Article

Homepage Article Fashion Design Jenis-Jenis Baju Tactical…

Jenis-Jenis Baju Tactical dan Aksesoris Pelengkapnya

Biasa diidentikkan sebagai seragam tentara, baju tactical yang memiliki tampilan cukup unik dan eksklusif ternyata juga dapat dijadikan sebagai pelengkap gaya sehari-hari yang stylish lho. Buat anda yang mau tahu jenis pakaian yang dimaksud langsung simak pembahasan berikut yuk.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Baju Tactical

Baju tactical merupakan salah satu jenis baju yang pada awalnya hanya dibuat untuk keperluan militer, namun sekarang juga kerap dipakai oleh masyarakat umum sebagai pelengkap gaya penampilan yang stylish saat hangout, seragam komunitas pecinta alam, club motor, maupun organisasi lainnya.

Beberapa ciri paling khas yang melekat pada baju tactical diantaranya:

  • Baju tactical umumnya memiliki desain yang cukup berbeda dari jenis pakaian lain bahkan bisa dikenali hanya dengan sekali melihatnya saja.
  • Baju tactical diberi nama demikian karena pasti mempunyai desain taktis atau praktis.
  • Baju tactical biasanya terbuat dari material yang berkualitas seperti drill, twill, ripstop dan kanvas.
  • Baju tactical terlihat begitu macho/maskulin dan mampu membuat penampilan pemakainya begitu mirip dengan tentara.
  • Baju tactical lebih mengedepankan kesan formal, namun tetap bisa dipakai untuk keperluan casual.
  • Baju tactical kebanyakan tersedia dalam model lengan pendek maupun lengan panjang.
  • Baju tactical terlihat selalu rapi dan variasi modelnya cukup banyak.

Baju dan Aksesoris Tactical

Bergantung pada fungsi dan tujuan pemakaiannya baju tactical sendiri jenisnya ada banyak dan mempunyai kelengkapan / aksesoris yang beragam. 

1. Kemeja Tactical

Kemeja tactical merupakan sejenis baju seragam yang termasuk kategori Kemeja PDL (Pakaian Dinas Lapangan). Untuk pilihan momdelnya, kemeja tactical ini bisa dibedakan ke dalam beberapa varian.

  • Kemeja Tactical Model W-Tac

Pertama ada kemeja tactical model W-Tac yang tidak begitu banyak mempunyai perekat, hanya bagian dadanya saja. Kemeja tactical model W-Tac ini biasanya sering dipakai para pekerja lapangan.

Baju Tactical

Sumber : https://www.tokopedia.com/

  • Kemeja Tactical Model 511

Berikutnya ada kemeja tactical model 511 dengan banyak perekat di setiap sakunya. Mulai dari bagian dada, lengan dan sebagainya.

Baju Tactical

Sumber : https://shopee.co.id/

2. Kaos Tactical

Kaos tactical merupakan kaos yang memiliki gaya army look dan sangat cocok digunakan untuk memberi kesan gagah dan maskulin pada penampilan pemakainya. Untuk pilihan modelnya kaos tactical ini dapat dibedakan menjadi dua.

  • Kaos Tactical BDU

Pertama ada kaos tactical BDU yang biasa dibuat dari dua material berbeda, bahan katun untuk tubuh dan ribstop untuk lengannya. Selain itu kaos ini biasanya juga dilengkapi dengan banyak perekat pada bagian dada dan lengan.

Baju Tactical

Sumber : https://shopee.co.id/

  • Kaos Tactical Biasa

Berikutnya ada kaos tactical biasa yang diberi nama demikian karena bahan pembuatnya memang merupakan bahan kaos biasa kemudian diberi tambahan sablon pada bagian tertentu.

Baju Tactical

Sumber : https://www.lazada.co.id/

Bahan yang dipakai untuk membuat kaos tactical jenis ini biasanya berupa bahan kaos Cotton Combed (30s, 24s dan 30s), Cotton Carded, TC, bahan kaos PE dan bahan lain yang sejenis.

Butuh bahan kain berkualitas untuk membuat kaos tactical?. Intip koleksi Bahan Kaos Cotton Combed (30s, 24s dan 30s), Bahan Kaos Cotton Carded, Bahan Kaos TC, Bahan Kaos PE yang kami miliki.

3. Jaket Tactical

Jaket tactical termasuk ke dalam jenis jaket yang cocok dipakai untuk kegiatan casual dan aktivitas outdoor. Jaket ini beberapa ada yang dilengkapi dengan hoodie (penutup kepala) namun ada juga yang tidak.

