Article

Homepage Article Fashion Design Jenis Saku Celana Berdasarkan…

Jenis Saku Celana Berdasarkan Bentuk, Penempatan dan Jumlahnya

Apakah kamu sedang mencari rekomendasi celana dengan model saku tertentu?. Untuk mengetahui perbedaan dari tiap-tiap saku celana, simak dulu pembahasan berikut yuk.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Saku Celana

Saku celana adalah bagian dari celana yang berguna untuk menyimpan barang-barang kecil yang praktis dibawa sehari-hari. Untuk pilihan modelnya, saku celana sendiri juga dapat dijumpai dalam berbagai desain dan setiap jenis saku dirancang untuk fungsi tertentu, baik untuk kenyamanan, gaya maupun utilitas.

Jenis-Jenis Saku Celana

Mau tahu apa saja model saku yang banyak diaplikasikan pada celana?. Dilihat dari segi bentuk, jumlah dan penempatannya, berikut adalah beberapa model saku yang umum digunakan pada celana.

1. Bentuk Saku Celana

Berdasarkan bentuknya, saku pada celana dapat dijumpai dalam bentuk saku tempel, flap pocket, slant pocket, saku vertikal, saku koin, welt pocket dan cargo pocket.

  • Saku Tempel

Saku tempel alias patch pocket merupakan saku yang dijahit langsung di bagian luar kain. Saku ini merupakan jenis saku yang umum digunakan pada jeans, celana kerja dan berbagai model celana casual lainnya.

Saku Celana 

Sumber : https://www.invincible.id/

  • Flap Pocket

Flap pocket merupakan saku dengan lipatan kain (flap) yang berfungai untuk menutupi bukaan saku dan menjaga isi saku agar tidak mudah jatuh. Untuk memberikan tampilan yang lebih rapi dan elegan, tutup saku inipun biasanya dilengkapi kancing atau velcro.

Saku Celana

Sumber : https://www.ebay.com/

  • Zippered Pocket

Sippered pocket merupakan saku dengan penutup resleting untuk keamanan ekstra, sering digunakan pada celana olahraga atau celana hiking.

Saku Celana 

Sumber : https://www.asos.com/

  • Slant Pocket

Slant pocket merupakan saku yang terletak di bagian depan pinggang dengan kemiringan tertentu sehingga sangat mudah untuk diakses. Saku ini umumnya banyak diaplikasikan pada berbagai model celana, mulai dari celana kasual hingga celana formal.

Saku Celana 

Sumber : https://www.lazada.com.ph/

Simak juga Diantara 2 Model Saku Celana Ini Mana Yang Lebih Anda Sukai?.

  • Straight Pocket

Straight pocket merupakan saku yang berada sejajar dengan jahitan samping celana. Saku ini sering ditemukan pada celana formal pria maupun celana formal wanita.

Saku Celana 

Sumber : http://bnbdepot.com/

  • Saku Koin

Saku koin merupakan saku yang biasanya memiliki ukuran lebih kecil dan terletak di atas saku utama. Pada celana jeans saku ini sering disebut juga sebagai “coin pocket”.

Saku Celana 

Sumber : https://www.nakedandfamousdenim.com/

  • Welt Pocket

Berikutnya ada welt pocket atau lebih dikenal dengan istilah saku bobok. Saku ini merupakan salah satu jenis saku yang biasa diaplikasikan pada bagian belakang celana.

Saku Celana

Sumber : https://thefloramodiste.com/

  • Cargo Pocket

Cargo pocket atau saku cargo merupakan jenis saku yang umum ditemukan pada celana model cargo. Saku ini lebih besar dan biasanya berada di bagian paha atau sisi samping celana.

Saku Celana 

Sumber : https://id.made-in-china.com/

2. Jenis Saku Berdasarkan Penempatannya

Berdasarkan penempatannya saku celana dapat dibedakan sebagai berikut.

  • Saku Depan

Saku depan (front pockets) adalah saku yang paling umum ditempatkan di bagian depan celana. Contoh saku yang dimaksud yaitu berupa slant pocket dan saku koin.

Saku Celana 

Sumber : https://www.blibli.com/

  • Saku Belakang

Saku depan (back pockets) adalah saku yang terletak di bagian belakang celana. Untuk mengamankan barang-barang di dalamnya, saku ini bisa memiliki variasi dengan penutup kancing atau tanpa penutup.

Saku Celana 

Sumber : https://www.ivy-style.com/

  • Saku Samping

Saku samping adalah saku yang umum ditemukan di bagian samping paha dan sering memiliki penutup kancing atau velcro.

Saku Celana 

Sumber : https://www.amazon.ca/

3. Jumlah Saku Pada Celana

Sementara juka dilihat dari segi jumlahnya, jumlah saku pada celana juga cukup bervariasi tergantung pada jenis celana dan desainnya. Berikut beberapa contoh umum jumlah saku pada berbagai jenis celana.

  • Celana Jeans

Celana jeans biasanya memiliki 5 saku, 2 saku depan, 1 saku kecil (coin pocket) di dalam salah satu saku depan dan 2 saku belakang.

  • Celana Chinos

Celana chinos biasanya memiliki 4 saku, 2 saku depan dan 2 saku belakang (kadang dengan kancing).

  • Celana Formal

Celana formal (slacks/trousers) biasanya memiliki 4 saku, 2 saku depan (sering vertikal atau miring) dan 2 saku belakang (biasanya dengan kancing atau tanpa).

  • Celana Cargo

Celana cargo biasanya memiliki 6 saku atau lebih, 2 saku depan, 2 saku belakang dan 2 saku samping di bagian paha (saku cargo), sering kali dengan penutup atau kancing. Beberapa model celana cargo bisa juga memiliki saku tambahan di bagian lain.

  • Celana Olahraga

Celana olahraga dengan model jogger, biasanya memiliki 2 saku depan. Meski demikian terdapat pula beberapa model celana olahraga yang memiliki saku belakang atau saku tambahan dengan resleting.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai jenis-jenis saku yang umum digunakan pada celana. Selain menambah daya tarik celana, jenis dan penempatan saku celana ini umumnya dirancang untuk berbagai tujuan, mulai dari kenyamanan hingga fungsionalitas.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat celana?. Sebagai bahan pertimbangan yuk intip koleksi Bahan Celana terbaik di katalog kami.

Kalau kamu ingin membuat celana sendiri dengan pola yang sudah jadi, kamu bisa juga mendownload Pola Celana siap pakai dari kami.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.