Article

Homepage Article Fashion Design Pemakaian Istilah Busana…

Pemakaian Istilah Busana Dalam Pengertian Yang Berbeda

Siapa di antara anda yang belum pernah menjumpai kata “busana”. Sahabat Fitinline pasti sudah sangat familiar dengan istilah yang satu ini bukan?. Diadaptasi dari bahasa sanskerta yaitu “bhusana”, dalam bahasa Indonesia kata busana tersebut dapat diartikan sebagai “pakaian”. 

Istilah Busana

Sumber : https://id.pinterest.com/

Meski sering disama artikan dengan pakaian, namun pengertian busana dan pakaian itu sebenarnya memiliki sedikit perbedaan. Busana mempunyai konotasi “pakaian yang bagus atau indah”, sedangkan pakaian adalah bagian dari busana itu sendiri. 

Istilah Busana

Sumber : https://id.pinterest.com/

Busana dalam pengertian luas adalah segala sesuatu yang dipakai mulai dari kepala sampai ujung kaki untuk tujuan memberi kenyamanan dan menampilkan keindahan pemakainya. Busana tidak hanya terbatas pada pakaian seperti rok, blus atau celana saja, tetapi juga mencakup seluruh item fashion  lain yang bernilai guna atau untuk sekedar perhiasan. 

Istilah Busana

Sumber : https://www.pinterest.cl/

Bergantung pada konteks yang dikemukakan, pemakaian istilah busana dalam bahasa Inggris sendiri sangat beragam, seperti fashion, costume, clothing, dress, dan juga wear. 

  • Fashion lebih difokuskan pada mode yang umumnya ditampilkan. Mode yang dipamerkan disebut fashion show, pencipta mode disebut fashion designer, sedangkan buku mode disebut fashion book.
  • Costume sangat erat kaitannya dengan jenis busana. Busana nasional disebut national costume, busana muslim disebut moslem costume, sedangkan busana daerah disebut traditional costume.
  • Clothing dapat diartikan sebagai sandang yakhi berupa busana yang berkaitan dengan kondisi atau situasi. Busana untuk musim dingin disebut winter clothing, busana musim panas disebut summer clothing, sementara busana untuk musim semi disebut spring cloth.
  • Dress biasa digunakan untuk mendeskripsikan gaun, rok, blus yaitu busana yang menunjukkan kesempatan tertentu. Busana untuk kesempatan resmi disebut dress suit, busana seragam disebut dress uniform, sedangkan busana untuk pesta disebut dress party. Dress juga menunjukkan model pakaian tertentu seperti long dress, sack dress dan Malaysian dress.
  • Wear biasa dipakai untuk menunjukkan jenis busana itu sendiri. Busana anak disebut children’s wear, busana pria disebut men’s wear, sedangkan busana wanita disebut  women’s wear. 

Istilah Busana

Sumber : http://www.istockphoto.com/

Meski pada awalnya hanya difungsikan untuk melindungi tubuh baik dari sinar matahari, cuaca ataupun gigitan serangga, kini fungsi sebuah busana juga telah mengalami banyak perubahan seiring dengan berjalannya waktu dan perkembangan dunia fashion.

Kalau anda mau tahu lebih banyak tentang segala hal yang berkaitan dengan desain fashion, anda bisa mendownload E-Book desain baju dari kami Di Sini.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.