Article

Homepage Article Kain Ciri Khas dan Pemanfaatan…

Ciri Khas dan Pemanfaatan Bahan Gordyn

Bahan gordyn dikenal sebagai salah satu jenis bahan kain yang bersifat serbaguna. Buat anda yang mau tahu lebih banyak lagi tentang karakteristik bahan gordyn dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari langsung simak pembahasan berikut yuk.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Bahan Gordyn

Bahan gordyn termasuk ke dalam salah satu jenis bahan kain yang bersifat waterproof dan memiliki susunan serat yang lebih rapat sehingga sangat cocok dipakai untuk membuat berbagai produk yang membutuhkan sifat anti air sangat kuat.

Bahan Gordyn

Sumber : https://fitinline.com/

Karakteristik Bahan Gordyn

Beberapa karakteristik paling khas yang juga menjadi kelebihan bahan gordyn diantaranya:

  • Bahan gordyn karakter kainnya ringan dan memiliki sifat anti air yang kuat (waterproof).
  • Bahan gordyn memiliki susunan serat yang rapat.
  • Bahan gordyn cukup kuat dan memiliki daya tahan yang tinggi.
  • Bahan gordyn bisa disablon tapi tidak bisa disublim.
  • Bahan gordyn cenderung tidak mudah kusut karena terbuat dari jenis serat poliester.
  • Bahan gordyn mudah dibersihkan dan cepat kering.

Pemanfaatan Bahan Gordyn

Terkait dengan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari bahan gordyn ini umumnya sangat populer untuk membuat bermacam-macam produk yang menarik seperti jas hujan, cover / sarung anti air, travel pouch, wet bag, alas meja, tirai anti air dan masih banyak lagi.

1. Jas Hujan

Jas hujan merupakan pakaian tahan air yang dapat digunakan untuk melindungi tubuh dari terpaan hujan serta meminimalisir masuknya air yang mengenai bagian tubuh dan pakaian. Untuk pilihan modelnya beberapa jenis jas hujan yang dapat dibuat dari bahan gordyn antara lain berupa:

  • Jas hujan mantel atau jas hujan model terusan yang memiliki bentuk memanjang dari penutup kepala (tudung) langsung ke bagian badan.
  • Jas hujan ponco yang memiliki bentuk seperti layaknya jubah berukuran besar dan lebar yang jika direntangkan umumnya akan terlihat seperti persegi.
  • Jas hujan setelan atas bawah yang terdiri dari dua bagian yang terpisah. Setelan atas dari jas hujan model ini umumnya berupa jaket dan setelan bawah berupa celana.
  • Jas hujan rok atau gamis model baru yang bentuknya sekilas tampak seperti gamis.

Bahan Gordyn

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Sebagai salah satu perlengkapan keselamatan berkendara yang memiliki peran sangat penting saat musim hujan, jas hujan tersebut biasanya dilengkapi pula dengan pita scotlight yang dapat memantulkan cahaya.

Untuk menutup jahitan pada jas hujan serta menahan air hujan agar tidak masuk melalui lubang-lubang bekas jahitan diperluakan pula yang namanya Seam Sealer Tape : Penutup Jahitan Pada Bahan Waterproof.

2. Cover / Sarung Anti Air

Berikutnya bahan gordyn juga dapat dipakai untuk membuat berbagai jenis cover / sarung anti air. Cover yang dimaksud disini bisa berupa cover motor, cover sepeda, cover mobil dll.

Dengan karakteristik bahannya yang waterproof, cover yang dibuat dari bahan gordyn memungkinkan benda yang ada didalamnya tetap kering walaupun permukaannya terkena air.

Bahan Gordyn

Sumber : https://www.lazada.co.id/

3. Travel Pouch

Selanjutnya ada travel pouch yang sangat cocok digunakan untuk menyimpan bermacam-macam barang seperti halnya dompet, kunci, make up dan peralatan ibadah agar lebih rapi dan tidak berantakan.

Bahan Gordyn

Sumber : https://www.blibli.com/

4. Wet Bag

Selain travel pouch bahan gordn juga bisa dipakai untuk membuat wet bag. Sejenis kantong yang didesain khusus untuk menyimpan sementara cloth menstrual pad, pakaian bayi yang kotor, cloth diaper pakaian yang basah sehabis berenang.

Bahan Gordyn

Sumber : https://shopee.co.id/

5. Alas Meja

Untuk melindungi meja agar tidak mudah kotor atau pun rusak, bahan gordyn juga sangat cocok diandalkan sebagai alas meja makan atau meja lain yang ada di rumah anda.

Beberapa kelebihan yang juga menjadi alasan mengapa anda harus menggunakan alas meja dari bahan gordyn diantaranya:

  • Alas meja berbahan gordyn dapat melindungi meja dari noda makanan maupun cipratan air.
  • Alas meja berbahan gordyn dapat melindungi meja dari debu.
  • Alas meja berbahan gordyn dapat melindungi meja dari gesekan benda.

6. Tirai Anti Air

Terakhir bahan gordyn juga dapat digunakan sebagai bahan pembuatan tirai anti air yang biasa dipasang di kamar mandi. Fungsi utama dari tirai ini yaitu:

  • Menjadi elemen dekoratif yang memberi kesan lebih menarik pada tampilan kamar mandi.
  • Menjadi elemen partisi yang membatasi toilet dan area shower atau mandi.
  • Melindungi area toilet dari ciptratan air shower agar lantai di sekitarnya tetap kering.

Dengan adanya tirai yang membatasi toilet dan area shower, kamar mandi yang memiliki ukuran kecil akan tampak lebih luas. Untuk membersihkannya pun anda tinggal melepas tirai kemudian mencucinya seperti pakaian biasa.

Bahan Gordyn

Sumber : https://www.bukalapak.com/

Hal terpenting yang perlu anda ingat untuk merawat tirai waterproof yaitu:

  • Cuci tirai waterproof dengan detergent secukupnya (jangan terlalu banyak dan jangan terlalu lama).
  • Kucek tirai dengan menggunakan tangan terutama pada area yang terkena noda.
  • Hindari penggunaan sikat yang berbulu kasar untuk membersihkan noda pada tirai waterproof.
  • Bilas tirai sampai bersih dan tidak ada sisa busa detergen yang tertinggal kemudian keringkan dengan cara diangin-anginkan.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai karakteristik bahan gordyn dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan bagi anda untuk memilih bahan kain yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan ya.

Kalau anda ingin membeli bahan gordyn berkualitas dengan harga murah untuk membuat jas hujan, cover anti air, travel pouch, wet bag, alas meja dan tirai anti air secara online anda bisa memesannya pada kami.

Pertama ada bahan gordyn 010 yang memiliki kode ketebalan : 010 dan berat : 0,2 kg/meter.

Kedua ada bahan gordyn 015 yang memiliki kode ketebalan : 015 dan berat : 0,24 kg/meter. Bahan gordyn 015 lebih tebal dari bahan gordyn 010.

Ketiga ada bahan gordyn 020 yang memiliki kode ketebalan : 020 dan berat : 0,27 kg/meter. Bahan gordyn 020 lebih tebal dari bahan gordyn 010 maupun bahan gordyn 015.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.