Article

Homepage Article Jahit Menjahit Cara Praktis Menjahit Busana…

Cara Praktis Menjahit Busana Kombinasi Brokat dan Satin Supaya Lebih Rapi

Busana yang dibuat dari bahan brokat dengan kombinasi satin belakangan memang menjadi salah satu jenis fashion item yang paling banyak diminati oleh para wanita. Bukan karena tampilannya saja yang mewah tapi kombinasi satin dengan bahan brokat ini juga akan membuat anda terlihat menawan. 

Menjahit Brokat dan Satin

Sumber : https://id.pinterest.com/

Brokat sendiri merupakan jenis bahan penuh dekorasi yang awalnya dibuat dari China dan Perancis. Proses pembuatannya mirip tenun yakni dengan membordir bahan warna emas, sutra, dan perak. Karena teksturnya cenderung kasar dan bisa menyebabkan rasa gatal maka kain brokat ini semestinya harus dilapisi bahan lain agar lebih nyaman saat dipakai. 

Menjahit Brokat dan Satin

Sumber : https://id.pinterest.com/

Khusus untuk brokat yang bahannya tipis dan menerawang anda bisa mengkombinasikannya dengan bahan satin. Perpaduan manis antara satin dan brokat ini akan membuat penampilan makin modis. Tapi ingat jika anda ingin membuat busana dari bahan brokat dan satin ini cara menjahitnya juga harus benar. 

Menjahit Brokat dan Satin

Sumber : https://id.pinterest.com/

Pola Busana

Untuk membuat busana dari brokat dan satin yang bagus sebaiknya gunakan pola busana yang benar-benar sudah teruji. Buat pola yang sudah ditambah kampuh langsung supaya besarnya furing dan brokat nantinya bisa sama. Kalau anda kesulitan membuat polanya anda bisa mendownload pola kami Di Sini.

Memotong Kain

Sebelum memotong kain periksa lebih dulu bahan yang anda gunakan. Bila kain brokat dan kain satin yang ingin anda pakai untuk furing lumayan licin dan ketika dipotong cenderung lari-lari maka anda bisa melapisi bagian bawahnya dengan kertas koran baru dipotong.

  • Tempatkan selembar kertas koran pada meja yang cukup luas.
  • Letakkan bahan kain di atas kertas koran lalu atur posisi pola baju yang sudah ditambah kampuh diatas kain.
  • Potong kain sesuai pola.

Jangan lupa, brokat itu punya pinggiran yang unik dan tidak perlu di kelim. Jadi biasanya pinggiran kain brokat itu bisa dipakai untuk lengan atau bagian bawah baju.

Menjahit Brokat dan Satin

Sumber : https://guthrie-ghani.co.uk/

Menjahit Bahan Kain

Sebelum menjahit bagian-bagian baju, jelujur dulu antara brokat dan kain furingnya. Bila anda ingin menjelujur dengan menggunakan mesin, pilih panjang jahitan yang paling besar. Gunakan pula benang jahit yang berlainan warna supaya nanti saat mendedelnya jadi lebih mudah.

Kalau sahabat Fitinline masih takut untuk membuat jelujur dengan mesin jahit anda bisa menjelujur kedua bahan tersebut dengan menggunakan tangan. Pastikan bagian bagus kain brokat dan bagian buruknya jangan sampai terbalik ya. 

Menjahit Brokat dan Satin

Sumber : https://guthrie-ghani.co.uk/

  • Untuk menjahit brokat dan satin, ganti jarum mesin jahit ke nomor 9 atau nomor 11. 

Menjahit Brokat dan Satin

Sumber : http://singercenterindonesia.com/

  • Selain jarum yang digunakan ukurannya harus kecil, sebaiknya setting pula setikan mesin jahit ke dalam pola yang sedikit lebih rapat atau kecil dari biasanya. 

Menjahit Brokat dan Satin

Sumber : https://guthrie-ghani.co.uk/

  • Kalau kainnya licin dan jahitannya jelek coba ganti pakai sepatu mesin jahit untuk kain licin. Sepatu ini biasanya dibuat dari material plastik. Tapi jika anda tidak punya sepatu jahit plastik anda bisa memakai sepatu jahit biasa lalu bagian bawahnya diberi lakban bening.
  • Untuk merapikan tepian kain pelapis yang tidak dijahit menyatu dengan brokat anda bisa menjahitnya memakai Sepatu Menjahit Kelim Bulat (Rolled Hem Foot).

Menjahit Brokat dan Satin

Sumber : https://fancycollective.com/

Cukup simple dan mudah untuk diikuti bukan?. Selamat mencobanya di rumah sahabat Fitinline. Kalau anda ingin mencari bahan kain satin berkualitas dengan harga murah untuk membuat gamis atau gaun wanita, anda mendapatkannya Di Sini.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.