Article

Homepage Article Fashion Muslim Asal Usul Penggunaan Mukena…

Asal Usul Penggunaan Mukena di Indonesia

Mukena dikenal sebagai salah satu busana pelengkap yang biasa dikenakan oleh para umat muslim, terutama bagi para muslim wanita di Indonesia dan Malaysia serta kawasan Asia Tenggara untuk beribadah. Pemakaian mukena sebagai busana pelengkap saat beribadah juga dapat dianggap sebagai sesuatu hal yang unik dalam budaya Islam Melayu. Muslim di negara Malaysia biasa menyebut mukena tersebut dengan nama telekung. 

Mukena

Sumber : http://www.belloscarves.my/

Meski belum diketahui secara pasti asal mula penggunaan nama mukena yang disematkan pada busana pelengkap tersebut, namun mukena yang kita kenal sampai saat ini konon diperoleh dari hasil perpaduan antara budaya tradisional Indonesia dengan budaya Islam yang digagas oleh para wali pada zaman dahulu.

Mukena

Sumber : http://bisniswisata.co.id/

Salah satu alasan utama yang mendasari lahirnya pakaian khusus untuk sholat seperti mukena tidak lain karena dahulu masyarakat Indonesia khususnya para wanita di pulau Jawa hanya biasa mengenakan kemben dan kain panjang (jarik batik) yang dililitkan pada tubuh mereka sebagai busana sehari-hari. 

Mukena

Sumber : http://telekungnajwa.blogspot.co.id/

Karena busana tersebut tidak cukup untuk memenuhi syarat untuk sholat maka para walisongo yang membawa ajaran Islam kemudian mulai mengajarkan cara berbusana yang benar bagi kaum perempuan. Yaitu busana sesuai syariah dimana hanya wajah dan telapak tangan yang boleh terbuka ketika melaksanakan shalat. 

Mukena

Sumber : https://my.carousell.com/

Sejalan dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi di bidang tekstil, kemudian mulailah bermunculan beraneka macam model mukena yang diciptakan dalam berbagai macam warna dan bahan kain yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan pemakainya.

Mukena

Sumber : http://www.youbeli.com/

Semoga bermanfaat.

Tertarik untuk membuat mukena kreasi sendiri dari bahan kain parasut? Sahabat Fitinline bisa mendapatkan bahan kainnya Di Sini.

Kain Parasut Kusut

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.