Article

Homepage Article Cara Menjahit Cara Membuat Canadian Smock…

Cara Membuat Canadian Smock Shells Pattern

Butuh rekomendasi cara yang unik dan lain dari biasanya untuk mengubah tampilan kain jadi makin menarik?. Khusus untuk anda yang punya ketertarikan tersendiri dengan smock, mungkin anda bisa menerapkan teknik pembuatan canadian smock motif kerang (shells pattern) yang cukup terkenal dalam dunia manipulating fabric.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Canadian Smock Shells Pattern

Canadian smock shells pattern merupakan pola canadian smock yang memiliki bentuk / tampilan akhir berbentuk kerang di bagian permukaan kainnya. Smock ini dapat dikerjakan pada kain polos maupun kain yang bermotif, semua tergantung pada selera dan kebutuhan dari masing-masing pembuatnya.

Manipulating Fabric

Sumber : https://shanniemakes.com/

Jika anda lebih menyukai kain yang polos, anda bisa memakai Kain Katun, Kain Rayon, Kain Linen, Kain Satin dan Kain Roberto Cavalli dari Fitinline.

  • Kain katun merupakan kain yang berasal dari bahan serat alami tumbuhan kapas atau yang nama latin yaitu “gossypium.”
  • Kain rayon  merupakan kain yang dihasilkan dari regenerasi serat selulosa, sejenis material alami yang diambil dari dinding sel tumbuhan atau pulp kayu yang dilarutkan.
  • Kain linen  merupakan kain yang terbuat dari serat selulosa yang tumbuh di dalam batang tanaman flax (Linum usitatissimum).
  • Kain satin  merupakan kain yang ditenun menggunakan teknik serat filamen seperti sutra (silk), nilon atau polyester untuk mendapatkan permukaan kain yang glossy, berkilau dan terkesan mewah saat digunakan.
  • Kain roberto cavalli  merupakan kain yang masih termasuk ke dalam golongan kain satin namun tidak terlalu mengkilap.

Tapi kalau anda lebih menyukai kain yang bermotif maka anda bisa memakai kain yang motifnya teratur seperti Kain Katun Akrilik Kotak (NGR), kain bermotif gingham ataupun kain dengan motif polkadot.

Cara Membuat Shells Pattern

Tertarik untuk membuat smock dengan motif kerang (shells pattern) tapi masih bingung harus memulainya dari mana?. Buat anda yang mau mencobanya pertama-tama siapkan dulu sejumlah alat dan bahan sebagai berikut.

  • Kain sebagai bahan utama manipulating fabric.
  • Gunting untuk memotong bahan kain.
  • Penggaris lurus untuk alat bantu dalam memberi tanda pada bahan kain.
  • Kapur kain untuk memandai bahan kain.
  • Jarum jahit tangan dan benang yang berwarna sama dengan bahan kain untuk menjahit bahan kain.

Selesai menyiapkan sejumlah alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat smock selanjutnya buat pola kotak-kotak persegi yang berukuran 2 cm x 2 cm di bagian buruk bahan kain kemudian tandai dengan garis-garis diagonal didalamnya.

Untuk memberi tanda pada bahan kain ikuti langkah-langkah berikut dalam pembuatan polanya.

  • Mulai dari sudut kiri atas buat garis diagonal yang menghubungkan sudut kiri atas dan sudut kanan bawah kotak pertama.
  • Lewati tiga kotak di sebelah kanan kemudian buat lagi garis diagonal yang menghubungkan sudut kiri bawah dan sudut kanan atas kotak kelima.
  • Lewati satu kotak berikutnya dan ulangi lagi membuat garis diagonal yang menghubungkan sudut kiri atas dan sudut kanan bawah kotak pertama, begitu seterusnya sampai kolom terakhir di baris pertama.
  • Untuk menandai pola smock di baris kedua, lewati satu kotak pertama lalu buat garis diagonal yang menghubungkan sudut kiri bawah dan sudut kanan atas kotak kedua.
  • Lewati satu kotak di sebelah kanan kemudian buat lagi garis diagonal yang menghubungkan sudut kiri atas dan sudut kanan bawah kotak keempat.
  • Lewati tiga kotak berikutnya dan ulangi lagi membuat garis diagonal yang menghubungkan sudut kiri bawah dan sudut kanan atas kotak kedelapan. Begitu seterusnya sampai kolom terakhir di baris kedua.
  • Untuk menandai kotak-kotak yang ada dibaris ketiga, keempat dan seterusnya terapkan prinsip yang sama seperti cara di atas secara selang seling.

Manipulating Fabric

Untuk membantu mengenali bagian mana saja yang perlu dijahit dan juga arah menjahitnya, tambahkan keterangan  angka ataupun huruf pada bahan kain. Tapi jika anda sudah hafal anda bisa melewati langkah yang satu ini.

Manipulating Fabric

Sumber : https://shanniemakes.com/

Selesai memberi tanda pada kain, ambil seutas benang jahit yang panjangnya kira-kira dua kali lipat panjang lengan bawah anda lalu masukkan pada lubang jarum jahit tangan. Satukan kedua ujungnya kemudian ikat menjadi satu.

Untuk memulai jahitan pada bahan kain ikuti langkah-langkah sederhana sebagai berikut:

  • Buat tusuk kecil pada salah satu ujung garis diagonal lalu tarik benangnya sampai habis.
  • Setelahnya buat tusuk kecil di ujung garis diagonal yang berada pada kotak yang sama sesuai garis bantu yang anda buat.
  • Tarik benang agar kedua ujung garis menyatu lalu jahit mati / kunci jahitan agar tidak mudah lepas.
  • Jika sudah potong benang dengan menggunakan gunting lalu ikat kembali kedua ujung benang menjadi satu.
  • Ulangi cara yang sama untuk menjahit pola diagonal yang ada di baris pertama.
  • Setelah selesai anda bisa menjahit pola diagonal lainnya yang ada pada bahan kain dengan cara yang sama persis seperti langkah-langkah di atas hingga seluruh bagian kain terjahit seluruhnya sesuai pola yang anda buat. 

Kalau anda malas memotong benangnya setiap kali hendak memulai jahitan baru maka anda bisa mensiasatinya dengan cara berikut.

  • Setelah menyelesaikan satu pola smock membuat jahitan mati / mengunci jahitan bawa jarum ke arah kanan kain namun tidak di tarik.
  • Buat tusukan kecil pada bahan kain dan amankan jahitan dengan ikat simpul.
  • Berikutnya anda bisa langsung menjahit bahan kain sesuai tanda pola seperti biasa.

Untuk melihat hasilnya balikkan kain hingga bagian baiknya berhadapan dengan anda, karena teknik manipulating fabric dengan motif kerang (shells pattern) ini melibatkan jahitan dari sisi belakang kain.

Manipulating Fabric

Sumber : https://shanniemakes.com/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai beberapa langkah sederhana yang bisa anda lakukan untuk membuat canadian smock motif kerang (shells pattern). Semoga informasi yang kami bagikan bisa menjadi sumber referensi bagi anda untuk lebih mudah dalam memilih cara manipulating fabric yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan.

Download E-Book Menjahit dan E-Book Mendesain dari kami kalau anda mau tahu lebih banyak lagi tentang teknik menjahit dan teknik mendesain yang dapat diaplikasikan pada berbagai produk jahit.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.