Article

Homepage Article Kain Tekstil Aplikasi Teknik ECO Printing…

Aplikasi Teknik ECO Printing Untuk Mewarnai Bahan Kain

Pernah menjumpai istilah eco printing sebelumnya?. Dalam dunia clothing, teknik eco printing sebenarnya termasuk ke dalam salah satu teknik pewarnaan kain yang dilakukan dengan memakai bahan alam seperti tumbuhan, untuk mentransfer warna dan bentuk ke atas bahan kain.

ECO Printing

Sumber : https://wendyfe.wordpress.com/

Prinsip kerja yang diterapkan dalam teknik eco printing ini dilakukan dengan cara menempelkan tanaman yang memiliki pigmen warna di atas permukaan bahan kain yang kemudian direbus di dalam wadah berukuran besar. 

ECO Printing

Sumber : http://hideousdreadfulstinky.com/

Jenis tanaman yang digunakan dalam teknik ini setidaknya harus memiliki sensitivitas tinggi terhadap panas, karena hal tersebut merupakan faktor penting dalam mengekstraksi pigmen warna. Elemen dari tumbuhan yang dapat digunakan diantaranya berupa daun, bunga, batang, biji, akar atau kulit kayu.

ECO Printing

Sumber : http://www.frankie.com.au/

Tumbuhan yang dipakai untuk mewarnai bahan kain mula-mula harus di letakkan langsung pada permukaan kain kemudian digulung menggunakan kayu, besi atau tongkat. Cara penggulungan yang diterapkan dalam eco printing dapat diganti dengan di tumpuk dan diikat kuat. 

ECO Printing

Sumber : http://vagabondsdaughter.blogspot.co.id/

Supaya pigmen yang terdapat pada tumbuhan terekstrak secara sempurna dan menghasilkan warna yang menarik, gulungan kain tersebut harus dikukus selama beberapa saat. Kontak langsung antara tumbuhan dan bahan kain merupakan prinsip kerja utama pada metode eco printing. 

ECO Printing

Sumber : http://www.suggest-keywords.com/

Karena dibuat dengan menggunakan tumbuhan yang setiap musimnya memiliki pigmen yang berbeda-beda maka warna yang dihasilkan pada bahan kain pun bisa saja berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. 

ECO Printing

Sumber : http://www.stlawu.edu/

Tidak hanya berfokus pada pakem yang telah ditetapkan, teknik eco printing ini kemungkinan masih dapat dikembangkan lebih luas dengan memanfaatkan media transfer warna dan bentuk yang lebih beragam. 

ECO Printing

Sumber : http://susanbrooksblog.weebly.com/

Semoga bermanfaat.

Mencari kain mori berkualitas untuk membuat kreasi ECO Printing?. Sahabat Fitinline bisa melihat koleksi kain kami Di Sini.

Kain Mori Fitinline

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.