Article

Homepage Article Jahit Menjahit DIY Turtleneck Jumper

DIY Turtleneck Jumper

Dalam dunia desain fashion kerah turtleneck dikenal sebagai salah satu model kerah busana yang didesain dalam bentuk ketat dan biasa difungsikan untuk menghangatkan tubuh khususnya tubuh bagian leher. Kerah tutleneck sendiri dapat dijumpai pada berbagai macam busana penutup tubuh bagian atas seperti t-shirt maupun jumper. 

Turtleneck Jumper

Tertarik untuk mempelajari bagaimana cara membuat jumper yang dilengkapi dengan kerah turtleneck? Sahabat Fitinline bisa menyimak pembahasan berikut ini.

Untuk membuat turtleneck jumper setidaknya sahabat Fitinline membutuhkan 1.5 m x 1.5 m bahan kain yang bersifat stretch (elastis), gunting, kapur kain, serta peralatan jahit pendukung lainnya. 

Turtleneck Jumper

Siapkan pula contoh pakaian yang sudah jadi dan ukurannya pas dengan tubuh anda sebagai acuan dalam membuat pola jumper. Sahabat Fitinline bisa menggunakan jaket atau pakaian lengan panjang lainnya.

Langkah-Langkah Membuat Turtleneck Jumper

Bentangkan bahan kain diatas media yang datar, selanjutnya lipat kain tersebut menjadi dua bagian sama besar. Lipat kembali kain tersebut menjadi dua bagian sama panjang sehingga diperoleh 4 lapis kain yang saling bertumpukan satu sama lain. 

Turtleneck Jumper

Lipat contoh pakaian yang telah dipersiapkan sebelumnya menjadi dua bagian sama besar kemudian tempatkan sisi tengahnya tepat pada garis lipatan bahan kain yang diperoleh dari langkah sebelumnya. 

Turtleneck Jumper

Dengan menggunakan kapur kain, jiplak seluruh garis penanda pola bagian badan dan lengan pakaian termasuk garis lehernya pada bahan kain. Jika diperlukan sahabat Fitinline bisa memberikan sedikit kelonggaran pada bagian tepinya.Tambahkan pula kampuh sebesar 1 hingga 1.5 cm pada masing-masing tepi pola untuk menjahitnya.  

Turtleneck Jumper

Turtleneck Jumper

Setelah pola baju dipindahkan seluruhnya pada bahan kain, selanjutnya potong bahan kain tersebut dengan menggunakan gunting yang tajam.

Turtleneck Jumper

Hasilnya akan diperoleh bentuk potongan jumper seperti gambar berikut.

Turtleneck Jumper

Turtleneck Jumper

Lubangi bagian garis leher jumper untuk memasang kerah turtleneck. 

Turtleneck Jumper

Siapkan satu lembar bahan kain yang telah dipotong sesuai dengan ukuran garis leher jumper sebagai kerahnya. Sahabat Fitinline bisa menggunakan sisa kain yang digunakan untuk membuat bagian utama jumper untuk membuat kerah turtleneck. Sesuaikan ukuran tinggi kerah dengan kebutuhan anda.  

Turtleneck Jumper

Turtleneck Jumper

Jahit sepanjang sisi bagian samping potongan kerah turtleneck melalui bagian buruknya menggunakan pola jahitan berbentuk lurus.

Turtleneck Jumper

Setelah proses menjahit selesai dilakukan selanjutnya tempatkan garis jahitan tersebut pada bagian tengah tabung kerah turtleneck.

Turtleneck Jumper

Jahit sepanjang bagian tepi kanan dan kiri jumper (mulai dari ujung lengan menuju ketiak hingga bagian bawah jumper) dengan pola jahitan berbentuk lurus kemudian rapikan dengan cara mengobrasnya. 

Turtleneck Jumper

Jahit pula bagian bawah jumper supaya terkesan lebih rapi dan menarik.

Turtleneck Jumper

Jika sahabat Fitinline mengalami sedikit kesulitan saat menjahit jumper yang dibuat dari kain berbahan stretch coba baca kembali pembahasan mengenai tips Menjahit Bahan Kaos Dengan Mesin Jahit Biasa.

Pasangkan kerah turtleneck pada bagian garis leher jumper. Pastikan bagian sambungan kerah berada tepat dibagian tengah belakang jumper (bagian tengkuk) kemudian jahit keduanya secara bersamaan melalui bagian buruknya.

Turtleneck Jumper

Turtleneck Jumper

Hasilnya turtleneck jumper kreasi anda siap untuk digunakan. 

Turtleneck Jumper

Cukup mudah bukan? Lebih jelasnya sahabat Fitinline bisa menyimak video tutorial berikut ini.

Selamat mencobanya di rumah sahabat Fitinline.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.