Article

Homepage Article Cara Menjahit 6 Variasi Sulaman Terawang…

6 Variasi Sulaman Terawang Untuk Menghias Berbagai Bahan Kain

Mencari alternatif cara yang unik dan kreatif untuk mempercantik tampilan pakaian dan lenan rumah tangga?. Khusus untuk anda yang memiliki ketertarikan tersendiri dengan teknik sulam, mungkin anda bisa mengaplikasikan sulaman terawang yang punya cukup banyak variasi desain.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Sulaman Terawang

Sulaman terawang (opennaaiwerk) merupakan jenis sulaman dengan ragam hias geometris yang memiliki ciri sangat khas yakni hasil sulamannya tampak berlubang-lubang atau seperti menerawang. Sulaman ini biasanya dihias pula dengan trens atau rentangan benang dan dapat juga dihias dengan teknik sisipan.

  • Dengan menarik satu helai benang atau lebih dari tenunan, maka akan terdapat benang pada kain yang terlepas.
  • Bila yang dicabut benang lungsin maka akan terdapat sejajaran benang pakan yang lepas.
  • Bila dicabut baik lungsin maupun pakan, maka akan terdapat lubang pada titik persilangan benang yang dicabut.
  • Benang yang lepas tersebut selanjutnya diikat dengan tusuk terawangsehingga menghasilkan hiasan terawang.

Sulaman Terawang

Sumber : https://anyflip.com/

Variasi Sulaman Terawang

Sebagai salah satu jenis teknik sulam yang sangat populer, sulaman terawang sendiri variasinya juga sangat beragam. Ada sulaman terawang hardanger, terawang inggris, terawang richelieu, terawang putih, terawang fillet, sampai terawang persia.

1. Terawang Hardanger

Sulaman terawang hardanger merupakan jenis sulaman pada kain tenunan polos yang memiliki jumlah benang lungsi dan pakan yang sama dalam setiap satu inchi persegi.

  • Sulaman hardanger termasuk dalam openwork atau terawang, karena terdapat benang pakan atau lungsi yang dicabut untuk membentuk lubang-lubang geometris.
  • Sulaman terawang hardanger kebanyakan memiliki pola berbentuk persegi begitu juga lubang-lubangnya.
  • Bahan utama pembuatan sulaman terawang hardanger adalah even-weave fabrics dan benang.

Sulaman Terawang

Sumber : https://www.etsy.com/

Untuk jenis tusuk dasar jahitnya, ada dua macam tusuk jahit yang digunakan pada sulaman terawang hardanger. Tusuk dasar menjahit yang dimaksud yakni berupa tusuk pipih dan tusuk jelujur yang dijahit bolak-balik pada pinggiran lubang.

Sulaman Terawang

Sumber : https://www.facebook.com/HardangerE/

2. Terawang Inggris

Sulaman terawang Inggris termasuk ke dalam jenis teknik sulam yang menghasilkan pola berlubang dengan ciri khas bagian tepinya berbentuk bulat, oval atau tetes air karena kainnya ditoreh atau digunting.

  • Untuk membuat lubang yang berukuran kecil digunakan alat pelubang yang disebut priem.
  • Untuk membuat lubang yang besar dan bentuk yang lonjong, keliling lubang dijelujur dua kali kemudian lubang dibuat dengan menggunakan gunting kecil.

Benang yang digunakan pada sulaman terawang Inggris biasanya merupakan benang katun yang sewarna dengan kain atau bisa juga berbeda, hanya tingkatan warnanya saja misalnya hijau dengan hijau muda.

Sulaman Terawang

Sumber : https://www.chienvert.com/

Sementara jenis tusuk jahit yang dapat diaplikasikan dalam pembuatan sulaman terawang Inggris umumnya berupa tusuk balut sehingga kain guntingannya tampak rapi dan lubang-lubang yang terbentuk tidak berbulu kemudian dirangkai dengan tusuk pipih dan tusuk tangkai.

