Article

Homepage Article Fashion Design 12 Jenis Produk Casual Wear…

12 Jenis Produk Casual Wear dan City Wear

Mau tampil lebih keren dalam setiap kesempatan formal maupun casual?. Biar tidak salah pilih baju, kenali dulu yuk jenis-jenis fashion item yang termasuk ke dalam kategori casual wear dan city wear berikut.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Busana Casual Wear dan City Wear

Busana dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang dikenakan untuk melindungi tubuh maupun memperindah tampilan pemakainya. Khusus untuk pelengkap gaya penampilan sehari-hari busana yang dirancang oleh para desainer sendiri secara umum dapat dibedakan dalam dua jenis yakni casual wear dan city wear.

  • Casual Wear

Casual wear merupakan koleksi busana yang dapat dikenakan di waktu santai. Pakaian casual ini selalu identik dengan kaos oblong, celana jeans, sandal atau sepatu sneakers.

  • Busana casual biasanya memiliki desain yang lebih simple.
  • Busana casual lebih mengutamakan kesederhanaan dalam hal cutting.  
  • Busana casual tidak memiliki motif yang ramai tapi tetap menarik.
  • Busana casual kebanyakan terbuat dari bahan yang nyaman dipakai.
  • City Wear

Sementara koleksi busana yang konsepnya lebih ke city wear bisa digunakan oleh siapapun serta kalangan apapun karena cocok untuk acara formal maupun non fromal.

  • Busana city wear dapat dikemas dalam konsep yang ringan, simple, unik dan berkelas.
  • Busana city wear dapat dikenakan dalam acara formal maupun acara yang sifatnya non formal.

Produk Casual Wear dan City Wear

Terkait dengan hal tersebut lantas apa saja ya jenis-jenis fashion item yang termasuk ke dalam kategori casual wear dan city wear. Untuk lebih jelasnya anda bisa menyimak pembahasan berikut.

1. T-shirt

T-shirt atau kaos oblong termasuk ke dalam jenis fashion item casual yang didesain untuk menutupi sebagian lengan, seluruh dada, bahu dan perut. Ciri paling khas yang membedakan kaos oblong dengan kaos yang lainnya yaitu kaos oblong biasanya tidak memiliki kancing, kerah ataupun saku.

Casual Wear dan City Wear

Sumber : https://www.asket.com/

Butuh bahan kain berkualitas untuk membuat kaos oblong?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat koleksi Bahan Kaos yang kami miliki.

2. Cardigan

Cardigan dapat didefinisikan sebagai salah satu jenis busana penutup tubuh bagian atas yang memiliki desain terbuka di bagian depan.

  • Cardigan dapat difungsikan sebagai penghangat tubuh atau item pelengkap fashion saja.
  • Cardigan sangat mudah dikreasikan sebagai pelengkap gaya penampilan casual maupun penampilan formal.
  • Cardigan cocok digunakan oleh semua gender baik pria maupun wanita.

Casual Wear dan City Wear

Sumber : https://ryan-roche.com/

3. Denim Wear

Denim wear dikenal sebagai sebagai salah satu jenis fashion item yang memiliki karakteristik cukup kokoh dan kuat. Sebagai pelengkap gaya penampilan pria dan wanita terdapat banyak sekali produk berbahan dasar kain denim yang dapat diandalkan untuk keperluan sehari-hari.

Beberapa jenis fashion item yang dimaksud antara lain berupa celana denim, jaket denim, overall denim, rok denim, tas denim dan berbagai produk lain yang tidak kalah unggul dari segi kualitas.

4. Jackets

Jakets alias jaket merupakan sejenis outer yang dapat dipakai untuk menahan angin dan cuaca dingin. Jaket ini biasanya dibuat dalam berbagai macam ukuran panjang dengan bukaan jaket yang terletak di bagian depan dari leher ke bawah.

Casual Wear dan City Wear

Sumber : https://id.pinterest.com/

Sebagai pelengkap gaya penampilan pria dan wanita jaket inipun umumnya dapat dijumpai dalam berbagai macam model yang cukup bervariasi sebut saja jaket bomber, jaket varsity, jaket parka, jaket puffer, jaket harrington, jaket sukajan dan jaket windbreaker.

Tertarik untuk membuat  jaket bomber, jaket varsity, jaket parka dan jaket puffer sendiri tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Sebagai referensi mungkin anda bisa medownload pola jaket siap pakai dari kami.

5. Sweater

Sweater merupakan sebuah pakaian hangat berlengan panjang yang diciptakan tanpa penambahan kerah dan kancing pada bagian depannya. Bahan yang dipakai untuk membuatnya kebanyakan berupa wool, bahan rajut dan cashmere.

