Article

Homepage Article Fashion Design Frekuensi Mencuci Pakaian…

Frekuensi Mencuci Pakaian Yang Tepat Berdasarkan Jenisnya

Mencuci pakaian terlalu sering memang bisa membuatnya jadi lebih bersih, tapi disisi lain ternyata dapat mempercepat keausan dan merusak kualitas pakaian lho. Terkait dengan hal tersebut lantas kapan waktu yang ideal untuk mencuci setiap jenis pakaian yang setiap hari kita pakai ya?.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Pentingnya Mencuci Pakaian

Mencuci pakaian secara teratur menjadi suatu hal yang wajib untuk dilakukan dalam perawatan pakaian. Selain menjaganya agar tetap bersih, alasan lain mengapa kamu harus rajin-rajin untuk mencuci pakaian yaitu:

  • Mencuci pakaian secara teratur bisa membantu menghilangkan kotoran, bakteri dan kuman yang menempel pada pakaian.
  • Mencuci pakaian secara teratur bisa membantu mempertahankan kualitas dan daya tahan pakaian.
  • Mencuci pakaian secara teratur bisa membuat pakaian jadi lebih bersih dan terasa lebih nyaman dipakai
  • Mencuci pakaian secara teratur bisa membuat pakaian jadi lebih segar dari pada pakaian yang kotor.
  • Mencuci pakaian secara teratur bisa membantu mengendalikan bau tidak sedap yang disebabkan oleh keringat dan bakteri.
  • Mencuci pakaian secara teratur bisa membantu menghilangkan alergen seperti debu dan bulu hewan peliharaan yang menempel pada pakaian.

Mencuci Pakaian

Sumber : https://id.pinterest.com/

Frekuensi Mencuci Pakaian

Meski dari segi fungsi memanglah sangat penting, ternyata frekuensi pencucian antara pakaian yang satu dengan yang lain ternyata juga sangat bervariasi lho. Sebab untuk material-material tertentu yang dicuci terlalu sering, kualitasnya bisa jadi malah menurun dan terlihat lebih cepat usang.

Terkait dengan hal tersebut lantas kapan waktu yang tepat untuk mencuci setiap jenis pakaian agar senantiasa terlihat bersih tapi kualitasnya tetap terjaga dengan baik?. Sebagai bahan pertimbangan, berikut kami bagikan waktu yang tepat untuk mencuci pakaian berdasarkan jenisnya.

1. Pakaian Dalam

Untuk merawat pakaian dalam, kamu bisa mencucinya secara rutin tiap kali habis dipakai. Beberapa alasan mengapa pakaian dalam harus lebih sering dicuci setiap habis dipakai yaitu:

  • Untuk mencegah penumpukan kotoran, minyak dan sel kulit mati dari kulit tubuh.  
  • Untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur yang menyebabkan masalah kulit seperti iritasi atau ruam.
  • Untuk menghilangkan keringat dan bau badan yang menempel pada pakaian dalam.

Mencuci Pakaian

Sumber : https://id.pinterest.com/

2. Kaos dan Kaus Kaki

Seperti halnya pakaian dalam, kamu juga dapat mencuci kaos dan kaus kaki setiap kali habis dipakai untuk mencegah penumpukan kotoran dan menghilangkan bau tidak sedap yang mungkin menempel pada kaos dan kaus kaki.

Mencuci Pakaian

Sumber : https://id.pinterest.com/

3. Celana Sehari-Hari

Untuk celana sehari-hari seperti halnya celana kerja, celana santai dan celana hangout, kamu bisa mencucinya setelah dua atau tiga kali pemakaian normal.

4. Kemeja dan Blus Wanita

Lain lagi untuk kemeja dan blus wanita, kamu bisa mencucinya setelah satu atau dua kali pemakaian. Tapi jika kamu termasuk orang yang cenderung mudah berkeringat saat memakai kemeja atau blus wanita, kamu mungkin perlu mencucinya lebih sering.

Mencuci Pakaian

Sumber : https://id.pinterest.com/

5. Celana Jeans

Untuk celana jeans kamu bisa memakainya beberapa kali sebelum dicuci, kecuali kotor atau terkena bau. Alasan kenapa celana jeans tidak perlu sering dicuci yaitu karena kebiasaan mencuci jeans terlalu sering dapat mengubah ukuran dan warnanya.

Mencuci Pakaian

Sumber : https://www.goodhousekeeping.com/

Simak juga :

6. Jaket dan Mantel

Khusus untuk jaket dan mantel, kamu bisa mencucinya setelah beberapa kali dipakai tergantung pada penggunaan dan kekotorannya.

  • Jika jaket atau mantel digunakan dalam cuaca yang bersih dan tidak terlalu banyak aktivitas fisik, kemungkinan kamu dapat menggunakannya 3 sampai 4 kali sebelum dicuci.
  • Jika jaket atau mantel digunakan saat musim hujan dan sudah mulai tercium bau tidak sedap atau terasa kotor, mungkin sudah waktunya untuk mencucinya meski baru 2 kali dipakai.

7. Pakaian Olahraga

Untuk pakaian olahraga, sebaiknya segera cuci pakaian tersebut setiap kali habis dipakai karena pakaian olahraga yang tidak bersih dapat menyebabkan iritasi kulit atau infeksi, terutama pada area lipatan-lipatan tubuh yang sering berkeringat.

8. Piyama atau Baju Tidur

Sementara itu mencuci piyama atau baju tidur setiap 3 atau 4 kali pemakaian mungkin merupakan frekuensi yang sesuai untuk menjaga kebersihan dan kenyamanannya tanpa merusak bahan atau mengganggu kualitas tidur.

Mencuci Pakaian

Sumber : https://www.aliexpress.com/

Download pola piyama siap pakai dari kami kalau kamu ingin membuat piyama sendiri dengan pola yang sudah jadi.

9. Sweater

Untuk sweater kamu bisa mencuci dan membersihkannya setelah dua kali pemakaian. Meski begitu, untuk sweater yang dibuat dari bahan tertentu seperti halnya bahan rajutan tetap diperlukan perawatan lebih dari sekadar pakaian yang lain.

Mencuci Pakaian

Sumber : https://id.pinterest.com/

10. Pakaian Yang Terkena Noda

Namun untuk pakaian yang terkena noda, sebaiknya segera cuci pakaian tersebut untuk mencegah noda menetap dan semakin sulit dihilangkan. Jangan lupa juga selalu periksa label perawatan pakaian untuk mengetahui instruksi pencucian yang disarankan oleh produsen.

Mencuci Pakaian

Sumber : https://www.tasteofhome.com/

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai waktu yang tepat untuk mencuci pakaian tergantung pada jenis dan penggunaannya. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan buat kamu dalam merawat pakaian dan mempertahankan kualitas bahannya agar tetap bagus ya.

Meskipun pada beberapa jenis pakaian yang terlihat masih bersih dan tidak bau mungkin kamu tidak perlu mencucinya setiap kali dipakai, namun tetap pastikan untuk selalu memeriksanya kembali apakah ada noda yang tersembunyi atau tidak ya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.