Article

Homepage Article Kain Karakteristik Kain Toyobo…

Karakteristik Kain Toyobo dan Pemanfaatannya Dalam Industri Fashion

Mencari bahan kain yang bagus untuk membuat gamis, kemeja pria, tunik, baju koko, blus wanita,  pashmina, outer dan rok wanita?. Bila anda ingin mendapatkan bahan kain yang adem, nyaman di kulit dan memiliki daya serap keringat cukup bagus mungkin anda bisa memanfaatkan kain toyobo sebagai bahan utamanya.

Pengertian Kain Toyobo

Kain toyobo merupakan sejenis bahan kain dari keluarga katun yang halus dan lembut. Jika dibandingkan dengan katun jepang yang biasa, kain toyobo ini memiliki karakteristik sedikit lebih tebal, lebih jatuh dan cenderung glossy, jadi kalau digunakan untuk membuat pakaian tidak perlu tambahan furing lagi.

Berbicara mengenai asal usul kain toyobo, jadi nama “toyobo” sendiri konon diambil dari nama perusahaan tekstil raksasa di Jepang yang bernama Toyoboseki Kabushiki-gaisha. Selain membuat kain toyobo perusahaan tersebut juga diketahui memproduksi beberapa jenis kain lainnya seperti poliester, nilon dan akrilik. 

Karakteristik Kain Toyobo

Sebagai salah satu bahan kain yang berkualitas tinggi kain toyobo jelas memiliki karakteristik khusus yang membuatnya tampak begitu istimewa. Beberapa karakteristik paling khas dari kain toyobo yang perlu anda ketahui diantaranya:

1. Halus dan Tidak Mengkilat

Kain toyobo memiliki tekstur yang halus dan lembut kerena diciptakan dari serat alami berupa kapas sehingga lebih nyaman digunakan untuk beraktifitas. Meski bahannya terkesan sangat halus dan llembut bukan berarti bahan ini memiliki permukaan yang mengkilat.

2. Serat Kainnya Rapat

Jika dibanding dengan kain katun biasa, serat kain katun toyobo umumnya cenderung lebih rapat dan lembut sehingga sangat cocok digunakan dalam berbagai situasi, baik itu cuaca panas maupun dingin.

  • Kain toyobo termasuk ke dalam jenis bahan kain dengan kualitas yang baik.
  • Serat kain toyobo kuat dan rapat, selain itu serabut benangnya juga tidak mudah terurai.

Kain Toyobo

Sumber : https://fitinline.com/

3. Kuat dan Tidak Mudah Rusak

Kain toyobo memiliki karakteristik yang kokoh, kuat dan tidak mudah rusak. Dengan pemakaian yang tepat, kain toyobo bahkan bisa awet hingga bertahun-tahun lamanya asal dipakai dan dirawat dengan cara yang tepat.

4. Mudah Menyerap Keringat

Kain toyobo bersifat dingin dan menyejukkan, bahkan lebih dingin dari kain wolfis atau wollycrepe karena memiliki daya serap keringat yang sangat baik.

  • Kain toyobo sangat cocok dipakai di daerah yang beriklim tropis seperti Indonesia karena bahannya sangat adem.
  • Saat cuaca panas kain toyobo bisa meminimalisir rasa gerah yang dirasakan tubuh akibat meningkatnya suhu sekitar.

5. Tebal dan Tidak Menerawang

Kain toyobo cukup tebal dan tidak menerawang namun tetap bertekstur lembut, jatuh, serta nyaman dipakai. Karena tidak menewarang penggunaan furing pada pakaian yang dibuat dari kain toyobo pun sifatnya tidak wajib (bisa pakai bisa tidak).

  • Kain toyobo sangat cocok jika digunakan sebagai bahan utama pakaian formal maupun non-formal.
  • Ketebalan bahan kain katun toyobo juga sangat pas, oleh karenanya kain ini tidaklah menerawang.

Kain Toyobo

Sumber : https://www.tokomoda.com/

6. Tidak Mencetak Tubuh

Karakteristik bahannya tidak transparan dan tidak mencetak tubuh, sehingga sangat cocok untuk untuk membuat bahan pakaian pria maupun pakaian wanita yang anggun dan elegan.

