Article

Homepage Article Pakaian Adat Keunikan Pakaian Adat Suku…

Keunikan Pakaian Adat Suku Mori

Suku Mori merupakan sebutan untuk penduduk yang berasal dari Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah. Banyaknya suku bangsa yang ada di tanah air, menjadikan Indonesia sebagai negara yang kaya akan berbagai macam pakaian adat daerah dengan ciri-ciri khas dan keunikan tersendiri baik dalam proses pembuatan, cara penggunaan, bahkan pemilihan bahan yang digunakan sebagai bahan baku pakaian adat tersebut. Misalnya saja busana adat suku Mori yang terdiri atas dua pilihan warna yaitu warna merah atau warna hitam maupun kombinasi dari keduanya merah dan hitam.

Pakaian Adat Suku Mori

Pakaian Adat Suku Mori

Smber : http://tekozzystudio.blogspot.com/

Pengunaan warna merah pada pakaian adat mori yang memberikan kesan mewah digunakan sebagai lambang kekuatan, keberanian, yang dapat membangkitkan energi mulai dari yang bersifat kekerasan hingga peperangan. Sedangkan warna hitam yang dipercaya mampu menyerap energi negatif sepintas terkesan sangat elegan, serius, konvensional dan konservatif, sehingga dapat diartikan sebagai lambang kekuasaan, kemandirian, kedisiplinan, serta digunakan sebagai pelindung dari bahaya saat bepergian. 

Pakaian Adat Suku Mori

Pakaian Adat Suku Mori

Sumber : http://tekozzystudio.blogspot.com/

Pakaian Adat Kaum Wanita Mori

Pakaian adat yang dikenakan oleh kaum wanita dari suku Mori yaitu berupa Lambu atau blus lengan panjang berwarna merah dengan variasi berupa hiasan dan motif rantai berwana kuning yang dipadukan dengan rok panjang berwana merah atau hawu yang juga dihiasi dengan motif rantai berwama kuning.

Pakaian Adat Suku Mori

Pakaian Adat Suku Mori

Sumber : http://www.palugate.com/

Sebagai pelengkap ditambahkan pula penggunaan mahkota atau pasapu pada bagian kepala serta aksesoris berupa konde atau pewutu busoki, tusuk konde atau lansonggilo, anting-anting atau tole-tole, kalung atau enu-enu, gelang tangan atau mala, ban pinggang atau pebo’o, dan juga cincin atau sinsi.

Pakaian Adat Suku Mori

Pakaian Adat Suku Mori

Sumber : http://elbertbandau.wordpress.com/

Pakaian Adat Kaum Pria Mori

Pakaian adat yang dikenakan oleh kaum pria dari suku Mori juga dikenal dengan sebutan Lambu, yaitu berupa blus berwama merah yang dihiasi denan motif rantai berwama kuning yang dipadukan denan celana panjang berwama merah yang disebut dengan saluara. Sebagai pelengkap ditambahkan penggunaan destar atau melpa bate pada bagian kepala, sambengko (selempang), serta metampi ponal (sarung dan pedang).

Pakaian Adat Suku Mori

Pakaian Adat Suku Mori

Sumber : http://morowaliindah.wordpress.com/

Simak terus artikel menarik mengenai pakaian adat tradisional Indonesia lainnya dari kami. Semoga bermanfaat.

Tags: jual baju, jual baju batik, jual baju online, jual pakaian wanita, jual pakaian online, toko baju batik, toko baju batik online, toko baju batik wanita dan pria, toko baju online, toko baju wanita, toko busana online, beli baju batik, beli baju batik wanita dan pria, beli baju online, gambar baju batik, desain baju batik, fashion batik, fashion wanita, fashion baju terbaru, fashion design, fashion designer, designer indonesia

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.