Article

Homepage Article Desain Fesyen Deretan Palet Warna Yang…

Deretan Palet Warna Yang Diprediksi Akan Mewarnai Trend Fashion di Tahun 2020

Pergantian tahun identik dengan pergantian trend fashion juga. Jika sepanjang tahun 2019 lalu warna baju, produk fashion dan kecantikan banyak didominasi warna living coral, maka untuk pada tahun 2020 mendatang diramalkan akan ada perubahan trend warna yang tidak kalah menarik. Penasaran seperti apa warna yang dimaksud?. Langsung simak pembahasan berikut.

Pengertian Warna

Warna merupakan elemen yang paling dominan dan juga menjadi aspek paling berpengaruh dalam desain dan kehidupan. Bila ditinjau dari sisi psikologis atau emosi manusia, makna dan warna-warna yang ada ternyata juga bisa menyampaikan pesan untuk mempengaruhi penilaian estetis seseorang pada suatu benda dan turut menentukan suka tidaknya seseorang pada benda tersebut lho.

Sebagai salah satu unsur penting dalam dunia desain fashion, warna memang mempunyai pengaruh besar dalam pembentukan suasana dan karakter pada sebuah desain rancangan tertentu. Tidak hanya didominasi warna-warna yang hangat dan dingin saja, namun seiring seiring berjalannya waktu elemen warna inipun juga banyak mengalami perkembangan dan memunculkan berbagai warna baru.

Berdasarkan sifatnya unsur warna terdiri dari warna muda, warna tua, warna terang, warna gelap, warna redup dan warna cemerlang. Berdasarkan wataknya, warna terdiri dari warna panas, warna dingin, warna lembut, warna mencolok, warna ringan, warna berat, warna sedih, warna gembira. Dilihat dari sumbernya, ada warna merah, biru, kuning, hijau, orange dan lain sebagainya.

Teori Tentang Warna

Terkait dengan unsur warna pada prinsipnya terdapat beraneka ragam teori yang berkembang mengenai warna, beberapa diantaranya yaitu teori Oswolk, Mussel, Prang, Buwster dan lain sebagainya. Dari bermacam-macam teori ini yang sering digunakan dalam desain fashion serta mudah dalam proses pencampurannya adalah teori warna Prang.

Teori warna Prang mengelompokkan warna menjadi lima yaitu warna primer, warna sekunder, warna intermediet, warna tertier dan warna kuarter. Ketepatan dalam memadukan warna yang bagus akan membuat desain baju anda semakin dramatis.

1. Warna Primer

Warna primer merupakan warna dasar atau pokok. Warna primer ini terdiri dari warna merah, warna kuning dan warna biru.

  • Warna merah merupakan salah satu unsur warna yang memiliki makna keberanian, kekuatan, energi, gairah, semangat, nafsu dan adrenalin.
  • Warna kuning merupakan salah satu unsur warna yang memiliki makna ceria, bahagia, energik dan optimis.
  • Warna biru merupakan salah satu unsur warna yang memiliki makna stabil, kecerdasan, rasa percaya diri. Warna ini juga dikenal sebagai warna yang menenangkan dan menyejukkan mood.

2. Warna Sekunder

Warna sekunder merupakan hasil campuran dari dua warna primer. Warna sekunder terdiri terdiri dari wana orange (merah + kuning), warna hijau (kuning + biru) dan warna ungu (merah + biru).

  • Warna orange merupakan salah satu unsur warna yang memiliki makna kehangatan, kenyamanan dan keceriaan.
  • Warna hijau merupakan salah satu unsur warna yang memiliki makna kesuburan, kesegaran, kedamaian dan keseimbangan.
  • Warna ungu merupakan salah satu unsur warna yang memiliki makna keaakraban dan rasa aman.

3. Warna Intermediet

Warna intermediet merupakan warna yang dapat diperoleh dengan dua cara yaitu:

  • Dengan cara mencampurkan warna primer dengan warna sekunder yang berdekatan dalam lingkaran warna.
  • Dengan cara mencampurkan dua warna primer dengan perbandingan 1:2.