Casual Wear dan City Wear

Sumber : https://www.cuyana.com/

6. Blouse

Blouse dapat dikategorikan ke dalam salah satu jenis item fashion yang dapat dikenakan dalam berbagai acara yang sifatnya formal maupun casual. Beberapa ciri paling khas yang membedakan baju blus wanita dengan jenis pakaian lain diantaranya:

  • Baju blus wanita tidak selalu menggunakan kancing penuh pada bagian depannya.
  • Beberapa baju blus wanita ada yang dilengkapi dengan kerah namun ada juga yang tidak.
  • Model kerah baju blus wanita sangat beragam dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan.
  • Baju blus wanita tidak selalu menggunakan manset.      
  • Bagian bawah baju blus wanita tampak menggantung saat dikenakan.

Casual Wear dan City Wear

Sumber : https://www.muji.com/

7. Blazer

Blazer dapat didefinisikan sebagai salah satu item fashion yang memiliki bentuk sangat mirip seperti jas tetapi potongannya tampak jauh lebih santai.

  • Sebagai pelengkap gaya penampilan wanita, blazer ini tidak harus selalu dipadukan dengan blus dan rok tapi bisa juga dikenakan kaos oblong dan celana jeans.
  • Kalau untuk pelengkap gaya penampilan pria, blazer ini dapat dipadukan dengan celana bahan dan kemeja bisa juga dikenakan kaos oblong dan celana jeans.

Casual Wear dan City Wear

Sumber : https://www.ministryofsupply.com/

8. Shirts

Shirts alias kemeja termasuk ke dalam jenis wardrobe essential yang bisa diandalkan sebagai pakaian sehari-hari. Untuk acara yang sifatnya formal anda bisa memilih kemeja yang didesain dalam potongan regular, kalau untuk acara yang lebih casual anda bisa memilih kemeja slim fit.

9. Skirts

Skirts alias rok menjadi fashion item berikutnya yang juga dapat dikenakan dalam berbagai acara casual maupun acara yang sifatnya lebih formal. Tinggal bagaimana anda memadupadankannya dengan busana penutup tubuh bagian atas yang sesuai.

Casual Wear dan City Wear

Sumber : https://id.pinterest.com/

10. Suits

Suits merupakan istilah yang biasa digunakan untuk menyebutkan setelan jas. Setelan ini biasanya terdiri dari jas dan bawahan berupa celana (kadang disertai waistcoat atau vest alias rompi).

  • Suits umumnya dibuat dari bahan yang halus dan dipakai satu setel atas dan bawah.
  • Suits biasanya dibuat dalam warna-warna netral, cenderung polos dan tanpa motif.

Casual Wear dan City Wear

Sumber : https://www.annameglio.com/

Selain pakai untuk acara formal belakangan banyak juga suit yang didesain untuk acara kasual, menggunakan bahan seperti katun atau linen.

11. Trousers

Trousers alias celana panjang termasuk ke dalam salah satu koleksi busana city wear yang sangat cocok dikenakan sebagai pelengkap gaya penampilan formal. Celana panjang untuk wanita biasa disebut dengan slack sedangkan celana panjang untuk pria biasa disebut dengan pantalon.

Untuk pelengkap acara formal celana panjang yang didesain untuk pria dan wanita sendiri dapat dibuat dari berbagai jenis bahan yang berbeda seperti kain drill, kain katun dan juga kain corduroy.

  • Kain drill termasuk ke dalam jenis kain yang dipintal dengan tekstur miring atau diagonal dan memiliki jalinan benang yang kuat.
  • Kain katun merupakan jenis bahan celana yang terbuat dari serat alami yakni serat cotton jadi akan terasa dingin di kulit saat dikenakan.
  • Kain corduroy merupakan kain yang memiliki tekstur permukaan bergaris-garis dan tebal.

12. Vest

Vest termasuk ke dalam jenis akaian tanpa lengan yang biasanya dilengkapi dengan kancing di depan. Berdasarkan fungsi dan tujuan pemakaiannya, vest inipun dapat dikelompokkan ke dalam dua macam varian yaitu vest untuk keperluan formal dan vest untuk keperluan non formal.

  • Vest untuk keperluan formal bisa dibuat dari bahan yang sama dengan bahan blazer ataupun suits.
  • Vest untuk keperluan non formal bisa dibuat dari bahan rajut.

Casual Wear dan City Wear

Sumber : https://shopee.co.id/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai karakteristik busana yang termasuk ke dalam kategori casual wear dan juga city wear lengkap dengan sejumlah koleksi fashion item yang bisa anda pilih untuk pelengkap gaya penampilan.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.