Article

Homepage Article Fashion Design Jenis-Jenis Busana Dalam…

Jenis-Jenis Busana Dalam dan Busana Luar

Dalam hal berbusana pemilihan jenis dan modelnya perlu disesuaikan dengan norma-norma yang berlaku dalam masyarakat. Sehubungan dengan hal tersebut busana yang didesain untuk pelengkap gaya sehari-hari secara garis besar dapat dikelompokkan menjadi dua kategori utama yakni busana dalam dan busana luar.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Busana

Busana dalam pengertian luas dapat didefinisikan sebagai segala sesuatu yang dipakai oleh seseorang mulai dari ujung kepala sampai ujung kaki. Walau pada awalnya hanya didesain untuk melindungi tubuh baik dari sinar matahari, cuaca ataupun gigitan serangga, seiring dengan perkembangan teknologi fungsi dari busana itu sendiri juga mengalami banyak perubahan.

Ditinjau dari beberapa aspek seperti aspek biologis, aspek psikologis dan aspek sosial berikut beberapa fungsi penting dari busana yang perlu anda ketahui.

  • Fungsi busana ditinjau dari aspek biologis yaitu untuk melindungi tubuh dari gangguan luar dan benda-benda lain yang membahayakan kulit serta menutupi atau menyamarkan kekurangan tubuh .
  • Fungsi busana ditinjau dari aspek psikologis yaitu untuk menambah keyakinan dan rasa percaya diri pada orang yang mengenakannya dan memberi rasa nyaman pada pada seseorang saat melaksanakan aktifitas sehari-hari.
  • Sementara jika dilihat dari aspek sosial fungsi busana yaitu untuk menutupi aurat atau memenuhi syarat kesusilaan, menggambarkan adat atau budaya suatu daerah, sebagai media informasi bagi suatu instansi / lembaga dan media komunikasi non verbal.

Busana Dalam dan Busana Luar

Dengan memperhatikan norma-norma yang berlaku dalam masyarakat, kondisi lingkungan, budaya dan waktu pemakaian secara garis besar busana dapat dikelompokkan menjadi dua yaitu busana dalam dan busana luar.

  • Busana Dalam

Busana dalam merupakan busana yang didesain khusus untuk kepentingan pribadi / privat dan tidak untuk dilihat khalayak umum.

Busana Dalam dan Busana Luar

Sumber : https://id.pinterest.com/

  • Busana Luar

Busana luar merupakan busana yang di pakai diatas busana dalam dan secara keseluruhan dapat digunakan untuk keperluan di luar rumah dalam arti layak dilihat oleh khalayak umum.

Busana Dalam dan Busana Luar

Sumber : https://id.pinterest.com/

Jenis-Jenis Busana Dalam

Sebagai salah satu jenis busana yang umum dipakai untuk kepentingan pribadi / privat, busana dalam pada prinsipnya dapat dikelompokkan lagi menjadi dua kategori, yaitu busana dalam yang langsung menutup kulit dan busana dalam yang tidak langsung menutup kulit.

  • Busana Dalam Yang Langsung Menutup Kulit

Busana dalam yang langsung menutup kulit secara khusus dibuat untuk melindungi bagian- bagian tubuh tertentu.

  • Busana dalam yang langsung menutup kulit dapat dijadikan sebagai dasar (dalaman) untuk pakaian luar.
  • Busana ini juga dapat dipakai untuk membantu membentuk / memperindah bentuk tubuh serta menutupi kekurangan-kekurangan tubuh.

Busana Dalam dan Busana Luar

Sumber : https://id.pinterest.com/

Contoh busana dalam yang langsung menutup kulit yakni berupa:

  • Celana dalam yang dirancang untuk menutupi area genitalia.
  • Singlet tanpa lengan yang didesain untuk menutup tubuh bagian atas.
  • Bra yang berfungsi untuk melindungi dan menyangga payudara.
  • Rok dalam yang dapat dipakai untukmenambah kenyamanan tubuh saat memakai pakaian luar.  
  • Bebe dalam / gaun perempuan model Eropa yang didesain dalam bentuk terusan.
  • Longtorso yang banyak digunakan sebagai pelapis kebaya-kebaya tradisional.
  • Bustier yang relatif ketat dan biasa dimanfaatkan oleh para wanita untuk membentuk serta memperbaiki proporsi tubuh supaya terlihat lebih sempurna.

