Article

Homepage Article Kain Tekstil Kain TC Pilihan Ekonomis…

Kain TC Pilihan Ekonomis Untuk Kain Seragam Sekolah Sesuai Standar Nasional

Berbelanja perlengkapan sekolah seperti halnya seragam baru, seolah sudah menjadi tradisi bagi banyak orang tua siswa setiap buah hatinya memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Supaya tidak salah dalam memilih pakaian seragam kenali terlebih dahulu yuk jenis kain yang digunakan. 

Seragam Sekolah

Sumber : https://shopee.co.id/   

Kain untuk seragam sekolah sendiri sebenarnya ada banyak sekali jenisnya. Tapi memang yang paling umum digunakan untuk seragam sekolah di Indonesia biasanya berupa kain katun, oxford, dan TC (teteron cotton). Sedangkan untuk pilihan rok serta celana seragam, bahan yang banyak digunakan yaitu Japan Drill, Taipan Drill dan American Drill. 

Seragam Sekolah

Sumber : http://sadewagroup.com/

Hal paling mendasar yang membedakan sejumlah kain tersebut terletak pada tingkat gramasi kain, komposisi benang, prosentase katun, tingkat kehalusan kain, ketebalan dan kekakuan kain. Khusus untuk TC seragam sekolah, jenis kain ini pada prinsipnya bisa dibedakan dalam beberapa variasi yakni berupa:

  • TC Nyonya.
  • TC Golden.
  • TC Dakron.
  • TC Semut.
  • TC Kijang.

Ada juga kain TC yang sudah berbentuk motif kotak-kotak atau corak tertentu. Kain ini biasa digunakan di beberapa Sekolah Dasar (SD) yang mewajibkan siswa siswinya untuk memakai seragam rompi yang dipakai di hari tertentu. 

Seragam Sekolah

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Berdasarkan mutu bahannya, kain TC dakron termasuk ke dalam jenis kain yang memenuhi standard bahan untuk seragam nasional karena memiliki tingkat kehalusan dan kenyamanan yang paling bagus dibanding jenis TC lain. Kain ini sama seperti jenis kain yang digunakan untuk seragam SPG dan seragam rumah sakit. 

Seragam Sekolah

Sumber : https://shopee.co.id/

Selain TC dakron, jenis kain yang banyak digunakan sebagai bahan seragam adalah kain oxford yang memiliki karakteristik lebih tebal, tidak transparan, dan juga mempunyai pori-pori yang ideal apabila digunakan untuk seragam sekolah di kawasan dataran tinggi atau wilayah bersuhu dingin.

Seragam Sekolah

Sumber : http://wofficlothing.com/

Terlepas dari jenis kain apa yang ingin anda pakai untuk membuat seragam, hal terpenting yang harus diingat adalah sebisa mungkin pilih kain yang awet dan tidak mudah rusak, karena hal ini juga menjadi salah satu cara berhemat agar anda tidak perlu memberi seragam sekolah setiap pergantian tahun ajaran baru.

Seragam Sekolah

Sumber : http://riauaktual.com/

Supaya seragam sekolah tetap bagus dan warnanya tidak mudah pudar, coba terapkan beberapa tips berikut untuk merawatnya.

  • Gantungkan seragam sekolah pada gantungan baju jika anda tidak ingin langsung mencucinya
  • Cucilah seragam sekolah dengan sedikit sabun saja.
  • Jamur pakaian seragam di tempat yang teduh dan tidak terkena panas matahari langsung.
  • Setrika pakaian seragam dengan suhu sedang.
  • Simpan seragam sekolah ditempat yang bersih dan tidak lembab untuk menghindari timbulnya jamur.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.