Sulaman Terawang

Sumber : https://www.chienvert.com/

Pola hias yang dipilih untuk mempercantik sulaman terawang Inggris biasanya berupa pola hias tabur, pola hias pinggiran, pola hias mengisi bidang atau pola hias bebas. Karena ragamnya kecil-kecil pola hias pada sulaman terawang Inggris dapat diatur sesuai keinginan.

Pada sebuah pakaian, motif sulam terawang Inggris ini biasanya dapat ditemui di bagian tepi kerah, tepi lengan dan juga sudut blouse.
Beberapa produk lain yang bisa disulam dengan teknik ini yaitu alas vas bunga, serbet makan dan sarung bantal kursi.

3. Terawang Richelieu

Sulaman terawang richelieu merupakan jenis sulaman yang biasa disebut juga dengan sulaman terbuka karena efeknya tampak seperti renda.

  • Motif sulaman richelieu memiliki tampilan berlubang yang sangat khas dan biasa diberi beberapa rentangan benang yang difeston (brides).
  • Lubang-lubang pada sulaman richeulieu harus dibuat lebar (lebih besar dari pada sulaman inggris).
  • Sulaman terawang richelieu biasa dipadukan dengan tangkai-tangkai yang mengikat bagian-bagian yang berlubang. Tangkai ini berfungsi sebagai penghubung untuk tiap tepi ragam.

Sulaman Terawang

Sumber : https://www.needlework-tips-and-techniques.com/

Sulaman richeulieu dapat digunakan untuk menghias bagian-bagian tepi dan dapat juga di bagian tengah pakaian maupun lenan rumah tangga. Dimana kain yang dihias haruslah rapat tenunannya dan polos, seperti kain tetoron, kain oxford, kain poplin, kain mori dan berbagai bahan lain yang sejenis.

Sulaman Terawang

Sumber : https://id.pinterest.com/

Sementara untuk tusuk hiasnya, ada beberapa jenis tusuk hias yang dapat diaplikasikan pada sulaman richeulieu. Tusuk hias yang dimaksud antara lain berupa brides (benang yang direntangkan 2 atau 3 kali bolak balik kemudian ditusuk feston ), tusuk holbin dan tusuk feston.

4. Terawang Putih

Sulaman terawang putih merupakan jenis sulaman yang dibuat di atas kain polos dengan menggunakan benang yang berwarna serupa dengan warna kain. Pada zaman dahulu sulaman  terawang putih ini biasanya banyak dikerjakan pada tenunan yang putih dengan benang hias putih.

  • Sulaman terawang putih dapat disebut juga dengan sulaman sewarna.
  • Keindahan sulaman terawang putih terletak pada serat yang timbul dan berlubang dari ragam hias.

Sulaman Terawang

Sumber : https://www.pinterest.com.au/

5. Terawang Fillet

Sulaman terawang fillet merupakan jenis sulaman yang dibuat dengan menenun atau menyulam bahan kain menggunakan jarum tumpul panjang dan benang di atas dasar renda atau fillet yang diikat dengan ukuran yang sama atau berbeda.

Sulaman Terawang

Sumber : https://www.selency.co.uk/

6. Terawang Persia

Sulaman terawang persia (perzisch ajour) merupakan jenis teknik sulam asal Persia yang biasa dikerjakan pada kain yang lembut tanpa mencabut benang.

  • Bahan kain yang digunakan untuk media sulam terawang Persia umumnya merupakan kain yang seratnya renggang dan mudah digeser.
  • Untuk mendapatkan corak berlubang benang diikat dengan tusuk cordon sesuai pola yang diinginkan. Tusuk cordon sendiri merupakan tusuk pipih yang rapat dan biasa digunakan untuk mengisi garis yang sebelumnya ditandai dengan tusuk tikam jejak.

Sulaman Terawang

Sumber : http://deborduurvrouw.blogspot.com/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai berbagai macam variasi sulaman terawang yang dapat kami bagikan untuk anda. Dengan mengetahui banyaknya jenis teknik sulam yang ada semoga anda bisa lebih mudah untuk menemukan referensi cara yang tepat untuk menghias pakaian dan lenan rumah tangga.

Simak juga pembahasan mengenai 7 Jenis Sulaman Penghias Kain kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak lagi tentang jenis-jenis teknik sulam lainnya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.