Untuk mengetahui lebih detail tentang perbedaan longtorso dan bustier simak juga pembahasan mengenai 12 Perbedaan Longtorso dan Bustier.

  • Busana Dalam Yang Tidak Langsung Menutup Kulit

Busana dalam yang tidak langsung menutup kulit merupakan busana yang didesain untuk menutup tubuh, namun untuk alasan estetika  jenis pakaian tersebut tidak etis jika dipakai untuk ke luar rumah / menerima tamu.

Busana Dalam dan Busana Luar

Sumber : https://stylesatlife.com/

Contoh busana dalam yang tidak langsung menutup kulit yaitu berupa:

  • Busana rumah seperti daster yang biasanya banyak dibuat dalam bentuk terusan longgar dengan berbagai ukuran panjang yang bervariasi, mulai dari sebatas lutut, betis hingga sebatas mata kaki.
  • Busana kerja di dapur seperti celemek masak / apron masak yang didesain seperti dress panjang dibagian depan sementara bagian belakangnya terbuka dengan tali di bagian pinggang maupun leher.
  • Busana tidur seperti baby doll (versi pendek dari baju tidur atau daster) dan piyama yang terdiri dari baju berkancing depan sementara bagian bawahnya dibuat dalam bentuk celana elastis.
  • Bathrobe model one piece yang sengaja diciptakan dengan tujuan untuk memudahkan pemakainya supaya lebih cepat mengeringkan badan setelah selesai mandi atau berenang.

Download Pola Daster, Pola Apron (Celemek Masak), Pola Piyama Wanita, Pola Piyama Pria dan Pola Piyama Anak dari kami kalau anda ingin membuat baju daster, apron dan piyama sendiri dengan pola yang sudah jadi.

Untuk mengetahui perbedaan piyama wanita dan piyama wanita simak juga pembahasan mengenai Perbedaan Baju Piyama Pria dan Baju Piyama Wanita.

Jenis-Jenis Busana Luar

Lain halnya dengan busana dalam, pemakaian busana luar hendaknya selalu disesuaikan dengan kesempatan pemakaiannya. Beberapa contoh busana luar yang dimaksud yakni berupa:

  • Busana untuk sekolah alias seragam sekolah.
  • Busana untuk berkerja seperti kemeja formal, celana kain, baju blus wanita, rok dan blazer.
  • Busana untuk ke pesta seperti dress (wanita) dan tuxedo (pria).
  • Busana untuk olahraga seperti jersey sepeda, jersey futsal, jersey sepak bola, jersey motocross, jersey basket maupun jersey voly.  
  • Busana untuk santai seperti kaos oblong, celana kulot dan celana jeans.
  • Busana untuk bepergian (jalan-jalan, bertamu dan piknik).
  • Busana muslimah seperti kaftan, gamis, abaya, tunik dan lain sebagainya.

Busana Dalam dan Busana Luar

Sumber : https://www.indiamart.com/

Untuk setiap kesempatan yang sudah disebutkan di atas dalam berbusana maka perlu diterapkan aturan-aturan yang sesuai etika dan kondisi masing-masing.

Download juga Pola Seragam Sekolah, Pola Baju Kerja, Pola Kaos Oblong, Pola Celana dan Pola Gamis siap pakai dari kami kalau anda ingin membuat seragam sekolah, seragam kerja, kaos oblong, celana dan gamis sendiri dengan pola yang sudah jadi.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai klasifikasi busana dalam dan busana luar beserta contoh masing-masing. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan bagi anda untuk memilih busana yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan ya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.