Article

Homepage Article Kain Sejarah Kain Cashmere dan…

Sejarah Kain Cashmere dan Pemanfaatannya Pada Produk Pakaian

Kain cashmere merupakan kain yang terbuat dari serat binatang yaitu domba. Nama cashmere sendiri sebenarnya diambil dari nama dataran tinggi Kashmir di India. Produksi cashmere secara industrial baru diperkenalkan pada abad ke-15 oleh penguasa Kashmir saat itu, yakni oleh Zayn-un-Abidin. Di sana terdapat banyak kambing yang bulu indahnya dimanfaatkan untuk dijadikan bahan kain cashmere. Bulu domba yang berwarna dasar hitam, cokelat dan putih, kemudian diolah melalui beberapa proses, sehingga menghasilkan beberapa warna yang lebih beragam.

Cashmere Cardigan
Cashmere Cardigan
Sumber : Sumber : http://www1.bloomingdales.com/

Cashmere Jumper
Cashmere Jumper
Sumber : http://www.lyst.com/

Mencari kain tekstil murah dan berkualitas? Klik Disini untuk melihat katalog kain.

Kain cashmere yang terkenal berasal dari Negara Mongol dan China. Kain ini pada umumnya diolah menjadi rajutan yang sangat indah dan memberikan kehangatan. Bahan ini tergolong  mewah & kualitasnya pun tak perlu diragukan lagi. Oleh karena itu harganya pun cukup mahal. Kain cashmere umumnya dijadikan jaket, mantel, selimut, dan jubah tradisional. Cashmere cocok dipadukan dengan bahan apapun, misalnya rok yang elegan ataupun dengan jeans saja. Disamping produk pakaian terdapat juga pashmina yang terbuat dari bahan cashmere.

Autumn Cashmere Sweater
Autumn Cashmere Sweater
Sumber : http://www1.bloomingdales.com/

Autumn Cashmere Sweater
Autumn Cashmere Sweater 
Sumber : http://www1.bloomingdales.com/

Cashmere pashmina shawl merupakan aksesoris berbentuk kain yang digunakan untuk menunjang penampilan dalam berbusana. Disamping itu juga bisa digunakan sebagai penghangat untuk menahan terpaan angin dan melindungi tubuh dari dinginnya udara serta menutupi bagian tertentu pada tubuh. Pashmina ini dapat dikenakan dengan berbagai cara, misalnya diikatkan melingkar dibagian leher, disampirkan mengelilingi bahu, dan sebagainya.  

Cashmere Pashmina
Pashmina Cashmere 
Sumber : http://groupon.co.id
Pashmina yang terbuat dari bahan wool cashmere dibuat dengan menggunakan teknik tenun. Proses pengerjaannya menggunakan tangan atau mesin.

Cashmere Pashmina
Pashmina Cashmere
Sumber : http://www.javastyle.net/

Berbeda dengan kain wol, semakin sering dicuci maka bahan cashmere akan semakin halus. Namun, dalam proses pencucian tidak bisa dengan sembarang deterjen/sabun pencuci lainnya. Pencucian kain cashmere dapat dilakukan dengan shampoo.

Semoga Bermanfaat.

Tags: busana wanita, busana wanita dan pria, busana batik, busana batik modern, busana wanita terbaru, baju batik, baju batik kerja, baju batik kantor, baju batik wanita, baju batik pria, kemeja batik, dress batik, dress batik modern

Comments 1

Leave a Comment
1

Yosef Krisnadi

2 years ago
Mahal karena memang berkualitas

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.