Article

Homepage Article Batik Keistimewaan Batik Lukis…

Keistimewaan Batik Lukis (Batik Painting) Dibanding Batik Lainnya

Batik lukis atau batik painting merupakan proses pembuatan batik dengan cara langsung melukis pada kain putih. Dengan perkembangan-perkembangan teknik maupun pewarnaan batik, maka batik pun diaplikasi dalam seni lukis batik (batik painting) yaitu lukisan dengan menggunakan media bahan, pemrosesan dan pewarnaan seperti halnya pada pembuatan batik. Walaupun proses pembuatan sama, namu tampilan batik lukis sangat berbeda dengan batik tulis tradisional. Tampilan batik lukis lebih cerah dan variasi warnanya juga beraneka ragam.

Batik Lukis

Batik Lukis

Sumber: http://www.jatengpromo.com

Ingin belajar membatik? Klik Disini untuk melihat video tutorial membatik.

Proses pembuatan batik lukis yaitu pertama siapkan kain katun atau sutera seluas bidang lukis yang diinginkan. Kemudian dibuat sket atau coretan-coretan atau apapun tergantung dari masing-masing orang yang ingin membuatnya, karena terkadang untuk langsung menuangkan ekspresi seninya, pembatikan di atas kain dilakukan tanpa menggunakan sket atau coretan-coretan terlebih dahulu namun langsung mencoretkan malam dengan canting ataupun kuas di atas kain. Pada batik lukis ini seringkali pembatikan dan pewarnaan dilakukan beriringan untuk mendapatkan hasil lukisan yang diinginkan. Pengaplikasikan malam ke kain ini tidak semudah menggambar dikertas menggunakan pensil.

Batik Lukis

Batik Lukis

Sumber: http://artkimianto.blogspot.com

Ingin membeli alat-alat membatik? Klik Disini untuk mendapatkan alat-alat membatik.

Khusus pada pewarnaan untuk menciptakan efek-efek khusus, gradasi atau efek-efek yang lainnya terkadang selain kuas digunakan juga kapas atau potongan kain. Yang terpenting dalam proses pembuatan batik lukis ini adalah perpaduan antara pengerjaan pembatikan dan pewarnaan yang tergantung dari cita rasa seni pembuatnya. Sebenarnya pembuatan batik lukis ini sangatlah rumit ketika ingin mendapatkan warna dan efek yang diinginkan karena terkadang warna dan efek tersebut tidak dapat tercapai. Namun jika warna dan efek tersebut dapat tercapai maka akan mendapatkan lukisan dengan warna yang sangat indah dan menarik. Disinilah kelebihan dari lukisan batik dibanding lukisan lain. Lukisan yang indah akan terlihat pada kain setelah proses pelorodan malam batik dilakukan.

Batik Lukis

Batik Lukis

Sumber: http://rncraft.files.wordpress.com

Ingin membeli batik tulis eksklusif? Klik Disini untuk melihat katalog kain batik.

Selain sebagai hiasan, batik lukis juga bisa dimanfaatkan sebagai fashion dan busana siap pakai. Motif-motif yang sering dibuat untuk batik lukis yaitu motif gambar burung, ikan, pemandangan, nuansa Ubud Bali, kegiatan sehari-hari, dan lain sebagainya.

Batik Lukis

Batik Lukis

Sumber: http://saintnovenibatik.blogspot.com

Jika anda berkunjung ke Yogyakarta, di Kawasan Tamansari anda dapat menemui kampung seni yang terkenal dengan kerajinan batiknya. Anda dapat berbelanja maupun melihat secara langsung proses pembuatan batik lukis.

Semoga bermanfaat.

Tags: jual kainjual kain batikjual batikjual kain batik murahtoko kaintoko kain batiktoko batiktoko batik onlinetoko kain batik onlinebeli kainbeli kain batikbeli batikbatik indonesiabelanja batikbelanja batik onlinemotif batikharga batik

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.