Article

Homepage Article Jahit Menjahit Memanipulasi Lipit Kupnat…

Memanipulasi Lipit Kupnat Pada Pola Dasar Kedalam Garis Hias Princess

Sebagian dari anda pasti sepakat jika lipit kupnat dikategorikan ke dalam salah satu aset berharga yang menjadi bagian terpenting dari sebuah busana wanita. Sebab berawal dari kupnat inilah nantinya bisa didapatkan sebuah desain baju yang baru sesuai rancangan yang diinginkan yakni dengan cara memanipulasi lipit kupnat itu sendiri.

Memanipulasi Kupnat

Sumber : http://www.burdastyle.com/

Untuk memberikan kesan tubuh yang ramping misalnya, anda bisa memodifikasi kupnat pada bagian pinggang dan sisi badan menjadi busana wanita dengan model garis hias princess. Garis hias princess ini merupakan garis hias pakaian yang dibuat dari bahu atau dari tengah lubang lengan melengkung melalui puncak payudara terus ke bawah pinggang. 

Memanipulasi Kupnat

Sumber : https://www.craftsy.com/

Tertarik untuk mencobanya?. Proses pembuatan garis hias princess ini pada prinsipnya terbilang sangat mudah. Mula-mula siapkan pola pakaian yang ingin anda rubah. Pada percobaan kali ini pola yang digunakan yaitu berupa pola pakaian yang memiliki kupnat pada bagian pinggang dan sisi badan. 

Memanipulasi Kupnat

Sumber : https://www.craftsy.com/

  • Dari pola dasar pakaian yang sudah jadi, buat garis perpanjangan masing-masing ujung kupnat hingga keduanya saling bertemu di satu titik yang sama. Titik ini dapat diilustrasikan sebagai titik puncak payudara. 

Memanipulasi Kupnat

Sumber : https://www.craftsy.com/

  • Buat satu buah garis melengkung dari bagian tengah kerung lengan ke bagian titik puncak payudara. Tambahkan pula sebuah titik atau garis silang 2 inci di atas titik puncak payudara untuk membantu proses menjahit kedua bagian tersebut.

Memanipulasi Kupnat

Sumber : https://www.craftsy.com/

  • Dengan menggunakan penggaris buat satu buah garis lurus dari titik puncak payudara ke garis tepi luar kupnat pinggang yang paling dekat dengan bagian tengah depan.

Memanipulasi Kupnat

Sumber : https://www.craftsy.com/

  • Setelah garis princess selesai dibuat selanjutnya potong pola pakaian sesuai garis tersebut untuk menciptakan panel depan tengah dan panel depan samping.
  • Buang bagian kupnat pinggang dengan cara memotongnya sesuai garis batas kupnat sampai ke titik puncak payudara (bukan titik dart).
  • Tutuplah kupnat sisi badan.
  • Hasilnya akhirnya akan terbentuk pola pakaian baru yang dimaksud seperti gambar di bawah ini.

Memanipulasi Kupnat

Sumber : https://www.craftsy.com/

Bagaimana, cukup mudah bukan?. Selamat mencobanya di rumah sahabat Fitinline.

Semoga tips yang kami bagikan bermanfaat.

 

Tertarik untuk mempelajari cara membuat baju dengan pola yang sudah jadi?. Sahabat Fitinline juga bisa mendownload pola baju beserta panduan menyusun polanya Di Sini.

Pola Baju Siap Pakai

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.