Article

Homepage Article Fashion Design 4 Tips Memilih Dasi Kupu-Kupu…

4 Tips Memilih Dasi Kupu-Kupu Dari Segi Tipe, Desain, Bahan dan Warna

Dasi kupu-kupu dikenal sebagai salah satu aksesoris yang tidak hanya bagus dikenakan pada acara formal tapi bisa juga dipakai sebagai aksesori pakaian kasual. Untuk memaksimalkan penampilan, maka sudah semestinya dasi ini juga harus dipilih dengan cara yang tepat.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Dasi Kupu-Kupu

Dasi kupu-kupu dapat didefinisikan sebagai salah satu jenis aksesoris pakaian pria yang biasa dikenakan dengan cara diikat sedemikian rupa pada sekitar bagian leher secara simetris, sehingga menghasilkan dua buah lipatan yang berlawanan dan berakhir dengan loop form.

Dasi Kupu-Kupu

Sumber : https://www.familybritches.com/

Dasi kupu-kupu sendiri awalnya kerap digunakan sebagai padanan untuk setelan tuksedo pada acara formal namun pada perkembangannya juga diadaptasi sebagai aksesoris pakaian kasual. Terlebih saat ini sudah terdapat berbagai macam bentuk dan desain dasi kupu-kupu.

Tips Memilih Dasi Kupu-Kupu

Tertarik untuk mengenakan dasi kupu-kupu sebagai pelengkap gaya penampilan anda?. Untuk memudahkan anda dalam memilih dasi kupu-kupu berikut kami bagikan cara memilih dasi kupu-kupu yang tepat berdasarkan tipe, desain, bahan dan warna dasi.

1. Pilih Dasi Berdasarkan Tipenya

Buat anda yang mau tampil keren dengan memakai dasi kupu-kupu anda bisa memilih dasi kupu-kupu tentukan terebih dahulu tipe dasi seperti apa yang ingin anda pakai. Tipe dasi yang dimaksud yakni berupa tipe dasi pre tied atau tipe self tied.

  • Dasi Kupu-Kupu Pre Tied

Dasi kupu-kupu tipe pre tied termasuk ke dalam jenis tipe dasi yang praktis dan mudah dipakai. Dasi ini secara umum sudah memiliki bentuk simpul yang menyerupai pita.

  • Dasi kupu-kupu tipe pre tied biasanya sudah dilengkapi dengan tali untuk dipakaikan di leher dan pengait pada bagian belakangnya.
  • Biasanya panjang tali dari dasi kupu-kupu tipe pre tied dapat disesuaikan dengan lingkar leher agar terasa lebih pas.
  • Dasi kupu-kupu tipe pre tied sangat direkomendasikan bagi anda yang akan menggunakan dasi kupu-kupu untuk pertama kalinya.

Dasi Kupu-Kupu

Sumber : https://www.nordstrom.com/

  • Dasi Kupu-Kupu Self Tied

Dasi kupu-kupu tipe self tied termasuk ke dalam jenis tipe dasi yang lebih formal dan fleksibel untuk dibentuk. Sesuai dengan namanya, dasi kupu-kupu self tie ini masih berbentuk seperti tali yang cukup panjang.

  • Untuk mengenakan dasi kupu-kupu tipe self tied anda harus membuat sendiri simpul berbentuk pita.
  • Dasi kupu-kupu tipe self tied cocok digunakan untuk anda sudah lebih ahli dalam membuat simpul dasi.

Dibandingkan dengan dasi kupu-kupu tipe pre tied, dasi kupu-kupu tipe self tied tergolong lebih fleksibel karena bentuknya bisa dikreasikan sesuai kebutuhan. Selain itu dasi ini juga akan memberikan kesan lebih keren ketika digunakan pada acara formal.

Dasi Kupu-Kupu

Sumber : https://www.aliexpress.com/

2. Pilih Dasi Berdasarkan Desainnya

Selanjutnya pertimbangkan untuk memilih dasi kupu-kupu dengan desain yang tepat sesuai acara yang hendak anda hadiri.

  • Semi Butterfly

Dasi kupu-kupu modern yang didesain dalam model semi butterfly sangat cocok dikenakan pada acara formal.

  • Dasi kupu-kupu semi butterfly merupakan salah satu desain dasi kupu-kupu yang paling umum ditemui.
  • Dasi kupu-kupu semi butterfly umumnya memiliki lebar pada bagian ujungnya sebesar 5,7 - 7 cm.
  • Dasi kupu-kupu semi butterfly akan memberikan kesan lebih formal saat dikenakan. Namun hal ini juga tergantung pada bahannya, karena ada juga yang cocok dipakai untuk acara kasual.

