Article

Homepage Article Kain 8 Cara Ampuh Menghentikan…

8 Cara Ampuh Menghentikan Efek Listrik Statis Pada Pakaian

Sudah menemukan pakaian yang sempurna untuk pelengkap gaya penampilan kamu tapi saat dipakai ternyata listrik statis yang terdapat pada pakaian tersebut membuatmu merasa tidak nyaman dan sangat mengganggu penampilan. Untuk menghilangkan efek listrik statis tersebut simak tips berikut yuk.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Listrik Statis

Listrik statis pada pakaian merupakan efek yang terjadi ketika muatan listrik positif dan negatif terakumulasi pada permukaan pakaian dan menyebabkan beberapa efek yang dapat dirasakan tubuh ketika pakaian tersebut dikenakan.

Beberapa efek listrik statis pada pakaian diantaranya:

  • Pakaian yang bermuatan listrik statis cenderung menarik debu ketika dipakai di lingkungan yang berdebu.
  • Pakaian yang bermuatan listrik statis dapat melekat pada benda-benda lain misal kursi plastik atau furnitur lainnya.
  • Pakaian yang bermuatan listrik statis dapat membuat tubuh merasa tidak nyaman. Dalam hal ini mungkin kamu akan merasakan sensasi seperti gatal saat mengenakan pakaian yang bermuatan listrik
  • Pakaian yang bermuatan listrik statis dapat menempel di tubuh dan sangat mengganggu penampilan.

Cara Menghilangkan Listrik Statis

Terkait dengan hal tersebut lantas bagaimana cara terbaik yang dapat dilakukan untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan efek listrik statis pada pakaian?. Sebagai referensi mungkin kamu dapat melakukan beberapa langkah sederhana seperti berikut.

1. Gunakan Gantungan Kawat

Untuk menghilangkan muatan listrik statis pada pakaian dengan cara cepat, kamu bisa menempatkan gantungan kawat di atas pakaian setelah pakaian tersebut dicuci dan dikeringkan. Tapi jika pakaian akan digantung, kamu bisa menggantung pakaian yang saling melekat dan mengandung listrik statis dengan gantungan kawat.

Menghilangkan Listrik Statis

Sumber : https://www.lazada.co.id/

2. Selipkan Peniti ke Dalam Pakaian

Selipkan peniti logam kemudian masukkan ke dalam pakaian untuk menyerap listrik statis. Dengan cara tersebut maka peniti akan menyerap listrik statis yang terdapat di pakaian tersebut.

Menghilangkan Listrik Statis

Sumber : https://www.containerstore.com/

Simak juga 10 Fakta Menarik Tentang Peniti Yang Mungkin Belum Kamu Tahu.

3. Gosokkan Benda Logam

Gosokkan benda logam seperti halnya sendok, garpu, obeng dan benda logam lain pada pakaian untuk mengumpulkan muatan listrik statis. Tapi ingat pastikan benda logam yang kamu gosok pada pakaian benar-benar besih agar tidak menimbukan masalah lain di kemudian hari.

Selain itu kamu juga bisa menggunakan bidal (sarung jari) yng dibuat dari bahan logam untuk menghilangkan listrik statis pada pakaian. Caranya yaitu:

  • Pasang bidal dari logam pada jari-jari tangan kamu.
  • Gosokkan bidal pada permukaan pakaian untuk mengurangi muatan listrik statis.

Menghilangkan Listrik Statis

Sumber : https://www.tokopedia.com/

4. Semprotkan Hairspray

Cara lain semprotkan hairspray pada pakaian tepat sebelum kamu mengenakan pakaian tersebut agar efek yang dimiliki hairspray tidak luntur atau memudar.

  • Hairspray merupakan salah satu produk penataan rambut yang dapat digunakan untuk menghilangkan listrik statis pada rambut dan menata rambut setiap hari.
  • Selain dipakai untuk merapikan rambut bahan yang terkandung pada hairspray bisa juga digunakan untuk mencegah terbentuknya listrik statis pada pakaian.

