Article

Homepage Article Jahit Menjahit Cara Mudah Membuat Kantong…

Cara Mudah Membuat Kantong Belanja Ramah Lingkungan Yang Stylish dan Trendy

Biasa menggunakan kantong-kantong plastik untuk membawa barang belanjaan anda?. Untuk mendukung gerakan hidup yang lebih baik mulai dari sekarang ada baiknya bila anda membiasakan diri membawa kantong belanja ramah lingkungan dari bahan kain yang bisa dicuci dengan mudah dan digunakan berulang kali.

Definisi Tas Belanja

Tas belanja dapat didefinisikan sebagai sebuah tas yang biasa digunakan untuk mengemas barang belanja. Tas belanja ini biasanya didominasi oleh tas plastik maupun kertas namun seiring berjalannya waktu mulai digantikan dengan adanya tas belanja dari bahan kain yang lebih awet dan lebih ramah lingkungan.

Tas Belanja

Sumber : https://www.pinterest.ca/

Dipilihnya tas belanja dari bahan kain sendiri sebenarnya bukan tanpa alasan. Bagi anda yang masih malas menyadari, kantong-kantong plastik sisa belanjaan itu bila menjadi sampah tidak bisa diurai dalam waktu singkat. Belum lagi bahan kimia yang terkandung pada plastik juga bisa berdampak buruk untuk kesehatan.

Tas Belanja

Sumber : https://www.fallindesign.com/

Terkait dengan bahan kain yang dapat digunakan untuk membuatnya jadi untuk membuat tas belanja sendiri sebenarnya tidak ada aturan khusus harus memakai kain apa, meski memang sejumlah produsen tas belanja lebih banyak menggunakan jenis-jenis kain yang memiliki karakteristik kuat dan tidak mudah robek.

Tas Belanja

Sumber : https://www.amazon.fr/

Beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan dari penggunaan tas belanja berbahan kain diantaranya:

  1. Tas belanja dari bahan kain dapat digunakan secara berulang-ulang dalam kurun waktu yang lebih lama jika dibandingkan dengan tas plastik.
  2. Penggunaan kantong belanja ramah lingkungan dari bahan kain bisa mengurangi dan menanggulangi kerusakan lingkungan akibat sampah anorganik yang sulit di daur ulang.
  3. Tas belanja yang dibuat dari bahan kain tertentu dapat dimanfaaatkan sebagai media promosi untuk sepatu atau produk lain.
  4. Selain digunakan untuk keperluan belanja tas kain ini juga dapat digunakan dalam berbagai kegiatan seperti berbelanja, kuliah atau sekedar jalan-jalan.
  5. Perawatan tas belanja kain terbilang sangat mudah karena bisa dicuci dengan teknik hand washing.

Cara Membuat Tas Belanja

Tertarik untuk membuat tas belanja kain sendiri tapi masih bingung harus mulai dari mana?. Kalau mau mencobanya maka anda bisa mengikuti beberapa langkah sederhana sebagai berikut.

1. Menyiapkan Alat dan Bahan

Sebelum mulai membuat tas belanja kain pertama-tama siapkan terlebih dahulu alat dan bahan pendukung yang diperlukan untuk menyelesaikan tas tersebut. Beberapa alat dan bahan yang dimaksud diantaranya:

  • Penggaris dan kapur kain untuk menggambar pola tas pada bahan kain.
  • Alat jahit pokok yang terdiri dari mesin jahit dan mesin obras untuk menjahit dan juga mengobras tas belanja.
  • Alat jahit tambahan untuk menunjang alat jahit pokok, alat yang diperlukan diantaranya:
  • Jarum jahit tangan digunakan untuk menjelujur tas belanja.
  • Jarum pentul untuk menyemat bagian-bagian tas belanja sebelum dijahit.
  • Gunting untuk memotong sisa-sisa kampuh tas belanja yang sudah dijahit dan untuk memotong benang jahit.
  • Pendedel untuk mengangkat sisa benang jelujur.
  • Bahan untuk pembuatan tas yang memiliki karakteristik kokoh, kuat dan tidak mudah sobek.

Tas Belanja

Sumber : https://blog.megannielsen.com/

Tas Belanja

Sumber : https://www.hgtv.com/

Butuh mesin jahit dan mesin obras berkualitas untuk menjahit tas belanja?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa membeli mesin jahit dan mesin obras dari kami.

Khusus untuk membuat tas belanja sendiri beberapa pilihan bahan yang dimaksud diantaranya ada kain spunbond, kain kanvas, kain blacu, kain taslan, kain dinir, kain parasut, kain nilon hingga kain ripstop.

a. Kain Spunbond

Kain spunbond termasuk ke dalam jenis bahan kain yang dikenal lebih tahan lama jika dibandingkan plastik maupun kertas. Dengan harganya yang tergolong murah kain spunbond sangat cocok jika digunakan untuk tas belanja lantaran pilihan bahannya juga lumayan banyak.

