Article

Homepage Article Desain Fesyen 8 Atribut Wajib Yang Dikenakan…

8 Atribut Wajib Yang Dikenakan Pria dan Wanita Saat Wisuda

Saat menempuh jenjang perguruan tinggi, bisa dibilang wisuda menjadi salah satu momen yang paling membahagiakan bagi banyak orang. Terkait dengan hal tersebut lantas apa saja ya perlengkapan yang wajib dipersiapkan saat wisuda. Buat anda yang penasaran langsung simak pembahasan berikut yuk.

Kemeja, Dasi dan Jas Untuk Pria

Untuk mengikuti acara wisuda wajib hukumnya bagi para pria untuk memakai memakai pakaian resmi seperti kemeja warna putih polos yang dipadukan dengan celana hitam polos. Selain itu wisudawan juga diwajibkan memakai dasi dan jas sesuai peraturan yang ditetapkan oleh pihak kampus atau sekolah.

Pakaian Wisuda

Sumber : https://imall.com/

1. Kemeja

Kemeja merupakan sejenis busana penutup tubuh bagian atas pria yang dilengkapi dengan kerah, saku dan kancing pada bagian depannya. Selain memiliki desain dan tampilannya yang cukup beragam, jenis bahan kain yang biasa digunakan untuk membuat kemeja rupanya juga sangat bervariasi.

Belum menemukan kemeja yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan anda?. Sebagai bahan pertimbangan ada baiknya bila anda memperhatikan beberapa poin penting sebagai berikut.

  • Pastikan kemeja yang anda pilih terbuat dari bahan kain yang tidak mudah kusut dan bisa menyerap keringat dengan baik.
  • Untuk mendapatkan kemeja pria yang nyaman usahakan untuk selalu memilih kerah kemeja yang tidak membuat anda tercekik terutama saat di kancingkan.
  • Idealnya harus ada ruang antara leher dan kerah kemeja pria yaitu dua jari diantara kerah dan dasi agar pemakainya tetap leluasa untuk bernafas.
  • Usahakan untuk memilih kemeja pria yang sesuai dengan bentuk tubuh dalam artian tidak terlalu kebesaran atau kekecilan saat dikenakan.

Cara paling mudah yang bisa dilakukan untuk mengecek kesesuaian ukuran kemeja dengan badan anda diantaranya:

  • Lihat garis sambungan yang ada di bahu, bila letaknya sudah pas di ujung bahu anda maka berarti kemeja tersebut sesuai dengan bentuk tubuh anda.
  • Pastikan bagian dada kemeja pria melekat tepat di tubuh sehingga menghasilkan deretan kancing yang terlihat rapi dan placket yang rata.
  • Lengan kemeja yang tepat umumnya memiliki posisi jatuh tepat diantara pergelangan tangan dan bagian dasar ibu jari.
  • Sebuah kemeja dikatakan bagus bila memiliki ukuran lengan yang lebih kecil di bagian cuff dibanding bagian lengan atas.
  • Ukuran cuff kemeja pria yang tepat idealnya harus bisa dilewati oleh tangan tanpa harus membuka kancingnya terlebih dahulu bahkan saat mengenakan jam tangan.
  • Pastikan kemeja tidak menggelembung saat dimasukkan ke dalam celana.

Lebih tertarik untuk membuat kemeja sendiri sebagai pelengkap gaya penampilan saat wisuda tapi masih bingung harus memulainya dari mana?. Mungkin anda bisa mendownload video tutorialnya dari kami Di Sini.

2. Dasi

Untuk melengkapi kemeja pria diperlukan pula sebuah aksesoris yang bernama dasi. Dasi ini merupakan aksesoris dari bahan kain yang dikenakan dengan cara diikatkan pada bagian kerah kemeja pria dengan tujuan untuk menampilkan image profesional bagi orang yang memakainya.

Dalam memilih dasi inipun pada prinsipnya terdapat banyak sekali hal yang harus dipertimbangkan lho sahabat Fitinline.