Beberapa contoh unsur warna yang termasuk ke dalam jenis warna intermediet diantaranya:

  • Warna kuning hijau (KH) merupakan warna yang dihasilkan dari pencampuran warna kuning ditambah hijau atau dua bagian kuning ditambah satu bagian biru (K+K+B).
  • Warna biru hijau (BH) merupakan warna yang dihasilkan dari pencampuran biru ditambah hijau atau dua bagian biru ditambah satu bagian kuning (B+B+K).
  • Warna biru ungu (BU) merupakan warna yang dihasilkan dari pencampuran biru dengan ungu atau pencampuran dua bagian biru dengan satu bagian merah (B+B+M).
  • Warna merah ungu (MU) merupakan warna yang dihasilkan dari pencampuran merah dengan ungu atau pencampuran dua bagian merah dan satu bagian biru (M+M+B).
  • Warna merah orange (MO) merupakan warna yang dihasilkan dari pencampuran merah dengan orange atau pencampuran dua bagian merah dan satu bagian kuning (M+M+K).
  • Warna kuning orange (KO) merupakan warna yang dihasilkan dari pencampuran kuning dengan orange atau pencampuran dua bagian kuning dan satu bagian merah (K+K+M).

4. Warna Tertier

Warna tertier merupakan warna yang dapat dibuat dari pencampuran dua warna sekunder namun bisa juga dihasilkan dari gabungan tiga warna atau lebih. Warna tertier ini tidak terbatas jumlahnya dan dapat dibuat tergantung pada imajinasi pembuatnya. Beberapa jenis unsur warna yang termasuk ke dalam warna tertier diantaranya:

  • Perpaduan warna merah dan warna hijau (kuning + biru) akan menghasilkan warna coklat.
  • Perpaduan warna merah dan warna coklat akan menghasilkan warna maroon.
  • Perpauan warna kuning dan warna hijau akan menghasilkan warna kuning lemon.
  • Perpaduan warna merah, warna putih dan warna biru akan menghasilkan warna magenta.
  • Perpaduan warna merah muda dan warna jingga akan menghasilkan warna peach.
  • Perpaduan warna putih, warna coklat dan warna hitam akan menghasilkan warna sand.
  • Perpaduan warna biru dan warna ungu (merah + biru) akan menghasilkan warna biru dongker.

5. Warna Kwarter

Warna Kuarter adalah warna yang dihasilkan oleh pencampuran dua warna tertier. Warna kuarter ada tiga, yaitu kuarter hijau, kuarter orange dan kuarter ungu.

  • Kuarter hijau terjadi karena percampuran tertier biru dengan tertier kuning.
  • Kuarter orange terjadi karena percampuran tertier merah dengan tertier kuning.
  • Kuarter ungu terjadi karena percampuran tertier merah dengan tertier biru.

Teori warna Prang juga menyebutkan bahwa warna juga mempunyai tiga sifat yang disebut dengan dimensi warna, yaitu hue, value dan intensitas.

1. Hue 

Hue merupakan istilah yang digunakan untuk menunjukkan nama dari suatu warna dan dipakai untuk membedakan suatu warna dengan warna yang lainnya. Sifat panas dan dingin suatu warna sangat dipengaruhi oleh huenya. Semua warna masing-masing memiliki temperatur sehingga dapat menimbulkan sensasi visual (penglihatan) akan perasaan panas dan dingin.

Kualifikasi temperatur warna dapat dilihat pada lingkaran warna, dimana warna-warna panas adalah warna yang berada pada bagian kiri dalam lingkaran warna dan warna dingin terletak di bagian kanan.

  • Warna panas memberikan kesan agresif, menyerang, membangkitkan, menggugah, gembira, semangat, dan menonjol. Warna dingin memberikan kesan tenang, kalem, pasif, tenggelam, melankolis, serta kurang menarik perhatian.
  • Warna panas membuat suatu obyek kelihatan lebih besar, lebih dekat dan memberikan rasa kehangatan. Warna dingin mempunyai sifat tenggelam sehingga tampak lebih kecil, jauh dan memberi kesan tentram.

2. Value

Value, merupakan istilah untuk menunjukkan sifat gelap dan terangnya suatu warna. Value adalah tingkatan atau urutan kecerahan suatu warna. Nilai tersebut akan membedakan kualitas tingkatan kecerahan warna, misalnya membedakan warna merah murni dengan warna merah tua (gelap) atau dengan warna merah muda (terang).

Secara teoritis diagram tingkatan nilai yang biasa digunakan adalah 9 tingkat, mulai dari yang tercerah (putih), melalui deretan abu-abu netral, sampai kepada yang tergelap (hitam).

  • Untuk mendapatkan value ke arah yang lebih tua dari warna aslinya disebut dengan shade, dilakukan dengan penambahan warna hitam.
  • Sedangkan untuk warna yang lebih muda disebut dengan tint, dilakukan dengan penambahan warna putih. Jadi setiap wana dapat diubah nilainya, dengan nilai yang paling netral terletak pada deretan ke 5.