Berdasarkan tingkat ketebalannya, kain spunbond sendiri secara umum dapat dikelompokkan kedalam berbagai jenis dan variasi yang berbeda.

Kain spunbond 50 gram merupakan jenis bahan yang paling tipis diantara bahan spunbond lainnya. Kain ini biasa digunakan sebagai kemasan pembungkus tas wanita pada saat pertama kali dibeli.

Kain spunbond 75 gram merupakan salah satu jenis bahan kain spunbond yang memiliki tekstur dan tingkat ketebalannya yang sedang sehingga sangat mudah untuk dijahit dan dikombinasikan menjadi berbagai model tas.

Kain spunbond 100 gram merupakan bahan yang paling tebal untuk jenis kain spunbond. Tekstur dan struktur bahannya yang tebal sangat cocok digunakan untuk membawa barang-barang yang agak berat.

Tas Belanja

Sumber : https://www.ebay.com/

b. Kain Kanvas

Kain kanvas merupakan sejenis bahan kain yang berserat tebal dan kuat. Keunggulan tas belanja yang dibuat dari bahan kanvas adalah dapat dicuci dan digunakan berulang-ulang kali tanpa khawatir akan merubah tekstur bahannya.

Bahan kain kanvas yang paling banyak digunakan untuk membuat tas belanja sendiri biasanya tidak jauh-jauh dari kain blacu kanvas, kain kanvas marsoto, kain kanvas terpal serta kain kanvas sueding.

Kain blacu kanvas merupakan jenis kanvas yang memiliki karakteristik cukup tipis jika dibandingkan jenis kanvas lainnya. Kain kanvas ini paling banyak dijumpai di pasaran.

Kain kamvas marsoto merupakan jenis kanvas yang cukup tebal dan tidak mudah robek. Kain ini memiliki bintik-bintik pada permukaannya menyerupai tekstur kain cordura.

Kain kanvas terpal merupakan jenis kanvas yang memiliki karakteristik tebal, kuat, tidak mudah robek dan juga tahan terhadap suhu tinggi.

  • Kain Kanvas Sueding

Kain kanvas sueding merupakan jenis kanvas yang memiliki lapisan sedikit berbulu pada bagian atasnya dan jika dipegang akan terasa lebih tipis.

Tas Belanja

Sumber : https://www.onlinefabricstore.net/

c. Kain Blacu

Kerap dianggap sebagai bahan kain yang paling rendah kualitasnya kini kain blacu justru banyak digunakan untuk membuat kantong belanja ramah lingkungan, tas pembungkus product, tas souvenir, bahkan tas seminar.

Tas Belanja

Sumber : https://shopee.co.id/

d. Kain Taslan

Kain taslan terkenal sebagai bahan kain yang eksklusif karena terbuat dari serat sintetis berkualitas tinggi. Dalam industri pembuatan tas, kain taslan ini sering dipakai untuk membuat tas belanja model serut serta tas belanja model lipat.

Tas Belanja

Sumber : https://tianenfangzhi.en.made-in-china.com/

e. Kain Dinir

Kain dinir termasuk ke dalam jenis kain yang memiliki tekstur lembut dan fleksibel namun kuat. Sesuai komposisi penyusunnya, kantong belanja ramah lingkungan yang dibuat dari kain dinir ini tekstur bahannya sangat bagus dan tidak mudah robek.

Tas Belanja

Sumber : http://pictogoodie.com/

f. Kain Parasut

Kain parasut untuk tas belanja umumnya memiliki karakteristik yang tipis dan ringan. Seperti halnya taslan, kain parasut ini juga sering digunakan untuk membuat tas belanja model lipat yang sangat praktis disimpan dalam saku celana maupun jaket.

Tas Belanja

Sumber : https://www.indiamart.com/

g. Kain Denim

Kain denim merupakan salah satu bahantas belanja yang sebenarnya masih satu keluarga dengan kain kanvas. Selain kuat kain denim ini juga terlihat lebih kasual namun juga tetap terlihat elegan dalam waktu yang bersamaan.

Tas Belanja

Sumber : https://www.fabric.com/

h. Kain Drill

Kain drill termasuk ke dalam jenis bahan kain yang memiliki serat dan garis-garis miring. Dalam sebuah kain drill biasanya terdapat kandungan katun yang lembut dan polyester yang menambah kekuatan kain drill.

Tas Belanja

Sumber : https://rathdownefabrics.com.au/

i. Kain Nilon

Kain nilon merupakan salah satu jenis bahan kain yang terbuat dari produk minyak bumi. Nilon dapat pula digabung dengan fiber lain seperti katun untuk menciptakan bahan kantong belanja ramah lingkungan yang tidak mudah robek dan cepat kering.