  • Pikirkan terlebih dahulu fungsi dan tujuan dari pemakaian dasi tersebut.
  • Pilih warna dan motif dasi yang terkesan harmonis dengan warna kemeja.
  • Pertimbangkan ukuran dan lebar dasi yang hendak anda kenakan.
  • Pastikan dasi yang anda kenakan memiliki lebar yang sama pas dengan lipit jas.
  • Pertimbangkan tesktur, kualitas, dan bahan dasi yang hendak anda kenakan.
  • Sesuaikan warna dasi dengan warna kulit anda.

3. Jas Pria

Jas dapat dikategorikan ke dalam jenis busana resmi yang hanya dipakai pada kesempatan khusus tidak terkecuali untuk wisuda. Dengan desainnya yang sedemikian eksklusif sebuah jas dapat menampilkan kesan rapi dan profesional pada pemakainya.

4. Celana Pria

Celana menjadi model pakaian berikutnya yang wajib dimiliki kaum adam ketika hendak mengikuti acara wisuda. Untuk menghadirkan sifat maskulin dan tampilan yang lebih rapi anda bisa memilih celana panjang pria yang berwarna hitam.

Beberapa hal penting yang wajib diperhatikan bila anda ingin mendapatkan celana panjang pria yang tepat dan terasa nyaman dikenakan diantaranya:

  • Kenali jenis dan karakteristik bahan kain yang digunakan sebagai bahan dasar celana panjang pria.
  • Pilih celana panjang pria yang pas dengan ukuran tubuh anda dalam artian tidak kebesaran ataupun kekecilan.
  • Pastikan celana pria pria yang anda pilih sudah sesuai dengan tinggi tubuh anda.

Berencana untuk membuat celana panjang pria tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Kalau mau cara yang lebih praktis maka anda bisa mendownload Pola Celana Pria dewasa dari kami.

Kebaya Untuk Wanita

Sedikit berbeda dengan kaum pria yang diwajibkan untuk memakai kemeja putih, celana hitam, dasi dan juga jas, wisudawan wanita justru bebas untuk mengenakan pakaian tradisional dan berbagai macam kelengkapannya. Salah satu jenis pakaian tradisional yang dimaksud yakni berupa kebaya wanita.

Pakaian Wisuda

Sumber : https://kurio.id/

Berdasarkan desain dan kegunaannya sampai saat ini kebaya wanita yang berkembang di Indonesia pada prinsipnya tersedia dalam berbagai macam model dan potongan yang cukup bervariasi. Beberapa jenis kebaya wanita yang dimaksud diantaranya berupa:

  1. Kebaya Jawa yang juga menjadi jenis kebaya pertama di Indonesia. Kebaya Jawa ini secara umum memiliki ciri khas kerah berbentuk V dan biasanya selalu dipasangkan dengan kain jarik atau kain batik.
  2. Kebaya Kartini yang sebenarnya terlihat sangat mirip dengan kebaya encim, hanya saja lipatan pada bagian dadanya sedikit berbeda.
  3. Kebaya Encim dengan kerah berbentuk V yang berhiaskan bordiran hingga sampai bawah. Sebagai pelengkap gaya penampilan wanita kebaya nyonya hadir dalam warna-warna cerah.
  4. Kebaya Bali yang memiliki motif sangat khas yakni sebagian besar didominasi oleh motif bunga teratai dan motif bulat. Kebaya wanita ini biasanya juga selalu diberi tambahan obi yang dililitkan di bagian pinggang.
  5. Kebaya kutu baru yang memiliki tambahan kain di bagian tengah. Kain ini umumnya menghubungkan sisi kiri dan sisi kanan pada bagian dada dan perut sehingga membuatnya tampilan kebaya wanita terkesan sangat tradisional.
  6. Kebaya peplum yang diperoleh dari hasil akulturasi budaya Indonesia dan Yunani. Peplum sendiri memiliki ciri khas mengembang di bagian bawah namun menyempit di bagian pinggang.
  7. Berikutnya ada kebaya sabrina yang bagian kerahnya dibuat melebar sehingga mengekspos wilayah leher dan bahu pemakainya.

Terinspirasi untuk membuat kebaya kutu baru sebagai pelengkap gaya penampilan saat wisuda?. Kalau mau cara yang lebih praktis anda bisa mendownload pola Kebaya Kutu Baru dari kami.

