Article

Homepage Article Fashion Design 6 Tips Memilih Pakaian Untuk…

6 Tips Memilih Pakaian Untuk Inverted Triangle Body Shape

Punya bentuk tubuh yang identik dengan karakteristik inverted triangle body shape atau bentuk tubuh segitiga terbalik?. Untuk memaksimalkan penampilan anda berikut kami bagikan beberapa cara mudah memilih pakaian yang tepat untuk inverted triangle body shape.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Inverted Body Shape

Inverted triangle body shape merupakan istilah yang biasa digunakan untuk mendefinisikan bentuk tubuh wanita yang tampak seperti segitiga terbalik yakni memiliki karakteristik lebar di bagian atas dan menyempit di bagian bawah.

Beberapa ciri paling khas yang membedakan inverted triangle body shape dengan bentuk tubuh wanita yang lainnya yaitu:

  • Memiliki bahu yang lebih lebar dari bagian pinggul.
  • Terkesan atletis karena bentuk bahu yang lebar.
  • Bagian pinggang tidak terlalu nampak.
  • Lekuk pinggang tidak begitu terlihat dan cenderung lurus.
  • Selain itu bentuk tubuh wanita segitiga terbalik biasanya juga memiliki payudara yang lebih besar.

Inverted Triangle Body Shape

Sumber : https://theconceptwardrobe.com/

Bagian terbaik dari inverted triangle body shape sendiri umumnya terdapat pada bagian kaki. Jadi buat anda yang masih suka bingung dalam memilih outfit  yang menjadi utama dalam berpakaian ialah menonjolkan bagian bawah badan Anda dan menyamarkan besar bagian atas tubuh Anda.

Inverted Triangle Body Shape

Sumber : https://id.pinterest.com/

Panduan Berbusana Inverted Body Shape

Untuk urusan berbusana berikut beberapa hal penting yang harus anda perhatikan jika memiliki bentuk tubuh yang identik dengan karakteristik inverted triangle body shape.

1. Hindari Outfit Yang Berkerah Lebar

Jaga agar tubuh bagian atas anda tetap bersih dan rapi dengan cara menghindari outfit yang memiliki garis leher cukup lebar dan memiliki detail bahu yang kuat.

  • Hindari outfit dengan kerah lebar seperti square, sabrina (boat-neckline) dan off shoulder yang dapat melebarkan bahu.
  • Selain itu hindari pula busana dengan detail bahu yang kuat seperti dress atau blus yang dilengkapi dengan bantalan bahu.
  • Busana dengan garis leher V atau garis leher U yang dalam dan sempit bisa menjadi pilihan yang tepat.

Inverted Triangle Body Shape

Sumber : https://www.walmart.com/

2. Pilih Lengan Yang Melebar ke Bawah

Untuk menyeimbangkan bahu dengan tubuh bagian bawah yang cenderung kecil, hindari outfit dengan detail lengan yang terkesan penuh. Akan lebih baik jika anda mengenakan outfit dengan bentuk lengan lebar di bagian bawah seperti lengan lonceng, lengan dolman dan kimono.

Inverted Triangle Body Shape

Sumber : https://shopee.co.id/

Selain mengenakan baju yang lengannya lebar di bagian bawah, alternatif lain anda juga bisa memakai busana one shoulder yang hanya mempunyai satu lengan, bisa di bagian kanan maupun bagian kiri saja.

Inverted Triangle Body Shape

Sumber :  https://www.tokopedia.com/

3. Outer Dengan Detail di Bagian Bawah

Pilih outer yang memiliki detail di bagian bawah tubuh, misal cardigan yang dilengkapi dengan detail rumbai ataupun ruffle pada bagian bawahnya agar tampilan yang dihasilkan tampak lebih seimbang.

4. Pilih Rok Yang Memberi Kesan Bervolume

Ciptakan ilusi pinggang dengan cara memakai rok yang dapat menambah volume pada tubuh bagian bawah untuk memberi kesan lebar pada bagian pinggul. Beberapa model rok yang cocok dikenakan untuk inverted triangle body shape diantaranya:

  • Rok A-line yang memiliki potongan menjuntai dari pinggang, kemudian melebar hingga bawah membentuk seperti huruf A. Dengan memakai rok A-line anda pun bisa bergerak lebih bebas dan nyaman.
  • Box pleated skirt yang dibentuk dengan pasangan ploi-ploi pipih (knife pleats) yang saling berhadapan di bagian depan.
  • Rok tulip yang bentuknya sangat mirip dengan bunga tulip, hanya saja desainnya dibuat mengecil di bagian bawah.
  • Rok tutu / rok ballerina dari bahan transparan seperti bahan tulle yang memiliki tampilan mengembang. Biasanya rok tutu ini hadir dalam tiga ukuran.
    • Pertama ada rok tutu yang memiliki panjang hingga hingga pergelangan kaki.
    • Kedua ada rok tutu midi dengan panjang selutut.
    • Ketiga ada rok tutu mini dengan panjang di atas lutut.