Baju Tactical

Sumber : https://id.aliexpress.com/

Untuk anda yang ingin membuat jaket sendiri download Pola Jaket siap pakai dari kami.

4. Celana Tactical

Celana tactical merupakan salah satu jenis celana yang banyak dipakai untuk aktivitas outdoor. Untuk pilihan modelnya celana inipun dapat dijumpai dalam beragam model yang berbeda-beda, beberapa jenis celana yang dimaksud antara lain berupa:

  • Celana Tactical BDU

Celana tactical model BDU menjadi salah satu celana yang sangat bersejarah karena bisa dibilang menjadi awal dari munculnya celana model kargo. Celana ini biasanya banyak dibuat dari bahan twill maupun ripstop yang kuat dan tidak mudah sobek.

Baju Tactical

Sumber : https://www.rothco.com/

Download Pola Celana Cargo Panjang Pria dan Pola Celana Cargo Pendek Pria dari kami kalau anda ingin membuat celana cargo sendiri dengan pola yang sudah jadi.

  • Celana Tactical Model 511

Celana tactical model 511 merupakan model celana tactical yang dilengkapi dengan pelindung lutut mirip seperti knee pad atau deker. Selain itu bagian pinggang dari celana ini juga tidak menggunakan kancing melainkan menggunakan perekat.

Baju Tactical

Sumber : https://www.bukalapak.com/

  • Celana Tactical W-Tack

Celana tactical W-Tack sebenarnya hampir mirip dengan model 511.Yang membedakan keduanya yakni celana tactical W-Tack tidak mempunyai knee pad dan  kancing pada bagian pinggang.

Baju Tactical

Sumber : https://www.bukalapak.com/

  • Celana Tactical Blackhawk

Celana tactical model blackhawk merupakan salah satu celana tactical yang kepopulerannya sudah ada sejak zaman dahulu dan terus bertahan sampai sekarang.

  • Celana blackhawk identik dengan banyak kantong yang berada pada beberapa sisi celana.
  • Jumlah kantong pada celana blackhawk lebih banyak dibandingkan celana cargo.
  • Pada sebuah celana blackhawk biasanya terdapat 8 kantong hingga 10 kantong.

Baju Tactical

Sumber : https://shopee.co.id/

  • Celana Tactical Under Amour

Celana tactical under amour termasuk ke dalam jenis celana tactical keluaran terbaru yang modelnya sangat mirip dengan celana blackhawk namun mempunyai model saku yang agak miring dibanding celana blackhawk.

Baju Tactical

Sumber : https://www.asmc.com/

5. Aksesoris Tactical

Aksesoris tactical merupakan aksesoris yang didesain khusus untuk melengkapi kemeja tactical, kaos tactical, jaket tactical dan juga celana tactical. Beberapa contoh aksesoris yang dimaksud antara lain berupa:

  • Sabuk Tactical

Sabuk tactical merupakan ikat pinggang yang mempunyai bentuk serupa dengan belt pada umumnya, hanya saja bagian kepala sabuknya terbuat dari logam.

Baju Tactical

Sumber : https://www.helikon-tex.com/

  • Topi Tactical

Topi tactical merupakan topi yang mempunyai bentuk layaknya topi baseball dan dilengkapi dengan velcro yang tidak dimiliki oleh topi lainnya.

Baju Tactical

Sumber : https://shopee.co.id/

  • Tas Tactical

Tas tactical merupakan tas yang mempunyai bentuk seperti tas selempang atau tas ransel biasa. Yang membuatnya berbeda yaitu tas tactical ini biasanya dilengkapi banyak velcro.

Baju Tactical

Sumber : https://www.walmart.com/

  • Sepatu Tactical

Selanjutnya ada sepatu tactical model chukka boot yang cocok dipakai untuk menonjolkan gaya tactical maupun menghadiri acara yang formal,karena kini modelnya sudah banyak dimodifikasi.

Baju Tactical

Sumber : https://www.urbanrider.co.uk/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai jenis-jenis baju tactical dan aksesoris pelengkapnya yang dapat kami rangkum untuk anda. Setelah menyimak pembahasan di atas sekarang sahabat Fitinline jadi makin tahukan kalau ternyata baju tectical itu jenisnya ada banyak.

Butuh bahan Kain American Drill, Kain Japan Drill, Kain Twill, Kain TR Ripstop Motif Loreng maupun Kain Kanvas berkualitas untuk membuat baju tactical?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi bahan kain yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.