Article

Homepage Article Cara Menjahit Cara Membuat Canadian Smock…

Cara Membuat Canadian Smock Motif Bata (Bricks Pattern)

Di antara sekian banyak motif canadian smock yang ada, motif bata (brick pattern) dapat dikategorikan ke dalam jenis motif smock yang unik karena dapat dikreasikan menjadi bentuk lain yakni berupa pita. Buat anda yang ingin mencoba membuatnya langsung simak pembahasan berikut yuk.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Smock Bata

Brick pattern menjadi salah satu motif canadian smock yang cukup populer dalam dunia manipulating fabric. Motif ini diberi nama demikian karena memang bentuk atau tampilan akhirnya tampak seperti seperti susunan batu bata, salah satu bahan penting dalam pembuatan dinding suatu bangunan.

Manipulating Fabric

Sumber : https://id.pinterest.com/

Cara Membuat Smock Bata

Tertarik untuk membuat kreasi canadian smock dengan motif bata (bricks pattern) tapi masih bingung harus memulainya dari mana?. Untuk membuatnya pertama-tama siapkan dulu sejumlah alat dan bahan sebagai berikut.

  • Bahan kain yang mudah untuk dijahit seperti halnya Kain Katun, Kain Rayon, Kain Linen, Kain Satin, Kain Roberto Cavalli dan lain sebagainya.
  • Gunting untuk memotong bahan kain.
  • Penggaris lurus untuk alat bantu dalam memberi tanda pada bahan kain.
  • Kapur kain untuk memandai bahan kain.
  • Jarum jahit tangan dan benang yang berwarna sama dengan bahan kain untuk menjahit bahan kain.

Selesai menyiapkan sejumlah alat dan bahan seperti yang sudah disebutkan di atas, selanjutnya buat pola kotak-kotak persegi pada bagian buruk kain dengan ukuran 2x2 cm menggunakan kapur kain dan penggaris lalu tandai dengan garis-garis bantu untuk memudahkan proses menjahit.

Untuk memberi tanda pada bahan kain ikuti langkah-langkah berikut dalam pembuatan polanya.

  • Pertama isi baris pertama pola smock dengan segitiga sama kaki dan segitiga sama kaki terbaik secara selang-seling.
  • Mulai dari bagian kiri atas kain buat garis diagonal yang menghubungkan sudut kiri bawah dan sudut kanan atas kotak pertama.
  • Lanjutkan dengan membuat garis diagonal yang menghubungkan sudut kiri atas dan sudut kanan bawah kotak kedua, lalu tarik garis lurus kekiri sampai ujung kiri bawah kotak pertama.
  • Jika sudah buat segitiga terbalik untuk menghubungkan dua kotak yang ada di sebelah kanan. Lalu ulangi lagi membuat segitiga sama kaki dan segitiga terbalik sampai kolom terakhir.
  • Beri jeda satu baris kosong lalu buat segitiga sama kaki terbaik dan segitiga sama kaki secara selang-seling untuk mengisi kotak-kotak yang ada di baris ke tiga sampai kolom terakhir.
  • Caranya buat garis diagonal yang menghubungkan sudut kiri atas dan sudut kanan bawah kotak pertama.
  • Lanjutkan dengan membuat garis diagonal yang menghubungkan sudut kiri bawah dan sudut kanan atas kotak kedua, lalu tarik garis lurus kekiri sampai ujung kiri atas kotak pertama.
  • Jika sudah buat segitiga sama kaki untuk menghubungkan dua kotak yang ada di sebelah kanan. Lalu ulangi lagi membuat segitiga terbalik dan segitiga sama kaki sampai kolom terakhir.
  • Untuk menandai kotak-kotak yang ada dibaris ke lima dan seterusnya terapkan prinsip yang sama seperti cara di atas secara berurutan dan berulang-ulang.

