Article

Homepage Article Fashion Design Ciri Khas Urban Style dan…

Ciri Khas Urban Style dan 10 Fashion Item Yang Identik Dengan Gaya Tersebut

Dikenal sebagai salah satu style fashion yang populer di seluruh dunia dan digunakan oleh sebagian besar masyarakat perkotaan di berbagai negara, berikut beberapa karakteristik paling khas dari urban style dan beberapa fashion item yang identik dengan style tersebut.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Urban Style

Urban style merupakan sejenis style yang muncul dari kebiasaan berpakaian masyarakat perkotaan dan jadi lini style tersendiri di dunia fashion karena memiliki penampilan khas yang modern dan bisa memberi rasa nyaman pada orang yang memakainya.

Urban Style

Sumber : https://id.pinterest.com/

Dilihat dari sejarahnya istilah urban style sendiri konon pertama kali muncul di Amerika Serikat pada tahun 1980-an dan 1990-an karena gerakan hip hop dan rap yang berkembang di kota-kota besar seperti New York, Los Angeles, serta Chicago.

  • Urban style mengacu pada jenis mode yang populer di daerah urban alias di kota-kota.
  • Urban style pada awalnya banyak terinspirasi oleh gaya berpakaian “brandalan” jalanan yang menentang untuk di dikte oleh gaya berbusana para designer.
  • Urban style sering juga dikaitkan dengan estetika yang rebel atau edgy.

Urban Style

Sumber : https://id.pinterest.com/

Beberapa hal mendasar yang memiliki pengaruh cukup besar pada fashion diperkotaan diantaranya:

  • Trend fashion dunia yang terjadi diwilayah perkotaan.
  • Perkembangan teknologi disuatu kota yang kemudian merubah pola fikir masyarakat termasuk pola fikir dalam hal fashion.
  • Kehidupan sosial dan budaya di perkotaan yang cenderung dinamis, mandiri, praktis, kompetitif, kritis dan memiliki mobilitas tinggi.
  • Iklim dan suasana suatu kota yang memberi pengaruh luar biasa pada fashion.

Urban Style

Sumber : https://id.pinterest.com/

Ciri Khas Urban Style

Seperti layaknya style fashion yang lain, urban style ini pada prinsipnya juga memiliki ciri khas tersendiri lho. Beberapa karakteristik paling khas yang membedakan urban style dengan style fashion lainnya yaitu:

  • Urban style memiliki potongan yang sangat simple namun terkadang sangat nyeleneh.
  • Urban style memiliki warna-warna yang berani dan sering “bertabrakan”.
  • Urban style identik dengan padupadan antara atasan dan bawahan yang bervariasi dan sering sekali ditambah dengan luaran seperti jacket, sweater, blazer dll.
  • Urban style banyak mengintegrasikan elemen streetwear, hip hop dan pengaruh budaya lainnya.
  • Urban style memiliki tampilan “pemberontak” dan sangat menonjol untuk menjadi pusat perhatian.

Urban Style

Sumber : https://id.pinterest.com/

Tidak berhenti di situ, urban style juga dapat mencakup gaya rambut, tato dan piercing, sebagai refleksi dari budaya dan nilai-nilai orang-orang yang tinggal di daerah urban atau perkotaan.

Urban Style

Sumber : https://id.pinterest.com/

Jika kamu masih belum terbayang urban style itu seperti apa, coba perhatikan beberapa fashion item yang sering digunakan dalam urban style berikut ini.

1. Celana Jeans

Pertama ada celana jeans yang jadi pilihan populer dalam urban fashion. Karakteristik bahannya yang nyaman dan serbaguna membuat celana jeans menjadi pilihan yang tepat untuk tampilan kasual dan santai.

2. Kaos

Kedua ada kaos dengan grafis yang paling ikonik dalam urban fashion. Kaos ini seringkali berhubungan dengan merek streetwear atau mencerminkan pesan dari budaya perkotaan.

