Article

Homepage Article Kain Cara Menguji Kualitas Kain…

Cara Menguji Kualitas Kain Terhadap Pemanjangan / Penyusutan Setelah Pencucian

Kamu pernah gak sih ngalamin baju lebih kecil setelah di cuci atau di setrika? Atau bahkan baju kamu juga tambah besar setelah di cuci atau di setrika? Hal itu sering terjadi lho karena adanya penyusutan dan pemanjangan kain karena tidak dilakukannya pengujian kualitas kain nih sebelum membuat pola.

Pengujian kualitas pada kain sangat diperlukan di industri garmen terutama berdasarkan pemanjangan kain dan penyusutan kain nih yang akan memberikan efek saat membuat pola baik di dunia industri garmen. Pengujian kualitas kain ini sebenarnya bisa di golongkan ke beberapa macam namun salah satunya yang akan kita ulas di artikel ini berdasarkan pemanjangan kain atau biasanya di sebut ellongation (kemelaran) dan penyusutan kain atau biasanya di sebut (shrinkage).

Kali ini Fitinline akan bahas beberapa point penting di artikel ini, di antaranya :

Apa Sih Pemanjangan Kain / Elongation?

Pemanjangan Kain (Elongation) dapat di artikan sebagai bertambahnya  ukuran yang telah di tentukan setelah dilakukan treatment (washing/cuci, ironing/setrika) pada kain tersebut. Pengujian kualitas kain berdasarkan pemanjangan kain ini sering bahkan wajib nih di lakukan di industri garmen sebelum pembuatan pola.

Pemanjangan dan Penyusutan Kain

Sumber : https://www.pinterest.ca/

Apa Sih Penyusutan Kain / Shrinkage?

Penyusutan Kain (Shrinkage) dapat di artikan sebagai berkurangnya  ukuran yang telah di tentukan setelah dilakukan treatment (washing/cuci, ironing/setrika) pada kain tersebut. Pengujian kualitas kain berdasarkan penyusutan kain ini sering bahkan wajib nih di lakukan di industri garmen sebelum pembuatan pola. Untuk contoh kamu bisa lihat gambar di bawah ini.

Pemanjangan dan Penyusutan Kain

Sumber : https://www.pinterest.ca/

Cara Pengujian Kualitas Kain Berdasarkan Pemanjangan dan Penyusutan Kain

Buat kamu yang masih penasaran atau mau tau cara pengujian kualitas kain berdasarkan pemanjangan dan penyusutan kain, bakal kita ulas di sini  karena ini sangat berperan penting lho kalau kamu mau melakukan pembuatan pola terutama di industri-industri garmen yang besar selalu menerapkan pengujian kualitas ini. Nah dalam pengujian kualitas kain berdasarkan pemanjangan dan penyusutan kain ini biasanya dilakukan dengan 3 treatment ya yaitu treatment washing atau pencucian, treatment ironing atau penyetrikaan dan treatment steam (relaksasi dengan uap) biasanya untuk kain jenis kaos.

Langkah-langkah yang biasa di gunakan untuk pengujian ini di antaranya :

  • Kamu potong sebagian kain yang akan di gunakan untuk membuat garmen (posisi kain  cukup untuk 2 sisi/lipatan)
  • Kamu bisa gambar  persegi di atas kain yang di potong dengan ukuran 35 cm x 35 cm di 2 sisi kain ya
  • Kemudian kamu tandain nih dengan simbol + menggunakan spidol khusus untuk yang washing dan steam,  tandain menggunakan bolpein untuk yang treatment ironing
  • Setelah di tandain nantinya akan di lakukan treatment, untuk yang washing (cuci) akan di cuci sesuai dengan formula yang telah ditentukan oleh buyer, untuk yang steam akan  relaksasi sambil di uap, dan untuk yang treatment ironing/setrika nantinya akan di setrika dengan suhu sesuai dengan content kainnya.
  • Setelah pengujian kain tersebut selesai nantinya semua kain akan di relaksasi kembali sesuai content kainnya dengan minimal 4 jam.
  • Selesai relaksasi kamu ukur kembali ya tanda persegi yang di gambar tadi sebelum treatment. Jika hasil ukuran kurang dari yang sebelumnya maka itu di namakan penyusutan kain/shrinkage namun jika ukuran tersebut melebihi dari yang sebelumnya itu namanya pemanjangan kain/elongation atau bahasa yang sering di sebut melar.

Untuk proses penguji kualitas bisa di lihat di bawah ini :

Pemanjangan dan Penyusutan Kain

Sumber : https://handwiki.org/, https://onlinegarmentsacademy.blogspot.com/

Pemanjangan dan Penyusutan Kain Pemanjangan dan Penyusutan Kain

Sumber : https://www.testextextile.com/, https://www.marsidian.com/

Penerapan Pada Pola Setelah Melakukan Pengujian Kualitas Kain Tersebut

Kenapa harus diterapin ke pola sih? Kita akan bahas di sini. Hasil pengujian kain itu sudah selesai dan hasilnya hanya ada 2 yaitu pemanjangan kain/elongation atau penyusutan kain/shrinkage maka kamu bisa langsung di jadikan acuan dalam pembuatan pola nih. Dimana jika hasil pengujian kain tersebut mengalami pemanjangan kain/elongation maka pola yang kamu buat harus dikurangin sesuai dengan hasil nilai persentase pengujian tersebut namun jika hasil pengujian kain mengalami penyusutan/shrinkage maka kamu pola yang kamu buat harus ditambahi sesuai dengan hasil nilai persentase pengujian tersebut.

Demikian pembahasan singkat mengenai teknik pengujian kain berdasarkan pemanjangan (elongation) dan penyusutan (shrinkage) pada kain Semoga informasi yang kita berikan bisa memberikan manfaat dan bisa kamu terapkan di keseharian kamu jika membuat pola ya agar nantinya pakaian yang kamu gunakan tidak mengalami elongation atau shrinkage setelah di lakukan treatment-treatment tersebut.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.