Article

Homepage Article Batik Keistimewaan Batik Blora…

Keistimewaan Batik Blora dan Motif-Motif Yang Menjadi Ciri Khasnya

Kabupaten Blora merupakan sebuah kabupaten di wilayah Provinsi Jawa Tengah. Sekitar 127 km sebelah timur Semrang. Berada di bagian timur Jawa Tengah, Kabupaten Blora berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Timur. Blora adalah daerah penghasil minyak bumi paling utama di Pulau Jawa, terdapat di bagian timur Kabupaten Blora. Menurut cerita rakyat Blora berasal dari kata “belor” yang berarti lumpur, kemudian berkembang menjadi mbeloran yang akhirnya sampai sekarang lebih dikenal dengan nama Blora. Secara etimologi Blora berasal dari kata wai + lorah. Wai berarti air, dan Lorah berarti jurang atau tanah rendah. Dalam bahasa Jawa sering terjadi pergantian atau pertukaran huruf W dengan huruf B, tanpa menyebabkan perubahan arti kata. Jadi nama Blora berarti tanah rendah berair, ini dekat sekali dengan pengertian tanah berlumpur.

Batik Blora

Batik Blora

Sumber: https://www.facebook.com/batikblora.mustikajati

Selama ini, hampir di sejumlah daerah di Jawa Tengah memiliki motif batik khas masing-masing, termasuk Kabupaten Blora juga memiliki batik tulis khas. Meskipun belum setenar daerah lainnya, batik khas Blora juga mulai diminati konsumen dari berbagai daerah di Tanah Air. Bahkan, wisatawan mancanegara juga mulai tertarik dengan motif batik khas Blora. Motif-motif batik khas Blora umumnya hampir sama dengan motif batik Surakarta, yaitu kembang manggar, semen romo (sulur-sulur kembang), dan lar (bulu). Selanjutnya, dikembangkan motif batik khas Blora, seperti motif daun jati dan mustika yang mengandung filosofi hidup dan etos kerja.

Batik Blora Motif Daun Jati

Batik Blora Motif Daun Jati

Sumber: http://bappedablora.blogspot.com

Batik Blora Motif Daun Jati

Sumber: http://mustika-galery.blogspot.com

Ingin belajar membatik? Klik Disini untuk melihat video tutorial membatik.

Batik Blora diperkenalkan pada 2008, sebagai simbol potensi Blora yang 40 persen luasan wilayahnya merupakan hutan jati. Selanjutnya, pada 2009 Pemda setempat mendesain batik mustika yang mengusung kekhasan Blora, seperti kilang minyak, barongan, tayub, satai, sedulur sikep atau Samin, daun jati, motif alur jati, motif panen lombok, motif tunggak semi, motif pompa minyak, motif jual satai, motif daun kering, moif daun gugur, motif ontoseno, motif kembang kantil, dan motif sekar jagat yang merupakan kumpulan dari berbagai motif khas Blora.

Batik Blora Motif Jual Satai

Batik Blora Motif Jual Satai

Sumber: http://mustika-galery.blogspot.com

Batik Blora Motif Jual Satai

Sumber: http://mustika-galery.blogspot.com

Batik Blora Motif Sekar Jagad

Batik Blora Motif Sekar Jagad

Sumber: http://bappedablora.blogspot.com

Ingin membeli alat-alat membatik? Klik Disini untuk mendapatkan alat-alat membatik.

Blora memang dikenal dengan hasil buminya, seperti minyak dan gas bumi, sedangkan barongan merupakan kesenian lokal yang coba dilestarikan, sedangkan satai merupakan makanan yang dianggap khas dan cukup populer di Kota Blora, demikian halnya sedulur sikep. Motif Batik Blora sangat kental dengan budaya lokal sehingga Batik Blora berbeda dengan motif maupun corak dengan daerah lainnya.

Batik Blora Motif Pompa Minyak

Batik Blora Motif Pompa Minyak

Sumber: http://gumelar.web.id

Untuk mendapatkan batik khas Blora, anda bisa mengunjungi beberapa galery batik, di antaranya Galeri Batik Mustika yang ada di Jalan Nusantara, Desa Blumbungan, Kecamatan Kunduran, Kabupaten Blora. Sentra batik juga terdapat di Kecamatan Cepu. Selain itu masyarakat juga bisa melihat Batik Blora di ruang pamer Dekranasda di gedung Samin Surosentiko sebelah barat kantor Bupati Blora jl. Pemuda No. 12.

Batik Blora

Batik Blora

Sumber: http://www.facebook.com/batikblora.mustikajati

Ingin membeli batik tulis eksklusif? Klik Disini untuk melihat katalog kain batik.

Upaya Pemerintah untuk memperkenalkan Batik Blora ke khalayak umum yaitu dengan diadakannya kirab budaya Kabupaten Blora yang menampilkan kostum-kostum unik berbahan Batik Blora. Selain itu Pemerintah setempat juga mewajibkan PNS dan anak sekolah untuk memakai batik pada hari tertentu. Pemerintah membantu pengrajin dalam masalah pemasaran dan harga. Selain itu Pemerintah juga mendaftarkan hak paten terhadap motif tertentu agar dijadikan motif khas Blora.

Kirab Budaya Kabupaten Blora

Kirab Budaya Kabupaten Blora

Sumber: http://blorakab.go.id

Kirab Budaya Kabupaten Blora

Sumber: http://blorakab.go.id

Menggunakan Batik Blora berarti mendorong majunya perekonomian masyarakat serta menciptakan lapangan pekerjaan juga mendorong masyarakat untuk mandiri. Sahabat Fitinline juga bisa berpartisipasi dengan cara membeli dan menggunakan batik khas Blora seabgai salah satu pilihan berbusana anda. Semoga bermanfaat.

Tags: jual kainjual kain batikjual batikjual kain batik murahtoko kaintoko kain batiktoko batiktoko batik onlinetoko kain batik onlinebeli kainbeli kain batikbeli batikbatik indonesiabelanja batikbelanja batik onlinemotif batikharga batik

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.