Article

Homepage Article Fashion Design Jenis-Jenis Cufflink

Jenis-Jenis Cufflink

Cufflink merupakan sepasang benda kecil yang biasa digunakan sebagai pengait lengan kemeja french cuff untuk menggantikan kancing. Karena dirancang khusus untuk acara formal, kemeja tersebut akan terlihat semakin serasi jika digunakan bersama jas atau blazer serta aksen cufflink yang bersesuaian. Mulai dari model bullet back closures, whale back closure, fixed backing, chain link, ball return, dan silk knot. 

Jenis-Jenis Cufflink

Sumber : http://www.manuelracim.com/

Bullet Back Closures

Bullet Back Closures merupakan jenis cufflink yang memiliki kait berbentuk terpedo, peluru atau kapsul yang dapat di putar sejauh 360 derajat. Kait yang terdapat pada bagian belakang cufflink dapat dimanipulasi ketika hendak dipasang pada lubang kancing kemudian dibalik searah horizontal.

Bullet Back Closures

Sumber : http://www.bridgat.com/

Whale Back Closure

Cufflink jenis ini bentuknya hampir mirip dengan Bullet Back Closures sehingga sangat mudah untuk digunakan. Bagian belakang atau bagian kaitnya memiliki bentuk seperti ekor paus yang dapat digerakkan 180 derajat.

Whale Back Closure

Sumber : http://www.bridgat.com/

Fixed Backing

Bentuk fixed backing cenderung lebih kaku jika dibandingkan dengan model cufflink lainnya. Bagian belakang dari fixed backing cuff merupakan perpanjangan dari bagian depan kancing manset yang tidak dapat ditekuk maupun diputar dengan cara apa pun. Cuflink jenis ini juga tersedia dalam versi reversible fixed backing.

Fixed Backing

Sumber : http://www.99cufflinks.co.uk/

Chain Link

Chain link merupakan model cufflink modern yang diadaptasi dari bentuk asli kancing manset saat pertama kali ditemukan dan paling sering digunakan pada barang produksi Inggris. Cufflink ini memiliki kepala dan kait pengetat yang dihubungkan dengan rantai.

Chain Link

Sumber : http://www.csmwebshop.com/

Ball Return

Dilihat dari desain dasarnya cufflink model ball return ini sebenarnya diperoleh dari pengembangan chain link namun bagian pengaitnya dibuat berbentuk bola perak atau emas.

Ball Return

Sumber : http://www.cuffsmart.com/

Silk Knot

Hanya dengan membaca namanya saja sahabat Fitinline pasti sudah dapat menebak, jika cufflink jenis ini terbuat dari benang dan sutra. Silk knot sendiri termasuk kedalam jenis manset variasi yang hanya dapat digunakan untuk acara non-formal.

Silk Knot

Sumber : http://www.cufflinks.com/

Hal terpenting yang perlu diperhatikan adalah, ketika sahabat Fitinline menggunakan ikat pinggang dengan bukcle atau jam tangan perak ada baiknya jika anda memilih cufflink dengan warna senada.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.