3. Jaket

Ketiga ada jaket dalam berbagai bentuk dan gaya yang dapat memberikan tampilan keren sekaligus meningkatkan kenyamanan pada penggunanya saat cuaca tidak menentu.

Untuk pilihan modelnya beberapa jenis jaket yang sering ditemukan dalam urban fashion yaitu:

  • Jaket varsity yang memiliki ciri sangat khas yakni dibuat dalam dua warna berbeda (antara badan dan lengannya) kemudian diberi tambahan bordir logo / inisial pada bagian dada.
  • Jaket bomber yang memiliki bentuk yang cenderung menggembung atau bulky.
  • Jaket parka yang memiliki ukuran lumayan panjang  hingga bagian lutut dan beberapa ada yang dilengkapi dengan drawstrings di bagian pinggang serta manset.
  • Jaket denim yang sangat cocok dipakai untuk menghangatkan tubuh ketika dingin sekaligus pelengkap gaya penampilan yang keren.
  • Jaket kulit yang dibuat dari bahan khusus yakni berupa bahan kulit asli atau kulit sintetis berkualitas tinggi.

Download Pola Jaket Varsity, Pola Jaket Bomber, Pola Jaket Parka, Pola Jaket Denim dan Pola Jaket Kulit siap pakai dari kami kalau kau ingin membuat jaket sendiri dengan pola yang sudah jadi.

4. Hoodie Jumper

Keempat ada hoodie jumper yang dilengkapi dengan penutup kepala. Selain memberikan rasa nyaman pada penggunanya, penutup kepala yang terpasang di bagian belakang hoodie jumper juga memberikan tampilan yang santai.

5. Celana Jogger

Kelima ada celana jogger dengan desain longgar di bagian atas dan ketat di bagian bawah yang menggabungkan gaya streetwear dengan kenyamanan.

6. Kemeja Flanel

Keenam ada kemeja flanel atau plaid shirt yang sering digunakan untuk memberikan sentuhan gaya grunge dan kasual pada tampilan urban.

7. Sneakers

Ketujuh ada sneakers yang awalnya sering dipakai untuk berolahraga. Munculnya merek-merek sepatu terkenal dengan model yang stylish menjadi favorit untuk memberikan sentuhan kasual pada tampilan.

8. Topi

Kedelapan ada topi snapback atau baseball cap yang sering digunakan dalam urban fashion untuk menambahkan sentuhan gaya dan melengkapi tampilan.

9. Kacamata Hitam

Kesembilan ada kacamata hitam yang tidak hanya berfungsi sebagai pelindung mata dari sinar matahari, tetapi juga merupakan aksesori keren yang sering dipakai dalam urban fashion untuk menambahkan sentuhan ekstra pada tampilan.

10. Tas Ransel

Kesepuluh ada tas ransel yang dapat dikenakan dengan cara digendong atau dipakai di punggung. Dari segi desainnya pun tas ransel ini dapat dijumpai dalam model kotak atau oval dengan resleting sebagai penutupnya.

Simak juga :

Selain didominasi oleh sejumlah fashion item seperti yang sudah disebutkan di atas, sebenarnya masih banyak fashion item lain yang dapat ditambahkan atau dikombinasikan untuk menciptakan tampilan yang sesuai dengan selera dan kepribadian kamu.

Sementara untuk cara stylingnya, tidak ada aturan pasti dalam dunia fashion yang menyebutkan apakah pakaian yang kamu pakai harus selalu yang slim fit atau pas di badan. Jadi kalau kamu ingin menggunakan baju oversized pun tidak jadi masalah.

Urban Style

Sumber : https://id.pinterest.com/

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengena ciri khas urban style dan fashion item yang identik dengan gaya tersebut. Untuk kamu yang ingin mengadaptasi urban style dalam penampilan kamu, pastikan untuk selalu memilih baju-baju yang mampu memberi rasa nyaman ya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.