Tas Belanja

Sumber : https://www.joann.com/

j. Kain Ripstop

Kain ripstop dapat dikategorikan ke dalam jenis kain tenun yang sering terbuat dari benang nilon. Dimana dalam proses penenunannya menggunakan teknik khusus yang membuat ripstop sangat awet dan tahan terhadap robek.

Tas Belanja

Sumber : https://www.fabricwholesaledirect.com/

2. Menentukan Model Tas

Selesai menyiapkan sejumlah alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat tas selanjutnya tentukan terlebih dahulu seperti apa model tas yang ingin anda buat, apakah berbentuk tote bag, drawstring bag atau model tas yang lainnya. 

  • Tote Bag

Tote bag merupakan istilah yang biasa digunakan untuk menyebutkan sebuah model tas yang terbuka dibagian atas. Dengan desainnya yang sedemikian simple tas ini sangat mudah untuk dibuat dan digunakan sebagai kantong belanja ramah lingkungan.

Tas Belanja

Sumber : https://www.worldmarket.com/

  • Drawstring Bag

Tidak seperti model tas lainnya, sebagai tas belanja drawstring bag yang banyak dibuat dari bahan dasar kain ini secara keseluruhan memiliki serut atau tali penarik pada bagian atasnya untuk untuk menutup lubang tas.

Tas Belanja

Sumber : https://www.gamesandhobbies.co.nz/

3. Menentukan Ukuran Tas

Tentukan seberapa besar ukuran tas yang ingin anda buat. Khusus untuk ide pembuatan tote bag, sahabat Fitinline bisa mencoba beberapa ukuran berikut ini:

  • 30 x 35 cm untuk tote berukuran sangat kecil.
  • 35 x 40 cm untuk tote berukuran sedang.
  • 60 x 50 cm untuk tote berukuran besar.

Hal yang sama berlaku juga bila anda ingin membuat kantong belanja ramah lingkungan dengan model lain. Selain memilih satu diantara ketiga ukuran yang sudah disebutkan di atas anda juga bisa menggunakan ukuran lain misal 20 x 22 cm, 26 x 33 cm, 31 x 36 cm, 35 x 42 cm atau 38 x 45 cm.

Tas Belanja

Sumber : https://handbag-asia.com/

4. Membuat Pola Tas Belanja

Setelah mendapatkan ukuran tas yang dikehedaki sekarang saatnya bagi anda untuk membuat pola tas belanja sesuai ukuran yang anda inginkan. Proses pembuatan pola tas belanja ini bisa dibuat lebih dulu pada selembar kertas baru dijiplak ke atas kain atau dibuat secara langsung pada bahan tas.

Tas Belanja

Sumber : https://www.averbforkeepingwarm.com/

Ukur bahan kain sesuai kebutuhan dengan bantuan penggarisi kemudian tandai dengan kapur kain.

  • Untuk membuat tas belanja dengan model tote bag polanya sendiri secara umum terdiri atas dua bagian yakni pola bagian badan tas yang besar dan pola tali tas yang berukuran kecil.
  • Untuk membuat tas belanja dengan model drawstring bag polanya terdiri dari dua bagian yakni berupa bagian utama tas yang berukuran besar dan bagian tali tas yang panjang.

5. Memotong Bahan Kain

Potong bahan kain sesuai pola yang sudah dibuat dengan menggunakan gunting khusus kain.

  • Potong bahan kain mengikuti garis kampuh yang telah dibuat sebelumnya.
  • Potong bahan kain dari bagian pola yang besar baru pola yang kecil yakni untuk tali tas.
  • Supaya hasil guntingan yang didapatkan terkesan tampak rata dan halus gunakan gunting yang tajam.

Tas Belanja

Sumber : http://www.arhcreationantaise.com/

6. Menjahit Tas Belanja

Untuk membuat tas belanja dengan model tote bag anda bisa mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