Dasi Kupu-Kupu

Sumber : https://www.brooksbrothers.com/

  • Butterfly

Selain didesain dalam model semi butterfly, ada juga dasi kupu-kupu yang ukurannya dibuat lebih besar. Saking besarnya, dasi ini kadang disebut juga sebagai dasi jumbo tetapi sudah cukup jarang digunakan.

Dasi Kupu-Kupu

Sumber : https://www.pinterest.ca/

  • Batwing

Dasi kupu-kupu sayap kelelawar termasuk ke dalam jenis dasi yang dapat memberikan kesan formal sekaligus kasual pada penampilan.

  • Dasi kupu-kupu sayap kelelawar diberi nama demikian karena bentuknya memang menyerupai sayap kelelawar.
  • Dasi kupu-kupu sayap kelelawar umumnya memiliki lebar sekitar 3,8 - 5,1 cm pada bagian ujungnya.

Dasi Kupu-Kupu

Sumber :https://knotheory.com/

  • Diamond Point

Dasi kupu-kupu diamond point memiliki desain yang cukup unik yakni meruncing tajam pada bagian ujungnya. Tergantung pada bahan, warna dan motifnya dasi jenis ini dapat memberikan kesan formal dan kasual pada penggunanya.

Dasi Kupu-Kupu

Sumber : https://knotheory.com/

3. Pilih Dasi Berdasarkan Bahannya

Ketika anda hendak memilih dasi kupu-kupu pilihlah produk dengan bahan sesuai acara yang akan anda hadiri, karena hal ini sangat berpengaruh pada kesan yang ditimbulkan pada dasi kupu-kupu. Dasi kupu-kupu sendiri lazimnya banyak dibuat dari kain sutra, kain satin, kain wool atau kain katun

  • Kain Sutra

Kain sutra merupakan sejenis kain yang memiliki tampilan mengilap alami, sehingga sangat ideal untuk memberikan kesan mewah dan elegan pada sebuah dasi.

  • Dasi kupu-kupu dari kain sutra umumnya memiliki tampilan yang tampak mewah.
  • Dasi kupu-kupu dari kain sutra sangat cocok digunakan untuk acara formal.
  • Dasi kupu-kupu dari kain sutra dapat dipadukan dengan tuksedo atau setelan berwarna hitam.
  • Kain Satin

Kain satin termasuk ke dalam jenis kain yang ditenun menggunakan teknik serat filamen seperti sutra (silk). Dengan memanfaatkan kain satin sebagai bahan utamanya, dasi yang dihasilkan pasti akan nampak lebih bagus dan elegan saat digunakan.

  • Kain Wool

Kain wool merupakan sejenis bahan kain yang memberikan kesan lebih hangat dan elegan. Tergantung teksturnya, dasi yang dibuat dari kain wool ini dapat juga digunakan pada acara formal.

  • Kain Katun

Kain katun merupakan salah satu jenis bahan kain yang berasal dari serat alami tanaman kapas dengan nama latin gossypium.

  • Dasi kupu-kupu dari kain katun cocok digunakan untuk acara informal dan santai.
  • Dasi kupu-kupu dari kain katun jarang digunakan pada acara formal.
  • Untuk anda yang memiliki busana berbahan denim, dasi kain katun juga sangat cocok digunakan.
  • 4. Pilih Dasi Berdasarkan Warnanya

Berdasarkan fashion rules yang melekat kuat selama ini pemilihan warna dasi kupu-kupu hendaknya selalu disesuaikan dengan jenis pakaian yang anda kenakan.

  • Umumnya dasi kupu-kupu berwarna putih hanya dikenakan dengan jas berekor atau sering disebut pula jas pinguin.
  • Sementara itu dasi kupu-kupu berwarna hitam hanya dikenakan saat mengenakan jas tuxedo.

Meski lazimnya dikenakan dengan dasi kupu-kupu berwarna hitam, saat mengenakan jas tuxedo pilihan dasi kupu-kupu berwarna lain masih diperbolehkan. Kalau anda ingin memakai dasi kupu-kupu untuk acara santai anda dapat bermain-main warna dan corak lebih bebas.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai tips memilih dasi kupu-kupu berdasarkan tipe, desain, bahan dan warna dasi yang bisa anda coba. Semoga tips yang kami bagikan bisa lebih memudahkan anda untuk menemukan dasi kupu-kupu yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan ya.

Tertarik untuk membuat kemeja pria sendiri tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Kalau mau cara yang lebih praktis anda bisa mendownload pola kemeja pria siap pakai dari kami.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.