Article

Duffle Coat

Duffle coat merupakan pakaian hangat berbentuk mantel tebal yang terbuat dari bahan wol dengan variasi kancing yang terbuat dari kayu pada bagian depannya. Nama duffle coat ini diambil dari sebuah nama kota yang terletak di propinsi Antwerp, Belgia di mana bahan pembuatnya berasal. Dikalangan Angkatan Laut Ingris, duffle coat kemudian menjadi sangat populer sebagai pakaian hangat sepanjang berlangsungnya Perang Dunia I dan mengalami sedikit modifikasi pada saat dikenakan oleh tentara militer pada Perang Dunia II. 

 

Duffle Coat

Sumber : http://streetetiquette.com/

Selama tahun 1950-an hingga tahun 1960-an duffle coat mencapai puncak popularitasnya semenjak komandan pasukan militer di Ingris bernama Field Marshal Montgomery menggunakan duffle coat sebagai identitas beserta pasukan yang berada dibawah kepemimpinannya. Atas dasar itulah duffle coat juga dijuluki sebagai “Monty Coat” oleh sebagian orang.

Duffle Coat

Sumber : http://www.selectism.com/

Bagikan inspirasi desainmu Disini! Dan temukan kawan-kawan baru.

Pasca perang dunia dua, persediaan duffle untuk keperluan perang selanjutnya dijual kepada masyarakat dengan harga yang cukup terjangkau. Barulah kemudian pada tahun 1954, perusahaan Inggris bernama Gloverall membeli mantel untuk pasokan militer dan mulai memproduksi Monty Coat sesuai versi mereka sendiri dari bahan wol. Duffle coat yang dikenal luas oleh masyarakat saat ini pada dasarnya merupakan salinan Monty Coat yang dibuat oleh Gloverall.

Duffle Coat

Sumber : http://www.thesartorialist.com/

Meskipun desain duffle coat terus dikembangkan dalam berbagai variasi yang berbeda-beda, namun secara garis besar duffle coat yang mengadaptasi gaya aslinya memiliki panjang sebatas lutut bahkan lebih pendek dengan penambahan fitur berbentuk tali pada bagian leher, dua buah saku berukuran besar yang memiliki penutup pada bagian atasnya, serta kancing kayu berjumlah tiga atau lebih (dikenal sebagai gigi anjing laut) yang diikat dengan tali atau bahan kulit dan dipasangkan pada bagian depan. 

Duffle Coat

Sumber : http://fashion.telegraph.co.uk/

Mempunyai karya design? Pajang karyamu Di sini!

Desain kancing yang dibuat sedemikian rupa ini, bertujuan untuk memudahkan seseorang dalam mengikat maupun melepaskan pengaitnya meski sedang mengenakan sarung tangan ditengah cuaca dingin sekalipun.

Duffle Coat

Sumber : http://www.dufflecoatsuk.co.uk/

Dimasa modern seperti saat ini jenis bahan yang digunakan untuk membuat duffle coat ini umumnya diambil dari kain woll kasar yang bertekstur tebal dan berat, dengan fitur tambahan berupa tudung kepala, yoke, serta sepasang saku berukuran besar. 

Duffle Coat

Sumber : http://www.styleclicker.net/

Duffle Coat

Sumber : http://www.selectism.com/

Untuk menghadapi musim dingin sahabat Fitinline juga bisa mengaplikasikan pengunaan duffle coat sebagai alternatif gaya berbusana anda. Semoga bermanfaat.

Tags : designer indonesia, desain fesyen

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.