Menghilangkan Listrik Statis

Sumber : https://www.shefinds.com/

Untuk menghilangkan efek listrik statis pada pakaian dengan hairspray sendiri caranya yaitu:

  • Posisikan hairspray sejauh 30 hingga 60 cm dari pakaian.
  • Semprot pakaian selama 3 hingga 4 detik agar pakaian terlapisi hairspray tapi tidak sampai basah.

Jika kamu khawatir, kandungan yang terdapat pada hairspray akan membuat pakaian menjadi rusak atau kotor maka kamu bisa menyemprotkan hairspray ke bagian dalam pakaian dengan cara membaliknya terlebih dahulu sebelum di semprot.

5. Semprot Pakaian Dengan Air

Semprotkan air pada sisi luar pakaian yang terasa menempel ke tubuh akibat listrik statis tapi jangan sampai pakaian tampak basah. Dengan cara ini listrik statis yang ada pada pakaian tidak akan kembali lagi walau pakaian yang kamu kenakan kering.

Langkah-langkah menghilangkan efek listrik statis pada pakaian dengan air yaitu:

  • Pertama-tama siapkan botol semprot yang diisi dengan air hangat.
  • Posisikan botol emprot sejauh 30 hingga 60 cm dari pakaian.
  • Semprotkan air hangat secukupnya tanpa membuat pakaian basah atau lembap untuk menetralkan muatan listrik statis yang membuat pakaian saling menempel.

6. Gunakan Semprotan Anti Statis

Gunakan semprotan anti statis untuk membantu menghilangkan efek listrik statis pada pakaian dengan cepat. Cara penggunaannya yaitu cukup semprotkan produk ini ke bagian yang kamu rasa suka menempel ke tubuh akibat listrik statis.

Menghilangkan Listrik Statis

Sumber : https://www.amazon.se/

7. Ubah Cara Pencucian

Sebagai solusi jangka panjang kamu harus mengubah cara mencuci pakaian. 

  • Cuci dan keringkan pakaian yang terbuat dari serat sintetis secara terpisah dari pakaian berbahan serat alami.
  • Gunakan kondisioner khusus kain untuk membantu karena mengurangi gesekan antar kain, supaya tidak memicu adanya listrik statis.
  • Pastikan untuk tidak mengeringkan pakaian secara berlebihan, karena hal ini dapat memicu lebih banyak statis pada pakaian.
  • Keringkan pakaian secara manual dengan cara menjemurnya untuk mencegah terbentuknya listrik statis.

Kalau kamu masih ingin menggunakan mesin pengering, maka kamu bisa menambahkan dryer ball (bola karet yang membantu mengeringkan dan melembutkan pakaian) ke dalam mesin pengering sebelum kamu memasukkan pakaian yang masih basah.

Menghilangkan Listrik Statis

Sumber : https://www.ebay.com/

Setelahnya kibaskan pakaian sebanyak 2-3 kali ketika kamu mengeluarkannya dari pengering untuk mencegah terbentuknya listrik statis ketika pakaian tersebut diletakkan pada permukaan kain yang lain.

Menghilangkan Listrik Statis

Sumber : https://www.idntimes.com/

8. Oleskan Lotion di Kulit

Oleskan losion pada kulit ke pakaian untuk mencegah pakaian menempel pada tubuh kamu. Dengan cara ini dijamin baju yang kamu pakai gak bakal melekat di tibuh dan mengganggu penampilanmu lagi.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan listrik statis pada pakaian. Dengan menerapkan sejumlah tips dan trik seperti yang sudah disebutkan di atas semoga kamu bisa mengurangi efek listrik statis pada pakaian dengan lebih mudah.

Untuk kamu yang ingin membuaat baju sendiri tapi masih bingung harus mencari kainnya di mana, maka kamu bisa memesan Bahan Kain secara online dari kami.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.