Inverted Triangle Body Shape

Sumber : https://www.dhgate.com/

Kalau anda ingin mencoba membuat rok tutu sendiri di rumah simak kembali Panduan Lengkap Membuat 3 Model Rok Tutu Yang Mudah Diikuti.

5. Kenakan Dress Yang Memberi Kesan Berisi

Kenakan dress yang membuat tubuh bagian bawah nampak berisi. Dalam hal ini anda bisa memakai A-line dress, shift dress ataupun dress dengan flare dari pinggul ke bawah.

  • A-line Dress

A-Line dress merupakan model dress yang memiliki potongan sangat khas seperti huruf A yakni cenderung menyempit dibagian atas tapi bagian bawahnya semakin melebar.

  • Shift Dress

Shift dress merupakan dress yang memiliki potongan lurus dari atas ke bawah tanpa ada garis pinggang dan cenderung bersifat semi-formal. Dress ini dapat dijumpai dalam berbagai variasi panjang yang berbeda, namun yang paling banyak model knee-length dress atau mini dress.

Inverted Triangle Body Shape

Sumber : https://www.laredoute.co.uk/

5. Pilih Celana Yang Bagian Bawahnya Lebar

Pilih celana yang bagian bawahnya didesain lebar seperti misalnya celana model baggy, celana palazzo dan celana kulot. Celana dengan potongan lebar bawah seperti ini akan memberi efek bervolume pada bagian bawah tubuh.

  • Celana Baggy

Celana baggy merupakan celana panjang yang memiliki siluet longgar. Untuk pilihan modelnya celana ini masih bisa dibedakan lagi menjadi dua.

  • Pertama yakni berupa celana baggy yang memiliki potongan longgar namun lurus, seperti mom jeans dan boyfriend jeans.
  • Kemudian yang kedua ada celana baggy yang bersiluet longgar namun mengecil di bagian bawah seperti celana harem.
  • Celana Palazzo

Celana palazzo merupakan jenis celana yang berpotongan longgar, didesain lurus pada bagian atas dan melebar dibagian bawahnya.

  • Celana Kulot

Celana kulot merupakan celana yang tampilannya lebih menyerupai rok karena pembagiannya tidak terlihat begitu jelas.

Inverted Triangle Body Shape

Sumber : https://shopee.ph/

Download Pola Celana Kulot Wanita dan Pola Celana Kulot Kerut All Size siap pakai dari kami kalau anda ingin membuat celana sendiri dengan pola yang sudah jadi.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai panduan berbusana untuk bentuk tubuh segitiga terbalik / inverted triangle body shape. Dari penjelasan di atas dapat simpulkan bahwa kunci stylish untuk inverted triangle body shape adalah menyeimbangkan bahu, dada dan punggung yang lebih lebar dengan tubuh bagian bawah yang lebih sempit.

DO

  • Kenakan outfit yang dapat menyamarkan bentuk bahu yang lebar.
  • Kenakan outfit dengan bentuk lengan lebar di bagian bawah untuk menyeimbangkan tubuh bagian bawah yang bervolume.
  • Pilih outer yang memiliki detail di bagian bawah tubuh.
  • Pilih rok yang memberikan volume di bagian pinggul, seperti rok A-line, box pleated skirt, tok tutu (rok ballerina) atau rok tulip.
  • Kenakan dress yang membuat tubuh bagian bawah nampak berisi, seperti A-line dress, shift dress ataupun dress dengan flare dari pinggul ke bawah.
  • Celana dengan potongan lebar bawah yang akan memberi volume pada bagian bawah tubuh, seperti celana model baggy, palazzo, kulot atau harem pants.

DON'T

  • Hindari outfit dengan kerah lebar seperti square, sabrina dan off shoulder.
  • Hindari outfit dengan detail dibagian bahu dan lengan seperti puff sleeve.

Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan bagi anda untuk memilih outfit yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan ya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.