7. Tidak Menyebabkan Alergi

Kain toyobo tergolong aman digunakan bahkan untuk orang yang berkulit sensitif sekalipun. Hal itu dikarenakan bahan kain toyobo benar-benar lembut, nyaman dan aman digunakan sehingga mampu menjaga kulit agar terhindar dari alergi.

Kain Toyobo

Sumber : https://www.yameenfabrics.com/

8. Bahannya Terkesan Jatuh

Kain toyobo bersifat jatuh dan luwes meskipun termasuk ke dalam jenis kain yang cukup tebal. Dengan karakteristiknya yang demikian unik kain toyobo sangat mudah untuk dijahit dan dibentuk menjadi berbagai model busana sesuai dengan keinginan.

9. Tidak Mudah Kusut

Kain toyobo termasuk ke dalam jenis bahan kain yang tidak mudah kusut. Sekalipun digunakan seharian untuk berbagai kegiatan, tampilan kainnya akan tetap rapi dan tertata.

  • Kain toyobo memiliki kelebihan tersendiri karena bahannya tidak mudah kusut ataupun lecek.
  • Karena tidak mudah kusut jenis kain ini juga tidak membutuhkan perawatan yang khusus untuk bisa mempertahankan kualitas bahannya.

10. Pilihan Warnanya Banyak

Kain toyobo sangat mudah untuk didapatkan dan bisa dijumpai dalam berbagai warna yang cukup beragam. Semakin banyak pilihan warna yang ditawarkan akan membuat wanita lebih tertarik untuk mengenakannya.

Kain Toyobo

Sumber : https://fitinline.com/

Butuh bahan kain toyobo berkualitas dengan harga murah untuk membuat pakaian pria dan pakaian wanita?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Toyobo dari kami.

Pemanfaatan Kain Toyobo

Terkait dengan pemanfaatannya dalam dunia fashion, kain toyobo sendiri pada prinsipnya dapat digunakan untuk membuat berbagai produk pakaian pria dan pakaian wanita dengan berbagai jenis desain. Beberapa contoh produk pakaian pria dan pakaian wanita yang dapat dibuat dari kain toyobo diantaranya:

1. Gamis Pria

Gamis pria merupakan pakaian yang diciptakan dalam bentuk terusanlurus, panjang dan longgar untuk menutupi seluruh bagian badan mulai dari leher sampai ke mata kaki. Gamis yang dibuat untuk pria biasanya seringkali dipadukan dengan izaar (sarung) atau bantholun (celana pantalon) di bagian dalamnya.

  • Gamis pria yang dibuat dari kain toyobo memiliki karakteristik adem, halus, lembut, ringan dan agak mengkilap.
  • Ketahanan warna gamis toyobo tidak perlu diragukan lagi begitu pula dengan keawetan warnanya.
  • Ketebalan kain katun toyobo sangat pas untuk membuat berbagai model baju gamis pria karena bahannya tidaklah menerawang.

Kain Toyobo

Sumber : https://shopee.co.id/

Ingin membuat gamis pria tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Sebagai referensi ada bisa mendownload Pola Jubah/Gamis Pria siap pakai dari kami.

2. Gamis Wanita

Gamis wanita menjadi salah satu produk pelengkap sandang yang juga banyak dibuat dari kain toyobo. Untuk urusan desain atau modelnya gamis wanita yang dibuat dari kain toyobo sendiri dapat dijumpai dalam berbagai macam variasi model, mulai dari gamis toyobo model simple hingga model yang rumit.

  • Gamis toyobo dapat dimanfaatkan sebagai pelengkap gaya penampilan formal, semi formal dan juga casual.
  • Gamis toyobo umumnya dapat dijumpai dalam berbagai warna dan ukuran yang berbeda-beda jadi dapat dipilih dengan bebas sesuai kebutuhan anda.
  • Gamis toyobo dapat dikenakan dengan hijab segi empat, pashmina dan berbagai model hijab lainnya.

