Article

Homepage Article Pakaian Adat Kain Tapis Pada Pakaian…

Kain Tapis Pada Pakaian Adat Lampung

Lampung merupakan salah satu propinsi yang terletak dibagian paling selatan pulau Sumatera dan telah lama dikenal sebagai daerah penghasil kain tapis, yaitu semacam kain sarung yang terbuat dari tenun benang kapas dengan motif hiasan bahan sugi, benang perak atau benang emas yang dibuat dengan sistem sulam. Jenis tenun ini biasa digunakan pada bagian pinggang ke bawah dengan motif yang sangat bervariasi, seperti motif alam, flora dan fauna yang disulam dengan benang emas dan benang perak. Bagi masyarakat adat Lampung, kain tapis dianggap sebagai lambang kesucian yang mengandung sugesti moral, magis, dan religius yang dapat melindungi pemakainya dari segala kotoran yang berada diluar. Hal ini dapat dilihat dari setiap simbol pada lambang yang menjadi ragam motifnya. Dari kain inilah tercipta pakaian adat Lampung yang sangat indah.

Pakaian Adat Lampung

Pakaian Adat Lampung

Sumber : http://www.indonesiakaya.com/

Pakaian Adat Lampung

Sumber : http://www.indonesiakaya.com/

Dalam kesehariannya kaum pria di daerah Lampung mengikat kepalanya dengan kikat yang terbuat dari kain batik. Dalam acara kerapatan adat pemakain ikat kepala ini dipadukan dengan baju teluk belanga serta kain. Umumnya lelaki muda di daerah Lampung lebih suka memakai kepiah atau penutup kepala berbentuk segi empat berwarna hitam terbuat dari kain tebal. Sementara untuk acara mengiring pengantin, pakaian yang dikenakan berupa destar yang dihiasi dengan bunga-bunga dari benang emas pada bagian tepinya dan dihiasi siger dibagian tengahnya, serta sulaman benang emas berupa bunga tanjung dan cengkeh di salah satu sudutnya.

Pakaian Adat Lampung

Pakaian Adat Lampung

Sumber : http://saliwanovanadiputra.blogspot.com/

Sebagai penutup badan dikenakan kawai, yaitu jas berupa baju berbentuk teluk belanga belah buluh yang terbuat dari bahan kain tetoron atau belacu berwarna terang. Sedangkan untuk bagian bawah mengenakan senjang, yaitu kain yang dibuat dari kain Samarinda, Bugis atau Batik Jawa. Pada perkembangannya sekarang ini pria Lampung lebih banyak mengenakan kawai kemija, yaitu kemeja yang bentuknya menyerupai pakaian sekolah atau kemeja modern  untuk menghadiri berbagai upacara adat sekalipun. Perlengkapan lain yang dikenakan oleh laki-laki Lampung adalah selikap, yaitu kain selendang yang berfungsi untuk penahan panas atau dingin dan dipakai saat menghadiri upacara adat serta ibadah ke masjid.

Pakaian Adat Lampung

Pakaian Adat Lampung

Sumber : http://ulunlampung.blogspot.com/

Dalam kesehariannya kaum wanita di daerah Lampung umumnya mengenakan kanduk atau kakambut, yaitu kudung penutup kepala yang dililitkan. Kudung ini terbuat dari bahan kain tipis yang halus atau kain sutera. Selain itu terkadang, kain ini juga digunakan sebagai kain pengendong anak kecil. Untuk penutup badan digunakan Lawai Kurung yang memiliki bentuk seperti baju kurung. Baju ini terbuat dari bahan tipis atau kain sutra yang dihiasi rajutan renda halus pada bagian tepi muka serta lengannya.

Pakaian Adat Lampung

Pakaian Adat Lampung

Sumber : http://lia-wedding.blogspot.com/

Untuk menghadiri upacara adat pernikahan, umumnya kaum wanita Lampung baik yang belum menikah maupun sudah menikah menyanggul rambutnya dengan bantuan rajutan benang hitam halus yang dihiasi dengan kembang goyang. Khusus bagi wanita yang baru menikah, pakaian yang dikenakan berupa kebaya beludru warna hitam dengan bagian punggung serta ujung-ujungnya dihiasi sulaman atau rekatan benang emas. Selain itu dikenakan pula senjang/cawol yang dipenuhi dengan hiasan dari bahan tenun bertatah sulam benang emas, yang dikenal sebagai kain tapis atau kain Lampung.

Pakaian Adat Lampung

Pakaian Adat Lampung

Sumber  : http://www.indonesiakaya.com/

Pakaian Adat Lampung

Sumber : http://www.indonesiakaya.com/

Sementara perlengkapan yang dikenakan oleh ibu ibu muda dan pengantin baru yaitu berupa kain tapis dengan motif dasar bergaris yang terbuat dari bahan katun bersulam benang emas dan kepingan kaca serta selendang sutra bersulam benang emas dengan motif tumpal dan bunga tanjung. Dapat juga mengenakan selekap balak, yaitu selendang sutra motif pucuk rebung yang disulam dengan benang emas serta motif siger yang di kelilingi bunga tanjung, bunga cengkeh dan hiasan berupa ayam jantan dibagian tengahnya.

Pakaian Adat Lampung

Pakaian Adat Lampung

Sumber : http://www.indonesia.travel

Pakaian Adat Lampung

Sumber : http://www.indonesiakaya.com/

Semoga bermanfaat.

Tags: jual bajujual baju batikjual baju onlinejual pakaian wanitajual pakaian onlinetoko baju batiktoko baju batik onlinetoko baju batik wanita dan priatoko baju onlinetoko baju wanitatoko busana onlinebeli baju batikbeli baju batik wanita dan priabeli baju onlinegambar baju batikdesain baju batikfashion batikfashion wanitafashion baju terbarufashion designfashion designerdesigner indonesia

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.