Article

Homepage Article Fashion Design 5 Fakta Menarik Micro Skirt…

5 Fakta Menarik Micro Skirt Yang Jadi Kostum Panggung Terbaik di Coachella 2024

Jadi salah satu kostum panggung terbaik yang cukup mencuri perhatian pada festival coachella 2024, berikut beberapa fakta menarik mengenai micro skirt alias rok super pendek yang dikenakan oleh Sabrina Carpenter ketika menjadi pengisi acara pada event tersebut.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Festival Coachella

Coachella sendiri merupakan festival musik dan seni tahunan yang diadakan di California, AS. Festival ini dikenal karena menampilkan berbagai genre musik, termasuk rock, indie, hip hop, elektronik dan pertunjukan lainnya.

  • Coachella biasanya diadakan selama dua akhir pekan berturut-turut di bulan April di Empire Polo Club, California.
  • Coachella sering kali mencuri perhatian publik karena kehadiran selebriti dari berbagai belahan dunia.

Selain menjadi ajang untuk menikmati festival musik, Coachella bahkan juga kerap menjadi rujukan tren fashion lho. Salah satu yang cukup menarik perhatian yaitu trend penggunaan micro skirt oleh penyanyi sekaligus aktris Sabrina Carpenter, ketika tampil dalam festival musik Coachella 2024.

Micro Skirt

Sumber : https://www.bustle.com/

Fakta Menarik Tentang Micro Skirt

Micro skirt yang juga dikenal sebagai rok micro sendiri dapat dikategorikan ke dalam model rok wanita yang super pendek karena umumnya hanya memiliki ukuran panjang sampai batas pangkal paha.

  • Micro skirt hadir dengan ukuran yang lebih mini dan mungil dari mini skirt (lebih pendek dari rok mini).
  • Micro skirt dapat menambah kesan stylish pada penampilan wanita sehinga banyak seleb yang tertarik untuk mengenakannya.

Micro Skirt

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Sebagai salah satu model rok yang cukup mencuri banyak perhatian pada festival musik Coachella 2024, micro skirt sebenarnya juga memiliki sejumlah fakta unik yang menarik untuk ditelusuri lho. Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang micro skirt yang mungkin belum diketahui banyak orang.

1. Asal Usul Micro Skirt

Micro skirt pertama kali populer pada tahun 1960-an sebagai bagian dari revolusi mode sekaligus simbol dari kebebasan wanita dan perubahan sosial pada masa itu.

Simak juga 6 Model Rok Wanita Berdasarkan Ukuran Panjangnya.

2. Kontroversi Micro Skirt

Sejak awal kemunculannya, micro skirt telah menjadi bahan kontroversi di berbagai budaya dan masyarakat. Beberapa memandangnya sebagai ekspresi kebebasan individu dan pilihan pribadi, sementara yang lain mengkritiknya karena dianggap tidak pantas atau terlalu seksi.

Selain itu micro skirt juga sering dianggap sebagai pendekatan mode yang berani dan provokatif, karena mengekspos sebagian besar kaki dan menyoroti bentuk tubuh bagian bawah.

Micro Skirt

Sumber : https://id.pinterest.com/

3. Pengaruh Budaya Pop

Di tengah banyaknya kontroversi terkait micro skirt, model rok yang satu ini justru semakin berkembang sangat pesat menjadi simbol yang ikonik dalam budaya pop, bahkan sering muncul dalam film, acara TV, dan media lainnya.

  • Micro skirt menjadi fashion item yang ikonik dalam budaya populer melalui karakter seperti Cher Horowitz dalam film “Clueless”.

Micro Skirt 

Sumber : https://www.cosmopolitan.co.id/

  • Sosok lain yang memiliki peran cukup penting dalam mempopulerkan micro skirt atau rok micro yaitu Serena van der Woodsen dalam serial TV “Gossip Girl”.

Micro Skirt

Sumber : https://www.shopyourtv.com/

4. Evolusi Dalam Mode

Meski kehadirannya menuai kontroversi karena dianggap sebagai model rok yang terlalu seksi, micro skirt tetap menjadi bagian penting dari sejarah industri mode dan terus menjadi pilihan populer di kalangan wanita yang ingin mengekspresikan diri melalui busana.

Micro Skirt

Sumber : https://www.temu.com/

Buktinya sampai sekarang ini desain micro skirt telah banyak berevolusi hingga terciptalah variasi micro skirt yang lebih beragam dengan berbagai potongan, bahan dan gaya sehingga sangat cocok digunakan sesuai dengan berbagai selera dan preferensi mode setiap wanita yang ingin mengenakannya.

Micro Skirt

Sumber : https://www.motelrocks.com/

Untuk pilihan modelnya beberapa variasi micro skirt yang paling populer diantaranya:

  • Micro skirt model span yang cenderung pas badan.
  • Micro skirt  model A-line yang menyempit di bagian atas tapi bawahnya sedikit lebar.  
  • Micro skirt model plisket yang memiliki banyak detail lipit-lipit kecil di seluruh bagian rok.
  • Micro skirt model tennis skirt yang juga memiliki lipit-lipit teratur seperti rok SD.
  • Micro skirt model skort yang didapat dari kombinasi antara rok micro dan celana. 

Sementara dari segi bahan terdapat pula berbagai jenis bahan kain paling populer yang kerap digunakan untuk membuat micro skirt. Sebut saja kain katun, kain denim, kain corduroy dan masih banyak lagi.

5. Penggunaan Dalam Gaya Fashion

Terkait dengan penggunaannya dalam dunia mode,  micro skirt atau rok micro sendiri sering dikaitkan dengan gaya yang lebih kasual. Dalam hal ini kamu bisa memadupadankannya dengan kaos, tank top, blazer atau blus yang sesuai untuk menciptakan tampilan yang chic dan modis.

Micro Skirt

Sumber : https://www.freepeople.com/

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai sejumlah fakta menarik terkait micro skirt atau rok micro yang juga dikenakan oleh Sabrina Carpenter pada festival coachella 2024. Semoga informasi yang kami bagikan bisa menambah wawasan dan pengetahuan kamu tentang micro skirt ya.

Ingin belajar membuat rok sendiri secara otodidak?. Sebagai referensi yuk download video tutorial Cara Membuat Pola Rok dan Teknik Menjahit Rok Span dari kami.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.