Kain Toyobo

Sumber : https://www.blibli.com/

Ingin membuat gamis wanita tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Sebagai referensi ada bisa mendownload pola gamis wanita siap pakai dari kami.

Pola baju gamis wanita model lurus merupakan pola gamis yang bagian badannya ber-potongan lurus tanpa lekukan pinggang.

Pola baju gamis wanita model berpinggang merupakan pola gamis yang bagian badannya memiliki lekukan pinggang.

3. Kemeja Pria

Kemeja pria merupakan sebuah pakaian khusus yang didesain untuk menutupi bagian lengan, dada, bahu, serta tubuh pemakainya sampai bagian perut. Bergantung pada selera penggunanya kemeja pria yang dibuat dari kain toyobo umumnya bisa dijumpai dalam bentuk lengan panjang maupun pendek.

Selain dibedakan berdasarkan panjang lengannya kemeja pria yang dibuat dari kain toyobo inipun secara garis besar juga dapat dibedakan kedalam berbagai macam siluet, bisa berbentuk slim fit ataupun regular fit.

  • Kemeja slim fit dikenal sebagai salah satu model kemeja pria yang memiliki potongan pas di badan mengikuti body atau bentuk tubuh pemakainya.
  • Sedangkan untuk kemeja yang berpotongan regular atau kemeja pria standar umumnya memiliki potongan yang relatif lebih longgar.

Kain Toyobo

Sumber : https://www.allbasicstore.com/

Ingin membuat kemeja pria tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Sebagai referensi ada bisa mendownload pola Kemeja Pria (Standar), Pola Kemeja Pria Dewasa Ukuran SNI, Pola Kemeja Kasual Slimfit dan Pola Kemeja Kasual Reguler siap pakai dari kami.

4. Baju Tunik

Baju tunik menjadi produk pelengkap fashion berikutnya yang juga bisa dibuat dari kain toyobo. Baju tunik sendiri merupakan sejenis pakaian longgar yang menutupi dada, bahu serta bagian punggung dan panjangnya bisa sampai menutupi lutut hingga pertengahan betis.

  • Baju tunik yang dibuat dari kain toyobo aman digunakan untuk orang yang berkulit sensitif agar terhindar dari bahaya iritasi maupun alergi.
  • Baju tunik yang dibuat dari kain toyobo sangat mudah menyerap keringat dan meminimalisir rasa gerah yang dirasakan tubuh akibat meningkatnya suhu sekitar.
  • Baju tunik yang dibuat dari kain toyobo sangat mudah dibersihkan apabila kotor dan proses pengeringannya juga sangat cepat.

Kain Toyobo

Sumber : https://www.tokopedia.com/

5. Blus Wanita

Blus wanita yang diciptakan dalam model cukup longgar juga dapat dibuat dari kain toyobo. Blus wanita yang dibuat dari bahan dasar kain toyobo pun biasanya akan terlihat sangat bagus dan terkesan anggun karena bahan dasarnya yang lembut dan jatuh.

Sama halnya dengan gamis atau tunik, sebuah blus pada prinsipnya juga memiliki ciri-ciri khusus yang membedakannya dengan jenis pakaian lain.

  • Pertama blus wanita tidak selalu menggunakan kancing penuh pada bagian depannya.  
  • Beberapa blus wanita ada yang dilengkapi dengan manset dan kerah namun ada juga yang tidak.
  • Bentuk kerah yang ada pada blus wanita sangat beragam dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan.
  • Lengan yang diaplikasikan pada blus wanita dapat dibuat dalam berbagai variasi model dan ukuran.
  • Bagian bawah baju blus wanita tampak menggantung saat dikenakan.

Kain Toyobo

Sumber : https://www.lazada.co.id/

Ingin membuat blus wanita tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Sebagai referensi ada bisa mendownload Pola Blus Wanita Dewasa Ukuran SNI dan Pola Blus Wanita Dewasa siap pakai dari kami.