3. Intensitas

Intensitas merupakan dimensi yang menjelaskan sifat cerah (terang) atau kusamnya suatu warna atau suatu karakter yang menyatakan kekuatan atau kelemahan warna, daya pancar warna dan kemurnian warna. Intensitas adalah kualitas warna yang menyebabkan warna itu berbicara, berteriak atau berbisik dalam nada yang lembut.

Dua warna mungkin akan sama namanya, misalnya merah, dan nilainya mungkin sama, tetapi mungkin akan berbeda dari segi intensitas atau kekuatannya, yang satu mungkin lebih kuat dari yang lainnya.

  • Warna yang penuh intensitasnya akan sangat menarik perhatian atau menonjol dan memberikan penampilan yang cemerlang.
  • Warna yang intensitasnya rendah akan terlihat subtil (halus, lembut).

Trend Warna 2020

Berbicara mengenai unsur warna, lantas elemen warna seperti apa yang kira-kira akan mendominasi trend fashion 2020?. Mengacu pada rilis yang diterbitkan oleh Pantone Colour Institute berikut bebeberapa unsur yang diramalkan akan menjadi trend warna pada tahun 2020 mendatang. Warna-warna ini bahkan juga banyak terlihat di pagelaran fashion week dunia lho.

Khusus untuk anda yang ingin senantiasa terlihat fashionable di tahun mendatang, intip yuk sejumlah trend warna yang harus anda miliki. Jika di tahun-tahun sebelumnya trend fashion banyak diwarnai dengan warna pastel, justru di tahun 2020-an ini warna-warna kuat diprediksikan lebih mendominasi.

1. Flame Scarlet

Kesan bold, bright, warm dan energetik, hadir dari nuansa warna merah yang kerap terlihat dari sejumlah peragaan fashion di pekan mode beberapa waktu lalu. Warna ini penuh pernyataan dan selalu sukses memberikan kesan berani dan chic. Flame scarlet bisa juga diartikan sebagai warna yang melambangkan rasa percaya diri dan keteguhan suara wanita.

Trend Warna Fashion

Sumber : https://www.pantone.com/

2. Saffron

Nuansa warna vivid dengan gradasi kuning oranye kerap disebut dengan warna saffron. Warna ini di konon ambil dari rempah asal India bernama Saffron atau Kuma-kuma. Karena diambil dari nama rempah, warna saffron dianggap mampu memberi kesan berani dan penuh pernyataan, bahkan tersirat kesan glamor yang dipancarkan.

Trend Warna Fashion

Sumber : https://www.pantone.com/

3. Classic Blue

Classic blue merupakan warna yang identik dengan nuansa klasik. Warna biru tua ini mencerminkan luasnya langit pada malam hari yang diartikan sebagai segala kemungkinan yang ada di dunia. Dengan tampilannya yang khas, warna clasic blue sendiri sangat lekat akan evening look yang melambangkan kemewahan.

Trend Warna Fashion

Sumber : https://www.pantone.com/

4. Biscay Green

Musim semi yang lalu, nuansa pistachio dan lime green mendominasi trend desain fashion. Di tahun 2020, nuansa segar dari spektrum Aqua akan memberikan kesan yang tak disangka-sangka. Dominasi warna yang cantik akan terlihat di musim semi tahun 2020 mendatang.

Trend Warna Fashion

Sumber : https://www.pantone.com/

5. Chive

Warna-warna seperti chive atau seperti hijau army akan kembali menjadi trend di tahun 2020.Terinspirasi dari tumbuhan kucai, chive yang memiliki warna hijau gelap ini mampu memberikan harmoni yang sehat. Kucai sendiri merupakan salah satu bumbu dapur yang berguna sebagai herbal.

Trend Warna Fashion

Sumber : https://www.pantone.com/

6. Faded Denim

Shade bernuansa biru yang sangat reliable dan dependable bisa dipadukan dengan denim favorit. Dengan tampilannya yang sangat khas nuansa biru ini mampu menghadirkan banyak kesan mulai dari tampilan chic hingga bold, tergantung dari apa yang ingin anda tampilkan

Trend Warna Fashion

Sumber : https://www.pantone.com/

7. Orange Peel

Warna orange pell merupakan salah satu palet warna terang yang juga diramalkan masih menjadi trend desain fashion di tahun 2020. Warna orange terang ini siap dijadikan sebagai representasi gaya yang kontras dan penuh kejutan.

