  • Setelah dicuci dan dibilas, keringkan sprei dengan cara diperas lalu dijemur di tempat yang terbuka namun tidak terkena sinar matahari langsung  agar warnanya tidak mudah kusam.

10. Lebih Mudah Kering

Selain perawatannya mudah, alasan lain mengapa bahan microtex / kain microtex banyak dipilih menjadi bahan dasar sprei yaitu karena bahannya lebih mudah kering. Sebab bahan yang satu ini telah dirancang khusus agar susunan benangnya yang sangat rapat mampu kering dengan cepat.

Kekurangan Bahan Microtex

Dibalik sejumlah kelebihan yang ditawarkannya bahan microtex / kain microtex untuk sprei ini nyatanya juga tidak luput dari kekurangan. Beberapa kekurangan sprei yang terbuat dari bahan microtex diantaranya:

  • Bahan microtex / kain microtex tidak mempunyai tingkat kesejukan yang tinggi seperti yang dihadirkan bahan katun.
  • Tingkat kelembutan bahan microtex juga masih dibawah bahan katun.

Kesimpulan

Sampai di sini dulu pembahasan singkat mengenai sejumlah kelebihan dan kekurangan bahan microtex / kain microtex untuk sprei yang dapat kami bagikan untuk anda. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan bagi anda untuk menemukan bahan sprei yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan ya.

Simak juga pembahasan mengenai Rekomendasi 10 Jenis Kain Sprei Terbaik dan Cara Merawatnya kalau anda mau tahu lebih banyak lagi tentang jenis-jenis bahan kain terbaik yang dapat dipakai untuk membuat sprei.

Kalau anda lebih tertarik untuk membuat sprei sendiri tapi masih bingung dimana bisa mendapatkan bahan kain yang berkualitas, maka sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi kain sprei yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.