Article

Homepage Article Jahit Menjahit Pertimbangkan 7 Hal Berikut…

Pertimbangkan 7 Hal Berikut Sebelum Anda Mulai Belajar Menjahit Secara Otodidak

Jika selama ini anda beranggapan bahwa orang yang tidak memiliki bakat dalam hal menjahit itu tidak akan pernah bisa menjahit maka sebaiknya anda kembali berfikir ulang. Sebab dalam istilah menjahit tidak ada yang namanya bakat, semua bisa dipelajari asalkan anda memiliki niat, kesabaran, dan ketekunan. Bahkan tanpa harus mengikuti kelas menjahit sekalipun sebenarnya anda juga bisa belajar menjahit sendiri di rumah. 

Belajar Menjahit Otodidak

Sumber : https://www.thespruce.com/

Kedengarannya memang terkesan sulit, namun jika anda tahu yang sebenarnya metode belajar secara otodidak ini bisa menjadi sangat efektif dan memberikan hasil yang sangat memuaskan jika anda benar-benar serius untuk mencobanya. Bukan hanya sebagai ruang berkreasi dan mengasah kreatifitas, menjahit juga dapat dijadikan sebagai salah satu sumber penghasilan yang sangat menjanjikan.

Belajar Menjahit Otodidak

Sumber : https://www.thespruce.com/

Tertarik untuk belajar menjahit secara otodidak?. Kali ini Fitinline akan mengajak anda untuk membahas lebih jauh lagi mengenai 7 hal paling penting yang harus diperhatikan jika anda ingin belajar menjahit sendiri.

Niat Yang Serius

Sebelum memutuskan untuk belajar menjahit pastikan anda sudah benar-benar yakin jika diri anda memang ingin belajar menjahit. Hal ini penting untuk dilakukan karena belajar menjahit itu sendiri membutuhkan waktu yang tidak bisa dibilang singat. Cari tahu apa yang menjadi motivasi anda sebenarnya sampai sahabat Fitinline harus belajar menjahit.

Buat Jadwal Yang Konsisten

Jika anda sudah merasa yakin seratus persen untuk menekuni dunia jahit menjahit, kini saatnya anda mulai membuat jadwal belajar menjahit yang konsisten dan teratur agar anda bisa tetap fokus saat belajar menjahit. Usahakan untuk membuat jadwal tetap untuk belajar menjahit, misal dua atau tiga kali dalam seminggu dengan durasi 1.5 - 2 jam.

Belajar Menjahit Otodidak

Sumber : https://apps.odoo.com/

Buat Kurikulum

Untuk memastikan bahwa pembelajaran yang anda lakukan lebih tepat dan terarah sebaiknya buat kurikulum belajar sebagai pegangan. Sesuaikan rencana pembelajaran dengan kemampuan anda agar kegiatan belajar menjahit yang anda lakukan terasa lebih menyenangkan. Dahulukan materi yang paling mudah baru yang sulit.

Belajar Menjahit Otodidak

Sumber : https://jillianinitaly.com/

Siapkan Alat Untuk Praktek

Jika sahabat Fitinline sudah paham tentang teori menjahit dan ingin mempraktekkannya secara nyata, mulailah untuk mempersiapkan berbagai alat dan bahan yang dibutuhkan dalam proses menjahit (jarum, benang, kancing, pita, kain, dll). Sebagai bahan percobaan anda bisa memanfaatkan kain-kain perca atau kain sisa kiloan yang dijual murah.

Belajar Menjahit Otodidak

Sumber : http://radiomilwaukee.org/

Fokus

Sekalipun sudah mengatur jadwal dan membuat kurikulum terkadang ada saja hal yang dapat mengganggu fokus anda dalam belajar. Untuk mengantisipasi hal ini biasakan untuk memilah mana hal yang penting dan yang tidak penting anda lakukan. Ingat kembali apa hal yang memotivasi anda untuk belajar menjahit.

Belajar Menjahit Otodidak

Sumber : https://gyakhoe.com/

Buat Suasana Yang Menyenangkan

Menciptakan suasana belajar yang menyenangkan menjadi kunci paling utama yang harus dipegang jika anda ingin berhasil dalam belajar menjahit secara otodidak. Belajar itu memang penting namun apabila tidak dibarengi dengan suasana hati yang baik makan semuanya akan menjadi sangat kacau.

Belajar Menjahit Otodidak

Sumber : http://www.independent.co.uk/

Perbanyak Praktek

Lain halnya dengan belajar menghafal, menjahit itu lebih banyak butuh praktek. Jika masih gagal pada percobaan pertama jangan pernah ragu untuk mencoba lagi dan lagi agar keterampilan menjahit anda semakin berkembang. Ketika anda sudah menyadari jika belajar menjahit itu bukan lagi suatu kewajiban melainkan sudah menjadi kebutuhan pasti anda akan merasa senang saat menjalaninya.

Belajar Menjahit Otodidak

Sumber :  https://www.mohawkcollege.ca/

Semoga bermanfaat.

Ingin tahu lebih banyak lagi tentang banyak hal yang masih ada hubungannya dengan jahit menjahit?. Sahabat Fitinline bisa mendownload video tutorialnya Di Sini.

CD Belajar Menjahit

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.