Article

Homepage Article Cara Menjahit Cara Menjahit Bur Pada Sweater,…

Cara Menjahit Bur Pada Sweater, Jumper dan Jaket

Berencana untuk membuat sweater, jumper dan jaket yang dilengkapi dengan bur di bagian ujung lengannya?. Meski sekilas memang terlihat rumit, teknik menjahit bur pada sweater, jumper dan jaket tidaklah sebenarnya tidaklah sesulit yang kamu bayangkan lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Bur

Bur merupakan sejenis bahan pelengkap yang sering kali dipasang pada bagian lengan dan pinggang sweater, jumper maupun jaket. Selain itu terdapat pula beberapa model jaket seperti jaket varsity dan jaket bomber yang dilengkapi dengan bur di bagian leher.

  • Pengaplikasian bur pada sweater, jumper dan jaket bertujuan untuk menyempurnakan bentuknya supaya terlihat menjadi lebih menarik.
  • Bur yang ditambahkan pada pergelangan tangan, pinggang dan leher juga bisa menghalau angin dan udara dingin.

Menjahit Bur

Sumber : https://wearethefabricstore.com/

Seperti layaknya rib yang biasa dipasang pada bagian leher kaos, bur sendiri kebanyakan juga dibuat dengan menggunakan bantuan mesin rajut. Hal utama yang membedakan keduanya yaitu hanyalah tingkat ketebalan bur, ukuran lebar bur dan posisi penggunaan bur.

  • Bur biasanya memiliki ukuran sedikit lebih lebar dan tebal dibandingkan rib pada kaos dan juga manset pada kaos polo, meski dari segi konstruksi keduanya terlihat hampir mirip
  • Bahan yang umum digunakan untuk bur antara lain berupa cotton (katun), PE, TC atau bahan lain yang bisa melar.

Simak juga Penggunaan Bur Pada Jaket dan Sweater.

Cara Menjahit Bur

Mau tahu bagaimana cara terbaik yang dapat dilakukan untuk menjahit bur pada sweater, jumper dan jaket?. Sebagai referensi berikut kami bagikan trik menjahit bur yang mudah untuk kamu praktekkan.

1. Memilih Bur

Untuk melengkapi sweater, jumper dan jaket yang kamu buat, kamu bebas mau memilih bur yang sama dengan warna sweater, jumper dan jaket, bisa juga memilih bur yang berlainan warna dengan warna baju yang kamu jahit.

2. Mengukur Bur

Lakukan pengukuran pada bagian sweater, jumper dan jaket yang ingin kamu beri tambahan bur. Untuk perhitungannya kamu bisa menggunakan rumus berikut.

  • Lingkarkan pita ukur atau metlin di bagian ujung lengan, pinggang atau bagian lain yang akan kamu beri bur.
  • Kalikan hasil pengukuran tersebut dengan 0,85 untuk mencari panjang pola manset lalu tambahkan 2 cm pada ukuran ini untuk kelonggaran jahitan.
  • Tentukan pula lebar manset yang kamu inginkan kemudian kalikan dengan angka 2.

Misal kamu ingin membuat manset untuk lengan sweater, jumper dan jaket yang berukuran panjang 7 inci (18 cm) x 2 inci (5 cm), maka pola manset harusnya memiliki panjang 5,95 inci (15,3 cm) dan lebar 10 cm.

3. Membuat Pola

Dari hasil pengukuran di atas, buat pola bur pada selembar kertas kemudian guntinglah pola persegi panjang tersebut sesuai ukuran yang kamu dapatkan.

4. Memotong Bur

Jiplak pola bur pada bahan bur dengan menambahkan kelonggaran sekitar 1 cm pada tiap sisi kain untuk kampuhnya. Jika sudah potong bahan untuk bur sesuai garis kampuh yang kamu buat dengan menggunakan gunting yang tajam.

5. Menjahit Bur

Selesai melakukan pemotongan bahan kamu bisa mulai menjahit bur dengan mengikut langkah-langkah berikut. 

  • Lipat potongan bahan bur menjadi dua bagian sama panjang dengan posisi bagian baik keduanya saling berhadapan.
  • Untuk melipat kain menjadi dua, ambil sisi potongan bahan bur yang pendek dan lipat ke sisi yang berlawanan.
  • Sejajarkan tepi potongan bur dan tempelkan beberapa jarum pentul di sepanjang tepinya agar kain tidak bergeser.
  • Jahit sepanjang tepi terpendek bur dengan pola jahitan berbentuk lurus sesuai batas kampuh.
  • Pegang bur yang sudah kamu jahit dengan kedua tangan lalu lipat sekali lagi bur tersebut menjadi dua bagian sama lebar sehingga tepinya berada dalam satu garis yang sama.
  • Lipat separuh bagian bur sehingga bagian baik buruk bur tersembunyi di dalam lipatan.
  • Terus gulung hingga bagian tepi lipatan bur sejajar dan seluruh bagian bagian bur beada di luar.
  • Sisi pendek dari bur inilah yang akan menjadi lebar manset.

Menjahit Bur Menjahit Bur

Sumber : https://wearethefabricstore.com/

Untuk menahan posisi lipatan agar tidak berantakan jahit sekeliling manset dengan jahitan zig zag atau pola jahitan lain yang kau kehendaki.

6. Memasang Bur

Lipat bur menjadi dua kemudian tandai ujung lipatannya dengan kapur jahit. Jika sudah pertemukan ujung lipatan keduanya untuk menemukan ujung lipatan yang baru kemudian tandai lagi dengan kapur jahit atau guntingan kecil.

Lakukan hal yang sama untuk memberi tanda pada bagian ujung lengan sweater, jumper dan jaket, biar kamu lebih mudah mensejajarkan manset dan ujung lengan sehingga tidak ada kain yang menggumpal saat menjahit.

Menjahit Bur

Sumber : https://wearethefabricstore.com/

Jika sudah gabungkan titik-titik penanda yang ada pada bagian manset dan bagian ujung lengan dengan 4 buah jarum pentul lalu jahit zig zag sekeliling manset sambil sedikit di tarik biar panjangnya sama dengan ujung lengan untuk menempelkan manset ke lengan.

Menjahit Bur Menjahit Bur

Sumber : https://wearethefabricstore.com/

Terakhir pangkas sisa kain hingga dengan hati-hati agar jahitannya tidak terpotong untuk merapikan bagian tepinya lalu lihat hasil jahitan yang sudah kamu buat.

Untuk kamu yang mengganti bur pada sweater, jumper dan jaket kamu bisa juga menerapkan cara serupa.

  • Pertama cukup gunakan pendedel benang untuk mencabut jahitan yang menyatukan bur dengan lengan baju.
  • Lepaskan bur pada sweater, jumper dan jaket yang sudah aus.
  • Jika sudah sekarang kamu bisa mengikuti langkah yang sama untuk memasang bur yang baru pada sweater, jumper dan jaket.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa langkah sederhana yang bisa kamu terapkan untuk memasang bur pada sweater, jumper dan jaket. Semoga informasi yang kami bagikan bisa membari kemudahan buat kamu dalam menjahit atau mengganti bur di baju ya.

Untuk kamu yang ingin membuat hoodie jumper dan jaket sendiri kamu bisa mendownload Pola Hoodie Jumper dan Pola Jaket siap pakai dari kami.

Tapi kalau kamu kebetulan sedang mencari bahan kain yang bagus untuk membuat hoodie jumper dan jaket maka kamu bisa melihat-lihat dulu koleksi Bahan Kain yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.