Sepatu Pantofel

Sepatu pantofel merupakan sejenis sepatu pria yang bersifat formal sehingga sangat cocok dan pas digunakan sebagai pelengkap gaya penampilan pria tidak terkecuali saat mengikuti acara wisuda. Warna-warna sepatu pantofel inipun sangat beragam umumnya berwarna gelap seperti hitam atau coklat.

  1. Bahan yang biasa digunakan untuk sepatu pantofel bisa berasal dari bahan kulit asli maupun kulit imitasi sehingga tampilannya jadi tampak lebih elegan.
  2. Dibandingkan dengan jenis sepatu yang lain sepatu pantofel memang memiliki daya pikat tersendiri karena bisa membuat pemakainya terkesan lebih rapi.

Belum menemukan sepatu pantofel yang tepat untuk melengkapi gaya penampilan anda saat wisuda?. Sebagai bahan pertimbangan perhatikan beberapa hal penting sebagai berikut.

  1. Pastikan ukuran sepatu yang anda pilih benar-benar pas dengan kaki anda.
  2. Waktu terbaik untuk memilih sepatu pantofel pria adalah sore atau malam hari.  
  3. Supaya lebih aman pilih sepatu pantofel yang berwarna netral.  
  4. Hindari memilih sepatu pantofel yang modelnya terlalu berlebihan.
  5. Utamakan memilih bahan sepatu yang berkualitas agar sepatu yang anda miliki lebih awet.
  6. Pilihlah sepatu pantofel pria berbahan kulit yang teksturnya lentur dan nyaman dipakai dalam waktu lama.
  7. Amati bagian sol sepatu, sepatu pantofel pria yang berkualitas biasanya memiliki bagian sol yang dijahit dan dilem supaya tidak mudah lepas.

Jubah Toga Wisuda

Jubah toga wisuda merupakan salah satu jenis atribut yang memang lazim digunakan dan bahkan sudah menjadi bagian yang wajib dikenakan saat wisuda. Sebagai pelengkap pakaian wisuda toga ini biasanya dibuat dari bahan bludru maupun satin dan dikenakan setelah setelan baju dalam yang menutupi bahu, dada dan punggung.

Pakaian Wisuda

Sumber : https://cordsandstoles.com/

  1. Dilihat dari sejarahnya kata toga konon berasal dari bahasa Latin “tego” yang berarti “penutup”. Kala itu toga dibuat dari kain sepanjang sekitar 6 meter yang dililitkan ke tubuh dan biasa dikenakan oleh pribumi Italia.
  2. Toga mulai berkembang di Romawi dalam bentuk mantel wol tebal yang dipakai setelah cawat atau celemek dan dianggap satu-satunya busana yang pantas dikenakan di luar ruangan.
  3. Seiring berjalannya waktu, pemakaian toga mulai bergeser dari busana sehari-hari menjadi pakaian resmi seremonial, termasuk acara kelulusan.
  4. Sebagai atribut wisuda bentuk toga pun kemudian dimodifikasi menjadi jubah longgar yang berukuran cukup panjang.

Kerah Wisuda

Selain menggunakan jubah toga wisuda, seorang wisudawan juga wajib memakai kerah wisuda. Kerah wisuda ini memiliki beberapa nama unik seperti halnya kragh, sleber atau teratai. Jenis bahan kain yang digunakan untuk membuatnya bisa berupa bahan beludru, saten atau kombinasi dari keduanya.

  1. Sleber merupakan sejenis kain yang melingkar di dada pada baju toga dan menutupi dada depan, belakang serta pundak.
  2. Kerah wisuda ini dipakai di bagian dada tepatnya di atas jubah toga wisuda sehingga menutupi dada bagian depan dan pundak bagian belakang.
  3. Biasanya pihak universitas dan sekolah menyewakan kerah wisuda ini satu set dengan jubah toga wisuda beserta perlengkapan lainnya.

Pakaian Wisuda

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Slayer Wisuda

Selain jubah toga dan kerah wisuda terdapat pula perlengkapan wisuda yang bernama slayer. Slayer ini merupakan kalung yang terbuat dari bahan kain dan biasa diletakkan di atas kerah wisuda. Untuk warnanya slayer ini kebanyakan dibuat senada dengan warna kerah wisuda sesuai dengan ciri khas kampus masing-masing.