Trend Warna Fashion

Sumber : https://www.pantone.com/

8. Mosaic Blue

 

Trend Warna Fashion

Sumber : https://www.pantone.com/

9. Sunlight

Soft Sunlight menjadi salah satu unsur warna yang mengundang kebahagiaan dan kegembiraan. Dengan tampilannya yang lembut tapi tetap terkesan ceria warna ini diharapkan bisa memberikan sentuhan yang lebih fresh pada tampilan pemakainya.

Trend Warna Fashion

Sumber : https://www.pantone.com/

10. Coral Pink

Kombinasi dari nuansa hangat coral dengan sentuhan manis pink memang terlihat sangat feminin dan sejuk. Warna ini akan menjadi palet yang sempurna untuk digunakan pada pagi dan malam hari. Bahkan kain dengan sentuhan tekstur, payet dan tulle, akan memberikan kesan tersendiri pada tampilan.

Trend Warna Fashion

Sumber : https://www.pantone.com/

11. Cinnamon Stick

Ringan dan hangat, cinnamon stick menjadi palet warna yang sempurna untuk tampil gaya dalam berbagai suasana. Kalau biasanya musim semi identik dengan warna pastel cerah, tidak ada salahnya memilih warna cinnamon stick yang timeless dan mudah untuk dipadankan dengan outfit warna lainnya.

Trend Warna Fashion

Sumber : https://www.pantone.com/

12. Grape Compote

Berwarna cerah namun juga memberikan kesan tenang, grape compote termasuk ke dalam jenis warna yang melambangkan keagungan dan kebijaksanaan. Warna ini juga mampu memberi pemikiran atau penggambaran pada benak orang yang melihatnya akan sesuatu yang bersifat menyenangkan dan mewah.

Trend Warna Fashion

Sumber : https://www.pantone.com/

Rumus Memadupadankan Warna

Mau tampil lebih fashionable dengan berbagai macam model baju tapi masih bingung bagaimana menentukan padupadan warnanya. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa mencoba tips berikut:

  1. Kombinasikan warna monokromatik yang bersumber dari satu warna namun dengan nilai dan intensitas yang berbeda. 
    • Monokromatik merupakan perpaduan beberapa warna yang bersumber dari satu warna dengan nilai dan intensitas yang berbeda.
    • Contoh warnanya yakni berupa warna dasar ungu yang semakin lama intensitas warnanya semakin berkurang sehingga menjadi violet, pink, kemudian menjadi baby pink.
  2. Kombinasi dari warna analog atau saling bersebelahan akan menciptakan efek harmoni yang baik, karena memiliki kemiripan atau kedekatan warna.
  3. Jika anda termasuk kedalam orang yang suka tabrak warna, coba trik kombinasi warna komplementer atau yang saling berseberangan pada roda warna. Untuk memadukan warna komplementer, dibutuhkan keberanian karena warna-warna ini merupakan warna yang berlawanan.
  4. Kombinasi warna-warna yang saling membentuk sudut 90 derajat pada roda warna juga bisa jadi acuan selanjutnya. Cara menentukannya adalah pilih dua macam warna yang antara satu dengan warna lain memiliki jarak dua lengan (membentuk sudut 90 derajat) pada roda warna, misal warna pink atau ungu dengan warna biru.
  5. Memadukan warna-warna yang ada pada roda warna sehingga kombinasinya membentuk huruf T juga menjadi pilihan paling tepat yang bisa anda coba. Perpaduan warna ini biasanya akan menghasilkan lebih banyak warna lagi dibanding dengan pilihan trik sebelumnya.
  6. Kombinasi huruf T dalam roda warna ini akan membentuk 3 warna. Contohnya, padu padan warna baju yang menggunakan kombinasi warna merah, biru dan hijau. Atau pilihan lain adalah paduan warna orange, pink dan biru.
  7. Kombinasi warna-warna yang membentuk huruf X pada roda warna akan menghasilkan perpaduan yang lebih kaya lagi karena terdiri atas 4 warna. Tidak hanya diaplikasikan pada pakaian saja tapi trik ini juga bisa anda coba ketika memilih tas, sepatu maupun aksesoris. Sebagai contoh anda bisa memadukan warna kuning-hijau, orange, merah-ungu dan warna biru.

Setelah menyimak pembahasan di atas sekarang anda jadi makin tahukan pilihan warna apa saja yang bisa dipakai untuk menciptakan kesan yang baru pada busana anda di tahun 2020 yang akan datang. Kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak lagi informasi penting yang berkaitan dengan dunia desain fashion simak terus artikel dari kami ya. 

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.