Belt

Belt yang lebih populer dengan nama sabuk atau ikat pinggang merupakan sebuah tali atau pita fleksibel yang terbuat dari bahan kulit atau kain dan lazimnya dikenakan di sekitar pinggang. Berbeda dengan ikat pinggang yang saat ini dikenal sebagai item fashion pria dan wanita, konon sabuk cenderung populer sebagai pelengkap pakaian pria pada Zaman Perunggu. Di dunia barat sendiri sabuk selalu diidentikkan sebagai item fashion yang mampu menunjang penampilan pria sehingga terkesan lebih keren dan maskulin. 

 

Belt

Sumber : http://tasbrandedmu.com

Selama abad ke-19 hingga priode perang dunia pertama sabuk menjadi item wajib yang dikenakan sebagai seragam perang khususnya di kalangan perwira. Bahkan oleh angkatan bersenjata Rusia dan negara-negara Eropa Timur lainnya, ikat pinggang dalam ukuran yang cukup lebar dan sangat ketat banyak dikenakan di luar seragam untuk memberikan efek lebih langsing bagi pemakainya. Sejak saat itulah sabuk dikenal sebagai aksesoris yang memiliki keterkaitan erat dengan dunia militer.

Belt

Sumber : http://wardrobeadvice.com

Bagikan inspirasi desainmu Disini! Dan temukan kawan-kawan baru.

Salah satu varian sabuk atau ikat pinggang yang cukup terkenal yaitu jenis ikat pinggang khusus yang digunakan oleh petugas kepolisian maupun tentara. Jenis sabuk ini umumnya didesain dengan ukuran yang lebih lebar dan kaku dibandingkan ikat pinggang biasa, mengingat fungsi dan tujuan pemakaiannya untuk membawa barang-barang berat seperti pistol maupun perlengkapan lainnya. 

Belt

Sumber : http://forestarmy.pusikom.com

Barulah pada tahun 1920-an orang-orang mulai mengenakan ikat pinggang sesuai ukuran pinggang celana dan menjadi sangat populer dikalangan remaja dan laki-laki dewasa sebagai item fashion modern yang dikenakan untuk acara-acara formal, semi formal, maupun casual sejak pertengahan tahun 1990-an. 

Belt

Sumber : http://belt-china.en.made-in-china.com

Mempunyai karya design? Pajang karyamu Di sini!

Pada perkembangan berikutnya, ikat pinggang kemudian mulai diciptakan dalam berbagai variasi ukuran dan warna yang menarik untuk dikenakan oleh para wanita sebagai pelengkap gaya berpenampilan. Pemilihan ukuran ikat pinggang yang disesuaikan dengan postur tubuh serta warna busana yang dikenakan menjadi hal penting yang harus diperhatikan untuk membuat penampilan tampak lebih cantik dan menawan. 

Belt

Sumber : http://www.celebritiesinjeans.com/

Selain digunakan sebagai pelengkap kebutuhan fashion, belt atau sabuk juga dapat digunakan untuk menunjukkan peringkat atau tingkat keterampilan seorang atlet dalam cabang olahraga judo, karate dan seni bela diri lainnya.

Semoga bermanfaat. 

Tags : designer indonesia, desain fesyen

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.