  1. Slayer dapat disebut juga dengan nama tali wisuda atau kalung wisuda.
  2. Slayer wisuda memiliki fungsi yang sangat penting yakni untuk menyematkan gordon.
  3. Namun ada juga gordon yang langsung menempel di kalung wisuda hal ini tergantung kebijakan masing-masing sekolah atau universitas.

Gordon atau Medali Wisuda

Gordon alias medali wisuda merupakan benda berbentuk lingkaran dan pipih seperti medali yang biasanya terbuat dari bahan resin atau kuningan. Gordon itu sendiri biasanya berisikan logo dari universitas atau sekolah.

  1. Gordon wisuda ini umumnya disediakan oleh pihak sekolah atau universitas untuk siswa dan mahasiswa yang telah lulus menempuh pendidikan.
  2. Dalam pemakaiannya gordon ini ada yang disematkan di slayer wisuda, namun ada juga yang langsung berbentuk kalung wisuda.
  3. Gordon yang dipasangkan di kalung wisuda berfungsi tak ubahnya seperti liontin.

Pakaian Wisuda

Sumber : https://perlengkapanwisuda.wordpress.com/

Topi Wisuda

Topi wisuda merupakan topi yang bagian atasnya berbentuk segi empat atau segi lima dan biasa digunakan sebagai penutup kepala. Sebagai pemanisnya di bagian tengah topi wisuda ini terdapat pula tali yang terbuat dari bahan kain dengan ujung yang berumbai dan saat dipakai menjulur hingga ke bagian mata.

Pakaian Wisuda

Sumber : https://shopee.co.id/

Dari penjelasan di atas sekarang sahabat Fitinline jadi makin tahu kan kalua ternyata atribut yang biasa dikenakan untuk wisuda ternyata lumayan cukup banyak. Dibalik tampilannya yang cukup unik ternyata ada beberapa atribut wisuda yang memiliki makna sangat mendalam lho.

1. Warna Hitam Pada Atribut Wisuda

Warna hitam merupakan warna yang melambangkan keagungan. Selain itu warna hitam juga mempunyai kesan misterius dan juga gelap yang jelas.

  • Toga warna hitam menjadi simbol misteri kegelapan yang berhasil dikalahkan oleh wisudawan sewaktu menjalani masa perkuliahan.
  • Warna hitam dipilih sebagai warna yang mengingatkan para wisudawan bahwa mereka harus mampu membuka kegelapan pikiran dan hati agar dapat mencapai kesuksesan.
  • Warna hitam juga bisa diartikan sebagai pengingat bahwa masih banyak kelemahan diri yang harus diperbaiki.

2. Makna Topi Wisuda

Topi wisuda yang biasa diciptakan dengan bentuk segi empat atau segi lima di bagian atasnya mengandung makna bahwa seseorang yang berpendidikan harus memiliki pikiran dan wawasan luas serta mampu melihat sesuatu dari berbagai macam sisi dan sudut pandang.

3. Makna Kuncir Topi Wisuda

Tali pada topi toga diibaratkan sebagai otak. Karena itulah pemindahan tali saat upacara wisuda dari kiri ke kanan memiliki makna bahwa setelah menjadi sarjana diharapkan para wisudawan dapat berfikir lebih kritis dalam memahami sesuatu.

  • Setelah lulus kuliah para wisudawan diharapkan bisa mempraktikkan dan mengamalkan segala ilmu yang telah diperoleh selama perkuliahan.
  • Tali toga juga diibaratkan sebagai simbol pita pembatas buku. Saat dipindahkan, artinya seorang sarjana harus terus belajar dan menambah wawasan agar ilmunya terus bertambah.
  • Khusus bagi para pelajar yang telah melalui masa wisuda diharapkan mereka bisa berpikir lebih dewasa lagi saat melanjutkan sekolah ke jenjang berikutnya yang lebih tinggi.

Demikian pembahasan singkat mengenai berbagai jenis perlengkapan wisuda lengkap dengan makna tersembunyi didalamnya yang dapat kami bagikan untuk anda. Kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak lagi informasi penting terkait dengan dunia desain fashion simak terus artikel dari kami ya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.