6. Baju Koko

Baju koko merupakan salah satu jenis baju yang biasa dikenakan oleh pria muslim untuk kegiatan-kegiatan keagamaan. Ciri paling khas yang membedakan baju koko dengan jenis pakaian lainnya yaitu:

  • Baju koko memiliki kerah yang pendek dan tidak mempunyai lipatan kerah.
  • Baju koko biasanya juga dibuat dalam warna polos dan tidak bergambar.
  • Kalaupun ada gambarnya paling hanya berupa segaris motif sulaman atau bordir yang tidak terlalu mencolok.
  • Baju koko ada yang dibuat berlengan panjang ataupun pendek.
  • Pada sisi sebelah kiri kanan pinggang baju koko biasanya terdapat belahan sepanjang 15 cm.

Kain Toyobo

Sumber : https://shopee.co.id/

Ingin membuat baju koko tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Sebagai referensi ada bisa mendownload Pola Baju Koko Ala Dude Herlino siap pakai dari kami.

7. Jilbab Pashmina

Jilbab pashmina merupakan salah satu produk fashion wanita yang lebih dikenal banyak orang sebagai selendang berukuran besar. Salah satu kelebihan jilbab pashmina yang dibuat dari bahan kain toyobo yaitu mudah untuk dikenakan dan dikreasikan ke dalam berbagai model jilbab yang menarik.

  • Jilbab pashmina dari kain toyobo umumnya memiliki bahan yang ringan dan adem saat dikenakan.
  • Jilbab pashmina dari kain toyobo terlihat cantik karena tersedia dalam banyak pilihan warna.
  • Jilbab pashmina dari kain toyobo terbilang sangat kuat dan serabut benangnya tidak mudah terurai.

Kain Toyobo

Sumber : https://shopee.co.id/

8. Outer

Outer sekarang juga banyak yang dibuat dari kain toyobo. Untuk urusan desain atau modelnya outer dari kain toyobo dapat dijumpai dalam berbagai variasi model yang cukup beragam. Salah satu yang cukup populer yakni berupa long cardigan yang terkesan classy dan santai dalam satu waktu bersamaan.

  • Kombinasi paling ideal kenakan long cardigan berbahan toyobo dibagian luar busana penutup tubuh bagian atas dan bawah yang didesain dalam bentuk terpisah.
  • Khusus untuk anda yang berhijab anda bisa juga memadukan maxi dress dengan long cardigan sebagai pelengkap gaya penampilan.

Kain Toyobo

Sumber : https://shopee.co.id/

9. Rok Wanita

Kain toyobo dapat juga digunakan untuk membuat rok wanita dengan berbagai macam model. Rok wanita sendiri merupakan busana penutup tubuh bagian bawah yang dibuat langsung menjadi satu bagian untuk menutupi seluruh atau sebagian kaki pemakainya.

  • Berdasarkan ukuran panjangnya rok wanita secara umum dapat dibagi menjadi enam kategori yakni berupa rok micro, rok mini, rok kini, rok midi, rok maxi dan rok floor.
  • Sementara kalau berdasarkan siluetnya rok wanita bisa dibedakan menjadi tujuh kategori yakni berupa rok dari pola dasar, rok span, rok pias, rok kerut, rok kembang, rok lipit dan rok bertingkat.

Kain Toyobo

Sumber : https://shopee.co.id/

Mau tampil setingkat lebih modis dan stylish dalam balutan rok tapi masih suka kesulitan untuk menemukan ukuran rok yang sesuai dengan badan anda?. Untuk anda yang mau mencoba membuat rok sendiri anda bisa menyimak video Cara Membuat Pola Rok dan Teknik Menjahit Rok Span dari kami.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat tentang karakteristik kain toyobo dan pemanfaatannya dalam berbagai produk sandang yang dapat kami bagikan untuk anda. Dari penjelasan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa selain memiliki karakteristik yang sangat khas pemanfaatan kain toyobo ternyata juga sangat luas ya.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah tapi masih bingung dimana anda bisa mendapatkannya?. Sekarang anda tidak perlu bingung lagi karena Fitinline menyediakan banyak pilihan kain yang anda butuhkan.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.