Article

Homepage Article Kain Kain Flanel

Kain Flanel

Diantara banyaknya kain tekstil yang biasa digunakan untuk membuat busana, kain flanel atau felt yang dibuat dari serat wol melalui proses pemanasan dan penguapan, disebut-sebut sebagai kain tertua yang dikenal dalam sejarah kehidupan manusia. Hal ini diperkuat dengan ditemukannya bekas-bekas penggunaan kain flanel dinegara Turki yang diperkirakan berasal dari tahun 6500 SM, serta penemuan jenis kain flanel yang diawetkan disebuah makam Siberia yang diduga berasal dari tahun 600 M. 

 

Kain Flanel

Sumber : http://www.fabricandart.com

Legenda yang tersebar di Sumeria mengklaim bahwa pada awal kemunculannya kain flanel pertama kali dibuat oleh seseorang yang bernama Urnamman. Tradisi pembuatan kain flanel tersebut kemudian mulai diterapkan oleh kaum nomadic di Asia Tengah untuk membuat pakaian, permadani, dan tenda.

Kain Flanel

Sumber : http://www.fabricandart.com

Seperti jenis kain tekstil lainnya, kain flanel juga diciptakan dalam berbagai variasi warna dan motif yang berbeda-beda. Salah satunya yaitu berupa kain flanel zephyr yang diberi campuran sutra didalam bahan pembuat benang-benangnya sehingga kain flanel ini dijual dengan harga yang relatif mahal.

Kain Flanel

Sumber : http://www.globaltextiles.com

Mencari kain tekstil murah dan berkualitas? Klik Disini untuk melihat katalog kain.

Meski pada pertengahan abad ke-17 hingga abad 20-an kain flanel hanya dipergunakan untuk membuat topi pria, saat ini kain flanel mulai digunakan dalam industri otomotif untuk mengurangi getaran pada panel interior mobil, bahan pelapis meja billiard, serta penjernih suara pada simbal drum atau piano.

Kain Flanel

Sumber : http://yorkshirepuddingrecipe.net

Sebagai media untuk menyalurkan kreatifitas, kain flanel yang diciptakan dalam warna warna cerah  juga dapat digunakan untuk membuat replika makanan untuk keperluan aksesori, souvenir, serta bahan pelapis tas yang mengedepankan nilai dekoratif. Jenis tusuk dasar menjahit yang dapat digunakan untuk membuat hiasan aplikasi dari kain flanel yaitu berupa tusuk feston, tusuk roll, dan tusuk jelujur.

Kain Flanel

Sumber : http://infotasmurah.com

Selain itu kain flanel juga dapat dimanfaatkan sebagai lap untuk membersihkan sisa debu pada lantai parket yang terbuat dari kayu.

Kain Flanel

Sumber : http://rikanita.com

Semoga bermanfaat.

Mencari kain katun flanel berkualitas dengan harga murah?. Sahabat Fitinline bisa melihat koleksi kain kami Di Sini.

Kain Katun Flanel

Tags : kain murah, kain parasut murah, grosir kain, toko kain murah

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.