Manipulating Fabric

Sumber : https://florianeschmitt.com/

Untuk membantu mengenali bagian mana anda akan menjahit, tambahkan keterangan angka / huruf ataupun tanda panah pada bahan kain. Tapi jika anda sudah hafal anda bisa melewati langkah yang satu ini. 

Manipulating Fabric

Setelahnya ambil seutas benang jahit yang panjangnya kira-kira dua kali lipat panjang lengan bawah anda lalu masukkan pada lubang jarum jahit tangan. Satukan kedua ujungnya kemudian ikat menjadi satu.

Gambaran singkat mengenai cara menjahitnya bisa anda lihat pada penjelasan berikut.

  • Untuk memulai jahitan, tusukkan jarum pada bahan kain lalu tarik benangnya sampai habis.
  • Buat tusuk kecil pada bahan kain (hanya ambil satu atau dua serat benang dari kainnya) sesuai garis bantu yang anda buat hingga membentuk pola segitiga. Jahitan keempat dari pola ini nantinya akan berada di tempat yang sama dengan jahitan pertama.
  • Selesai dijahit tarik benang dan kencangkan hingga ketiga sudut jahitan tampak rapat dan menghasilkan pola bata (brick pattern) yang menarik lalu jahit mati / kunci jahitan agar tidak mudah lepas.
  • Jika sudah potong benang dengan menggunakan gunting lalu ikat kembali kedua ujung benang menjadi satu.

Ulangi kembali cara yang sama sampai anda menyelesaikan semua jahitan yang ada di baris pertama. Jika sudah mulailah beralih ke baris berikutnya untuk menjahit seluruh bagian kain sesuai desain pola smock yang sudah anda rencanakan.

Manipulating Fabric

Sumber : https://id.pinterest.com/

Untuk melihat hasilnya balikkan kain hingga bagian baiknya berhadapan dengan anda, karena teknik manipulating fabric dengan motif bata (bricks pattern) ini melibatkan jahitan dari sisi belakang kain.

Selain dibuat dalam bentuk polos seperti contoh di atas, pola bata ini sebenarnya dapat diubah menjadi pola pita dengan menambahkan manik-manik ditengahnya lho.

  • Untuk mempercantik tampilan bricks pattern agar lebih menarik, tusukkan jarum pada titik tengah yang membagi pola bata menjadi dua.
  • Jika sudah tarik benang dan kencangkan hingga membentuk pita lalu tambahkan sebutir manik-manik ditengahnya.
  • Terakhir simpul mati benang melalui bagian belakang kain untuk mengikat manik-manik agar tidak mudah lepas lalu potong benangnya dengan menggunakan gunting.
  • Untuk memulai jahitan yang baru ikat kembali kedua ujung benang secara bersamaan lalu gunakan untuk menjahit pola bata yang lainnya.

Manipulating Fabric

Sumber : https://s3.amazonaws.com/

Terkait dengan pemanfaatannya dalam kehidupan sehri-hari, kain yang telah dismock atau dijahit dengan motif bata inipun bisa digunakan untuk pelengkap interior rumah, hiasan pakaian maupun aksesoris fashion lainnya lho.

  • Untuk mempercantik interior rumah, motif bata ini dapat diaplikasikan pada tutup lampu, tempat tisu, cushion sofa dan lain sebagainya.
  • Pada produk pakaian, motif bata dapat di pilih untuk mempercantik bagian dada dan lengan.
  • Sementara untuk aksesoris fashion, motif bata ini dapat dijadikan sebagai pemanis tas maupun pouch.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai beberapa langkah sederhana yang bisa anda lakukan untuk membuat canadian smock motif bata. Semoga informasi yang kami bagikan bisa menjadi sumber referensi bagi anda untuk lebih mudah dalam memilih cara manipulating fabric yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan.

Download E-Book Menjahit dan E-Book Mendesain dari kami kalau anda mau tahu lebih banyak lagi tentang teknik menjahit dan teknik mendesain yang dapat diaplikasikan pada berbagai produk jahit.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.