Dasi

Dasi merupakan aksesoris dari bahan kain yang dikenakan dengan cara diikatkan pada bagian leher dengan fungsi utama untuk menampilkan image profesional bagi kaum eksekutif. Menurut kamus besar bahasa Indonesia dasi dideskripsikan sebagai perlengkapan pakaian yang dibuat dari sutra atau bahan lain dan dipasang atau dikalungkan pada leher kemeja dengan ujung menggantung di bagian dada.

Meski sebagian besar dasi diciptakan sebagai atribut atau pelengkap pakaian formal pria pada perkembangannya dasi juga dapat dikenakan untuk wanita sebagai aksesori busana. Penyanyi Kanada Avril Lavigne bahkan turut mempopulerkan pemakaian dasi sebagai pelengkap gaya casual bagi para remaja wanita ditahun 2002.

Dasi

Sumber : http://pardomuan.blogspot.com/

Berdasarkan catatan sejarah, proses terciptanya dasi yang dikenal luas oleh masyarakat saat ini konon memiliki keterkaitan yang sangat erat dengan aksesoris leher yang dikenakan sejak zaman batu sebagai simbol atau identitas sosial kelompok tertentu dalam kehidupan bermasyarakat dimasa lalu. 

Dasi

Sumber : http://fashionpria.com/

Bagikan inspirasi desainmu Disini! Dan temukan kawan-kawan baru.

Bahkan oleh para juru bicara Romawi Kuno dan tentara militer Romawi,  aksesoris berupa selembar kain tersebut difungsikan untuk melindungi bagian leher dan dada pemakainya. Bukti lain penggunaan aksesoris kain pada bagian leher juga ditemukan pada patung batu Terracotta yang berjajar rapi di makam kuno  Xian Tiongkok.

Dasi

Sumber : http://www.gaulgelaa.com

Kehadiran aksesoris yang diberi nama ruff  pada masa Shakespeare ditahun 1564-1616 serta cravat pada masa pemerintahan Louis XIV ditahun 1660-an menambah daftar panjang temuan aksesoris yang dikenakan pada bagian leher. Berdasarkan cerita yang berkembang, cravat berujung panjang hingga bagian dada yang didesain pada tahun 1860 disebut-sebut sebagai cikal bakal penemuan dasi modern yang populer hingga saat ini.

Dasi

Sumber : http://m.weddingku.com/

Mempunyai karya design? Pajang karyamu Di sini!

Kehadiran model kemeja berkerah, menjadikan dasi yang dikenakan dengan cara disimpulkan dibawah dagu dengan ujung panjangnya menjuntai dibagian depan kemeja sebagai item fashion yang paling banyak digunakan sebagai pelengkap pakaian formal pria hingga saat ini. 

Dasi

Sumber : http://www.ties.com/

Kemajuan teknologi yang begitu pesat turut mendorong lahirnya berbagai variasi dasi dalam beragam warna, desain dan tekstur. Hal inilah yang kemudian melahirkan model dasi kupu-kupu yang populer pada tahun 1890-an. 

Dasi

Sumber : http://www.businessinsider.com

Semoga bermanfaat.

Mencari Kain untuk pakaian formal? Klik Di sini.

Kain Seragam

Tags : designer indonesia, desain fesyen

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.