  • Gabungkan dua buah potongan kain yang telah disiapkan sebagai bagian utama tote bag dengan posisi bagian baik keduanya saling berhadapan.
  • Supaya lebih mudah saat menjahitnya anda bisa menyatukan bahan kain terlebih dahulu dengan tusuk jelujur renggang. Langkah-langkah membuat tusuk jelujur renggang pada bahan kain yang bisa anda coba yaitu:
    • Siapkan jarum tangan dan isi jarum tersebut dengan benang jahit sebanyak dua  helai,  warna  benang  yang  digunakan  sebaiknya  berlainan dengan warna bahan.
    • Tusukkan jarum yang telah diberi benang kebagian buruk kain yang ingin dijahit kemudian tarik jarum sampai benang habis.
    • Tusukkan jarum dari bagian baik kain lalu tarik jarum sampai benang habis dari bagian buruk kain. Sesuaikan jarak jahitan sesuai kebutujan tapi usahakan jangan terlalu jauh.
    • Tusukan kembali jarum dari bagian buruk kain, usahakan beri jarak yang sama dengan jarak tusuk jelujur yang telah dibuat, agar terlihat rapi. Tarik jarum sampai benang habis.
    • Tusukkan kembali jarum dari bagian depan kain dan lanjutkan seterusnya sampai jarak yang diinginkan.
  • Jahit bagian sisi kiri, kanan dan bagian bawah tote bag dengan menggunakan mesin jahit, hingga menyisakan celah yang terbuka di bagian atasnya. Obras sepanjang tepi kain agar serat-seratnya tidak mudah terurai.
  • Balikkan badan tote bag tersebut hingga bagian baiknya berada di luar. Rapikan celah bagian atas tote bag dengan cara melipatnya kearah dalam kemudian tindas dengan menggunakan pola jahitan berbentuk lurus.
  • Lipat badan tote bag ke dalam tiga bagian secara memanjang, kemudian tandai bagian lipatannya menggunakan pensil atau kapur jahit. Lipatan ini nantinya akan digunakan sebagai acuan dalam menempatkan gantungan tas.
  • Pasangkan gantungan tote bag pada bagian yang telah di tandai sebelumnya. Jahit gantungan tas dan badan tote bag tersebut secara bersamaan lalu rapikan.
  • Sampai di sini anda akan memperoleh tote bag yang cantik dan menarik.

Tas Belanja

Sumber : https://harvest-goods.com/

Sementara bila anda ingin membuat tas belanja dengan model drawstring bag maka anda bisa mengikuti cara sederhana sebagai berikut.

  • Untuk membuat bagian badan yang juga menjadi bagian utama drawstring bag, gabungkan dua buah potongan kain persegi empat menjadi satu. Posisikan agar kedua bagian baik bahan kain saling berhadapan.
  • Jahit bagian sisi kiri, kanan dan bawah bahan kain dengan mesin jahit hingga menyisakan celah yang terbuka di bagian atasnya. Setelah itu obras sepanjang tepi kain agar serat-seratnya tidak mudah terurai.
  • Rapikan bagian celah tas belanja dengan cara melipat bagian tepi kain ke arah dalam sebanyak dua kali. Besarnya lipatan pada mulut tas ini tinggal disesuaikan dengan kebutuhan atau lebar tali drawstring bag.
  • Selesai membuat bagian kantung drawstring bag sekarang saatnya membuat buah tali drawstring bag dengan memanfaatkan sisa potongan celana yang masih tersisa. Jumlah tali yang harus anda buat yaitu sebayak dua buah.
    • Mula-mula potong bahan kain dengan lebar kurang lebih 3 cm untuk membuat tali. Akan lebih bagus jika talinya dibuat sedikit lebih panjang dari ukuran lubang drawstring bag.
    • Lipat bahan kain menjadi dua bagian sama besar kemudian jahit sepanjang tepinya.
    • Setelah proses menjahit selesai, selanjutnya balikkan tali tersebut supaya bagian baiknya berada di luar.
    • Tutup bagian ujung tali dengan jahitan.
  • Untuk membuat wadah tali drawstring bag, bongkar terlebih dahulu masing-masing sambungan ujung bagian bawah kantung tas dengan bantuan pendedel benang.  
  • Masukkan tali yang sudah selesai dibuat kedalam wadah tali yang terdapat pada bagian bukaan drawstring bag menggunakan alat bantu peniti atau lainnya hingga kedua ujung talinya bertemu kembali pada sisi yang sama.
  • Masukkan juga tali drawstring bag yang lain kedalam wadah tali yang terdapat pada bagian bukaan drawstring bag namun dari lubang lain yang berseberangan hingga kedua ujung talinya bertemu kembali pada sisi yang sama.  
  • Ikat ujung tali yang terdapat pada masing-masing sisi belahan drawstring secara bergantian. Sampai di sini kantong belanja ramah lingkungan dengan model drawstring bag siap untuk digunakan.

Tas Belanja

Sumber : https://www.alibaba.com/

Khusus untuk anda yang suka bereksperimen anda juga bisa menambahkan satu buah tali panjang untuk mengaitkan drawstring bag tersebut pada bagian pundak. Cara pembuatan talinya kurang lebih sama dengan proses pembuatan tali yang ditempatkan pada bagian bukaan drawstring bag.

Demikian pembahasan singkat mengenai cara mudah membuat tas belanja kain dengan alat dan bahan sederhana yang dapat kami bagikan untuk anda. Kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak lagi tentang tips dan trik yang dapat dilakukan untuk membuat berbagai produk jahit lainnya simak terus artikel dari kami ya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.