Article

Homepage Article Desain Fesyen DIY : 5 Langkah Mudah Mempercantik…

DIY : 5 Langkah Mudah Mempercantik Warna Pouch Dengan Teknik Dip Dye

Kreasi pouch yang dibuat dari bahan kain blacu atau kain kanvas belakangan ini memang semakin populer di kalangan wanita. Ada yang memanfaatkan pouch tersebut untuk menyimpan kosmetik namun ada juga yang menggunakannya sebagai wadah untuk menyimpan dompet, smartphone, bahkan ipad mini jika ukuran pouchnya agak besar.

Dip Dye Pouch

Sumber : https://www.family-nation.com/

Selain didominasi pouch polos biasa, sampai saat ini ada juga beberapa model pouch yang desainnya dikreasikan menjadi lebih menarik lho. Salah satu pouch yang populer yaitu berupa pouch yang dihias dengan teknik dip dye (celup warna) sehingga warnanya terkesan lebih hidup. 

Dip Dye Pouch

Sumber : http://www.orientaltrading.com/

Dip dye yang dimaksud disini sebenarnya masih termasuk semacam ombre sahabat Fitinline tapi warnanya hanya terdiri dari dua macam. Warna pertama merupakan warna alami kain sedangkan warna lainnya didapat dengan cara menambahkan bahan pewarna ke dalam serat kain melalui proses pencelupan. 

Dip Dye Pouch

Sumber : https://wanelo.co/

Penasaran seperti apa cara pembuatannya?. Jika anda ingin mewarnai pouch dengan cara ini mula-mula siapkan terlebih dahulu alat dan bahan sebagai berikut:

  • Pouch dari kain blacu atau kain kanvas yang berwarna putih polos.
  • Karet untuk mengikat pouch.
  • Pewarna kain.
  • Garam dan air secukupnya.
  • Wadah berukuran sedang untuk mencampur bahan pewarna. 

Dip Dye Pouch

Sumber : http://jamieo.co/

Langkah-Langkah Mengaplikasikan Bahan Pewarna Pada Pouch

1. Gulung pouch secara vertikal kemudian ikat bagian atasnya dengan menggunakan karet. Sebelum diwarnai basahi pouch terlebih dahulu dengan menggunakan air bersih.

Dip Dye Pouch

Sumber : http://m.fun365.orientaltrading.com/

2. Siapkan larutan pewarna untuk mencelupkan pouch. Larutan pewarna ini bisa anda buat dari campuran dua cangkir air hangat, satu sendok teh garam dan tiga sendok makan pewarna kain.

  • Jika sahabat Fitinline ingin mendapatkan pouch yang warnanya lumayan pekat anda bisa menambahkan lebih banyak bahan pewarna.
  • Sebelum melakukan proses pewarnaan sebaiknya lakukan pengetesan kepekatan warna dengan menggunakan sepotong kain bekas yang tidak terpakai.

3. Perlahan celupkan bagian alas pouch ke dalam larutan pewarna kemudian angkat dengan sangat cepat. Dalam waktu yang relatif singkat sekitar satu detik umumnya kain akan menyerap warna.

  • Ulangi proses pencelupan pouch ke dalam pewarna ini selama beberapa kali untuk mencapai efek gradasi yang sesuai dengan keinginan anda.
  • Kalau anda ingin mendapatkan warna pouch yang lebih cerah dari warna diatasnya, maka anda tinggal mencelupkan bagian bawah pouch dalam waktu yang cenderung lebih lama.

Dip Dye Pouch

Sumber : http://m.fun365.orientaltrading.com/

4. Setelah proses pewarnaan selesai dilakukan sebaiknya lepaskan karet yang anda gunakan untuk mengikat pouch, lalu bilas pouch dengan menggunakan air dingin untuk menghilangkan sisa bahan pewarna yang mungkin tidak terserap sempurna kedalam serat kain.

Dip Dye Pouch

Sumber : http://m.fun365.orientaltrading.com/

5. Sebagai penyelesaian akhir jemur pouch selama beberapa saat di bawah sinar matahari dan biarkan mengering dengan sendirinya. Sekarang pouch kreasi anda siap untuk digunakan. 

Dip Dye Pouch

Sumber : http://m.fun365.orientaltrading.com/

Cukup mudah untuk diikuti bukan?. Itu dia pembahasan singkat mengenai langkah-langkah mewarnai pouch dengan teknik dip dye yang dapat kami bagikan untuk anda. Selamat mencoba tips dari kami sahabat Fitinline.

Semoga bermanfaat.

Mencari kain blacu atau kain kanvas berkualitas dengan harga murah untuk membuat pouch bag?. Sahabat Fitinline bisa melihat koleksi kain kami Di Sini.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.