Article

Homepage Article Cara Menjahit Cara Membuat Canadian Smock…

Cara Membuat Canadian Smock Motif Hati (Heart Pattern)

Heart pattern termasuk ke dalam salah satu motif canadian smock yang memiliki tampilan sangat menarik dan dapat diaplikasikan pada berbagai model pakaian maupun lenan rumah tangga. Mau tahu lebih detail lagi tentang bagaimana cara pmbuatannya?. Sebagai referensi simak pembahasan berikut yuk.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Smock Heart

Smock heart / heart pattern merupakan pola canadian smock yang memiliki bentuk / tampilan akhir seperti susunan bentuk hati dalam tampilan tiga dimensi. Untuk susunannya sendiri heart pattern ini sepintas tampak selang seling (menghadap ke atas dan ke bawah) namun disinilah letak keunikannya.

Manipulating Fabric

Sumber : https://id.pinterest.com/

Cara Membuat Smock Heart

Tertarik untuk membuat kreasi canadian smock dengan motif hati (heart pattern) tapi masih bingung harus memulainya dari mana?. Buat anda yang mau mencobanya pertama-tama siapkan dulu sejumlah alat dan bahan sebagai berikut.

  • Kain sebagai bahan utama manipulating fabric.
  • Gunting untuk memotong bahan kain.
  • Penggaris lurus untuk alat bantu dalam memberi tanda pada bahan kain.
  • Kapur kain untuk memandai bahan kain.
  • Jarum jahit tangan dan benang yang berwarna sama dengan bahan kain untuk menjahit bahan kain.

Untuk membuat smock heart sendiri ada banyak bahan kain yang bisa anda pakai. Mulai dari kain Kain Katun, Kain Rayon, Kain Linen, Kain Satin dan Kain Roberto Cavalli serta bahan lain yang memiliki kemiripan baik dari segi tekstur maupun ketebalannya.

Selesai menyiapkan sejumlah alat dan bahan seperti yang sudah disebutkan di atas berikutnya buat pola kotak-kotak persegi yang berukuran 2x2 cm di bagian buruk bahan kain kemudian tandai dengan garis-garis diagonal didalamnya untuk memudahkan proses menjahit.

Untuk memberi tanda pada bahan kain ikuti langkah-langkah berikut dalam pembuatan polanya.

  • Pertama beri jeda satu baris kotak kosong pada pola teratas bahan kain.
  • Untuk mengisi kotak-kotak yang ada di baris kedua dan ketiga terapkan cara berikut.
  • Buat garis diagonal yang menghubungkan sudut kiri bawah ke kanan atas kotak pertama.
  • Beri jeda satu kotak kosong kemudian buat garis diagonal yang menghubungkan sudut kiri atas ke kanan bawah kotak ketiga.
  • Ulangi kedua cara ini secara bergantian untuk mengisi kotak-kotak yang ada di baris kedua dan ketiga sampai kolom terakhir.
  • Jika sudah beri jeda lagi satu baris kotak kosong lalu beri tanda garis-garis diagonal pada baris-baris berikutnya seperti kotak-kotak yang ada di baris kedua dan ketiga.

Manipulating Fabric

Sumber : https://florianeschmitt.com/

Jika diperlukan tambahkan keterangan  angka ataupun huruf pada bahan kain, untuk membantu mengenali bagian mana anda akan menjahit selanjutnya. Tapi jika anda sudah hafal anda bisa melewati langkah yang satu ini.

Manipulating Fabric

Selesai memberi tanda pada kain, ambil seutas benang jahit yang panjangnya kira-kira dua kali lipat panjang lengan bawah anda lalu masukkan pada lubang jarum jahit tangan. Satukan kedua ujungnya kemudian ikat menjadi satu.

  • Untuk memulai jahitan di baris kedua dan ketiga ikuti langkah-langkah sederhana sebagai berikut:
  • Buat tusuk kecil pada ujung garis diagonal yang berada di bagian kanan atas kotak lalu tarik benangnya sampai habis.
  • Setelahnya buat tusuk kecil di ujung garis diagonal yang berada di bagian kiri bawah pada kotak yang sama sesuai garis bantu yang anda buat.
  • Tarik benang agar kedua ujung garis menyatu, jahit mati / kunci jahitan agar tidak mudah lepas kemudian potong benang dengan menggunakan gunting.
  • Ikat kembali kedua ujung benang menjadi satu lalu buat tusuk kecil pada ujung garis diagonal yang berada di bagian kiri atas kotak lalu tarik benangnya sampai habis.
  • Setelahnya buat tusuk kecil di ujung garis diagonal yang berada di bagian kanan bawah pada kotak yang sama sesuai garis bantu yang anda buat.
  • Tarik benang agar kedua ujung garis menyatu lalu jahit mati / kunci jahitan agar tidak mudah lepas kemudian potong benang dengan menggunakan gunting.
  • Ulangi cara yang sama secara selang seling sampai anda menyelesaikan semua jahitan yang ada di baris kedua dan ketiga.

Selesai membuat jahitan pada dua baris tersebut, beri jeda satu baris kosong lalu ulangi kembali cara di atas untuk menyelesaikan motif canadian smock sampai mendapatkan panjang yang anda inginkan.

Jika malas memotong benangnya anda bisa langsung membuat jahitan baru, tanpa harus menggunting dan mengikat kembali benang tiap kali ingin memulai jahitan.

  • Pada tahap ini setiap anda selesai mengunci jahitan, anda bisa membawa jarum ke arah kanan kain namun tidak di tarik.
  • Buat tusukan kecil pada bahan kain (kira-kira satu atau dua serat benang dari kainnya) lalu amankan jahitan dengan ikat simpul.
  • Setelahnya anda bisa langsung menjahit bahan kain seperti biasa.

Manipulating Fabric

Sumber : https://id.pinterest.com/

Satu hal yang perlu diingat yaitu karena teknik manipulating fabric dengan heart pattern ini melibatkan jahitan dari sisi belakang kain seperti Canadian Smock Motif Lattice (Lattice Pattern) dan Canadian Smock Motif Daun (Leaves Pattern) maka untuk melihat hasilnya balikkan kain hingga bagian baiknya berhadapan dengan anda.

Manipulating Fabric

Sumber : https://id.pinterest.com/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai beberapa langkah sederhana yang bisa anda lakukan untuk membuat canadian smock motif hati. Semoga informasi yang kami bagikan bisa menjadi sumber referensi bagi anda untuk lebih mudah dalam memilih cara manipulating fabric yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan.

Terkait dengan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari, canadian smock motif hati (heart pattern) ini secara umum pemanfaatannya bisa dibilang sangatlah luas lho. Tidak hanya terbatas pada produk pakaian, tas dan pouch saja namun motif hati ini biasanya juga banyak dipakai pada lenan rumah tangga.

Kalau anda mau tahu lebih banyak lagi tentang teknik menjahit dan teknik mendesain yang dapat diaplikasikan pada berbagai produk jahit, jangan lupa ownload E-Book Menjahit dan E-Book Mendesain yang kami miliki. 

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.